- Games, Gaming Gear, Technology

OpenAI Kini Memiliki Game Khusus Untuk Mesin Pembelajaran, Neural MMO

Dunia gaming tampaknya tidak hanya milik manusia, karena kehadiran AI juga siap bersaing untuk mendapatkan tempat terbaik. Buktinya, OpenAI kini mengembangkan mesin pembelajaran terbaru dalam sebuah game tersendiri dimana mereka menyebutnya sebagai Neural MMO. Game tersebut nyatanya hanya dikhususkan secara eksklusif oleh mesin.

Tujuan dari mereka adalah untuk melihat bagaimana AI akan berperilaku dalam lingkungan digital yang lebih mirip dengan dunia nyata. Untuk itu, tim OpenAI telah mempelajari beberapa informasi menarik saat game khusus Neural MMO mulai diberlakukan.

Baca juga : Xbox One S Tanpa Drive Blue-Ray Siap Dirilis Bulan Depan – Sajian Harga Bisa Lebih Murah

Ini bisa menjadi isyarat bahwa kehadiran AI dalam dunia gaming bisa menjadi awal baru bagaimana sebuah mesin bisa membawa kompetisi lain bagi pemain, tidak hanya berlaku untuk lingkungan manusia saja.

Lalu, bagaimana cara kerjanya para AI ini dalam game tersebut? Pada dasarnya game tersebut mungkin terasa hampir sama dengan apa yang biasa kita lihat pada berbagai game strategi, dimana para Agen AI ini harus bersaing dalam berbagai sumber daya di seluruh dunia game, termasuk makanan, air, dan batu. AI dalam Neural MMO juga dapat saling bertarung menggunakan salah satu dari tiga gaya tempur yang terinspirasi RuneScape: Range, Melee, dan Mage.

Dari semua sisi positif dan kemajuan yang dilakukan oleh tim OpenAI, tampaknya sejumlah kekhawatiran juga muncul. Bagaimana jadinya ketika para agen AI ini disajikan sebagai bagian dari para pemain MMO lainnya seperti World Of Warcraft, itu tentu akan memunculkan rasa yang tidak adil bagi para Newbie untuk bisa melakukan eksplorasi lebih jauh.

Hanya saja, menurut pengembang, kehadiran para agen AI tersebut hanya untuk pembelajaran semata saja, tidak diberlakukan secara umum. Meski, kita tidak bisa memungkiri bahwa ini bisa membawa kompetisi lain untuk masa depan. Namun, jika itu benar adanya, sebaiknya para AI tersebut dipakai untuk melawan para Toxic player yang sangat mengganggu dunia gaming yang kompetitif, bagaimana menurut kamu?

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “OpenAI Kini Memiliki Game Khusus Untuk Mesin Pembelajaran, Neural MMO

Comments are closed.