- Berita Terbaru, Internet, Serba-serbi

Memperingati 30 Tahun Usia WWW, Sang Pendiri Ingin Wujudkan Web Yang Lebih Positif

World Wide Web hari ini sudah berusia 30 tahun. Ada banyak perubahan yang sangat drastis dalam segi tampilan visual yang disajikan oleh berbagai bentuk Web yang pertama kali ditemukan oleh Tim Berners-Lee. Itu bisa membawa sisi positif, namun juga kita tidak bisa memungkiri bahwa kehadiran WWW juga bisa membawa banyak dampak negatif.

Untuk itulah, melalui peringatan hari jadi 30 tahun berdirinya WWW, insinyur bahasa Inggris dan ilmuwan komputer Tim Berners-Lee ingin meninjau kembali idenya tentang internet dalam surat baru yang diterbitkan hari ini melalui The Verge.

Baca juga : Takut Diretas, Banyak Perusahaan Asal Amerika Kini Tidak Lagi Memakai Kabel Listrik Dari Tiongkok

Ia mengatakan bahwa “ Tetapi mengingat seberapa banyak web telah berubah dalam 30 tahun terakhir, itu akan menjadi kekalahan dan tidak imajinatif untuk menganggap bahwa web seperti yang kita tahu tidak dapat diubah untuk menjadi lebih baik dalam 30 tahun ke depan. Jika kita menyerah untuk membangun web yang lebih baik hari ini, maka web tidak akan mengecewakan kita. Kami akan gagal dalam membangun web.”

Berners-Lee pada dasarnya mengakui bahwa internet hari ini yang disajikan melalui berbagai situs memiliki banyak masalah. Pengguna terkadang diganggu oleh pelecehan online, peretasan yang disponsori negara, dan perilaku kriminal lainnya. Disisi lain, model pendapatan berbasis iklan yang menghargai clickbait juga terkadang sering dilakukan, sementara ada penyebaran viral mengenai berita palsu yang konstan. Dan meskipun mereka bisa bermanfaat, platform media sosial juga kini menjadi rumah bagi kemarahan politik dan polarisasi percakapan.

Namun, Berners-Lee tetap berharap tentang kapasitas manusia dan sistem untuk meningkat dalam sisi yang jauh lebih positif melalui WWW. Untuk itulah, jika kamu tertarik tentang bagaimana Berners-Lee berbicara lebih banyak bagaimana dia melihat web hari ini, dia akan berbicara langsung besok melalui streaming di YouTube yang disediakan oleh Organisasi Riset Nuklir Eropa (12 Maret pukul 01.50 PM) WIB.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat