- Berita Terbaru, Internet, Security, Serba-serbi

Yakin Sudah Bisa Identifikasi Phishing Yang Biasa Ditautkan Lewat Email? Jika Iya, Cobalah Kuis ini

Seberapa baik kamu mengenal bahaya Phishing yang menanti dan biasa ditautkan melalui email? Ketika kamu merasa yakin, kamu bisa mencoba menguji pengetahuan tersebut melalui kuis yang ditawarkan oleh Google dimana mereka menyebutnya sebagai Phishing Quiz.

Hadirnya Phishing Quiz dari Jigsaw tentu bisa memberikan manfaat besar bagi pengguna, terlebih lagi kuis ini bisa menguji kemampuan pengguna dalam mengidentifikasi Phishing yang biasa ditautkan melalui email. Bahkan, kuis yang disajikan benar-benar bisa menjebak, karena terkadang tidak hanya pengguna awam saja yang bisa tenggelam menjadi korban, namun pengguna yang sudah terbiasa juga bisa ikut terjebak.

Baca juga : Tidak Sengaja Publikasikan Iklan Palsu, Google Rugi Hingga 145 Milyar

Terlebih lagi, mengidentifikasi phishing bisa lebih sulit daripada yang kita pikirkan. Phishing itu sendiri merupakan bentuk upaya untuk menipu seseorang agar menyerahkan informasi pribadi pengguna. Bentuk penipuan ini bahkan hampir mirip dengan apa yang bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari pengguna, dimana orang jahat akan serpura-pura menjadi seseorang yang kamu kenal dan mengirimkan tautan berbahaya melalui email.

Phishing

Kuis itu sendiri disajikan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk lebih mendidik pengguna internet yang kurang informasi tentang jenis penipuan tersebut. Alat ini dikembangkan oleh anak perusahaan Google Jigsaw yang dirancang untuk menguji kemampuan pengguna untuk menemukan upaya phishing dalam bentuk contoh yang benar-benar biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa pergi ke link ini, lalu masukan nama dan email (terserah) dan ikuti petunjuk sisanya. Hal yang perlu kamu lakukan (atau pilih jawaban) antara memilih antara Legitimate atau Phishing. Skor akhir bisa menentukan seberapa cermat kamu dalam memahami situasi saat menerima email dari seseorang.

Dan seperti apa yang saya katakan sebelumnya, contoh kuis yang diberikan oleh Jigsaw ini benar-benar bisa menjebak. Bahkan seorang ahli teknologi pun bisa memiliki skor kecil ketika sudah menerima hasilnya. Hingga pada akhirnya, kuis yang ditawarkan bisa memberikan makna tersendiri mengenai seberapa mudah seorang pengguna bisa terjebak dalam situasi yang sangat berbahaya melalui tautan palsu. Sayangnya, kuis ini tidak menyediakan Bahasa tertentu seperti Bahasa Indonesia yang bisa jauh lebih memudahkan pengguna di negara kita.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Yakin Sudah Bisa Identifikasi Phishing Yang Biasa Ditautkan Lewat Email? Jika Iya, Cobalah Kuis ini

Comments are closed.