- Berita Terbaru, Prosesor, Serba-serbi

Penjualan Prosesor AMD Hingga Q4 2018 Meningkat Drastis, Bahkan Yang Terbesar Sejak Tahun 2014

Prosesor AMD – Popularitas AMD terus melaju semakin tinggi, terlebih lagi seri Ryzen Desktop maupun mobile memiliki banyak nilai positif dari berbagai kalangan sejak seri ini dirilis tahun 2017 silam. Bahkan, barisan EPYC Server juga menjadi nilai tersendiri yang jauh lebih efektif bagi para pelaku industri. Dan karena alasan inilah, pendapatan produsen hingga Q4 2018 meningkat drastis dengan pangsa pasar yang jauh lebih luas.

Hal tersebut diungkap oleh Mercury Research, dimana mereka telah merilis estimasi pangsa pasar untuk Q4 2018 yang menunjukkan kenaikan berturut-turut dari tahun-ke-tahun untuk AMD di semua segmen utama – server, desktop dan notebook – dan lebih jauh menyoroti momentum yang AMD bangun pada 2018 untuk prosesor Ryzen dan EPYC.

Baca juga : Radeon VII Resmi Diluncurkan, AMD Kembali Berada Dalam Jalur Persaingan High-end

Sejak kuartal keempat 2017, pangsa pasar server AMD telah meningkat empat kali lipat, dari 0,8 persen unit berbagi menjadi 3,2 persen unit pangsa pada kuartal keempat 2018. Hal ini dapat dikaitkan dengan meningkatnya jajaran server CPU EPYC, rilis server utama dan seri pertama AMD sejak perusahaan tersebut beralih dari Opteron. Rilis data pangsa pasar dari tahun 2018 menunjukkan bahwa pangsa pasar AMD di ketiga segmen adalah yang tertinggi sejak tahun 2014.

Q417 Q318 Q418 QoQ YoY Historical Comparison
Server (excluding IoT) 0.8% unit share 1.6% unit share 3.2% unit share +1.5 share points +2.4 share points Highest since Q4 2014
Desktop 12.0% unit share 13.0% unit share 15.8% unit share +2.8 share points +3.9 share points Highest since Q4 2014
Notebook (excluding IoT) 6.9% unit share 10.9% unit share 12.1% unit share +1.3 share points +5.3 share points Highest since Q3 2013

Disisi lain, segmen Desktop dan CPU mobile Ryzen juga memiliki banyak nilai positif bagi penggemar saat mereka memperkenalkannya awal tahun 2017 silam, sehingga mengalami peningkatan yang signifikan dalam pangsa pasar dari tahun-ke-tahun, dengan kenaikan desktop hingga 15,8 persen.

Prosesor AMD

Pertumbuhan ini juga berlaku bagi seri prosesor mobile AMD yang baru-baru ini memasuki pasar terlebih lagi pilihan CPU tersebut juga sudah banyak diadopsi oleh merek-merek utama, termasuk Dell, HP, dan Lenovo, dimana semuanya menambahkan laptop bertenaga Ryzen ke jajaran 2018 mereka. Ini telah menghasilkan pangsa unit 12,1 persen yang mengesankan untuk notebook.

Dan tahun ini, AMD bisa membawa pangsa pasar jauh lebih luas dengan hadirnya seri generasi prosesor terbaru, yang bisa membawa arti  lebih baik bagi konsumen dari segi performa. Ryzen 3000 Series merupakan salah satu andalan mereka yang bisa mengancam Intel, produsen bahkan sudah merilis seri CPU mobile terbaru yang jauh lebih hebat dari segi kinerja.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat