- Berita Terbaru, Internet, Serba-serbi

Tidak Sengaja Publikasikan Iklan Palsu, Google Rugi Hingga 145 Milyar

Selalu saja ada kesalahan yang terjadi ketika hadirnya para pekerja fresh ditempatkan di sesuatu yang benar-benar baru untuk dijalankan. Dan ternyata, hal tersebut juga terjadi pada perusahaan sekelas Google, ketika baru-baru ini diberitakan bahwa salah seorang peserta pelatihan di perusahaan tersebut secara tidak sengaja mempublikasikan iklan palsu yang menghabiskan biaya lebih dari $ 10 juta atau sekitar 145 milyar rupiah.

Kesalahan ini terjadi selama pelatihan kelompok di mana karyawan Google ditunjukkan cara untuk menggunakan sistem penempatan iklan internal perusahaan. Menurut The Financial Times, mereka melaporkan bahwa salah satu pekerja “melangkah lebih jauh dari yang dimaksudkan” dan mengirimkan pesanan pembelian langsung ke dalam sistem.

Baca juga : YouTube Siap Sajikan Layanan Film (Yang Didukung Iklan) Hollywood Secara Gratis

Hasilnya, kesalahan ini menyebabkan iklan palsu, yang terdiri dari persegi panjang kuning, muncul di banyak situs web dan aplikasi di seluruh AS dan Australia selama sekitar 45 menit pada tanggal 4 Desember. “Segera setelah kami tersadar atas kesalahan yang jujur ​​ini, kami bekerja dengan cepat untuk menghentikan kampanye yang sedang berjalan tersebut ”kata Google, dalam sebuah pernyataan.

Tentu itu tampaknya tidak terdengar cukup buruk tentang kesalahan ini untuk sebuah perusahaan kecil (meskipun Google juga memandang ini hanya sesuatu yang normal), dimana peserta pelatihan sebenarnya hanya “menempatkan” pesanan sekitar sepuluh kali lipat dari harga normal untuk iklan, yakni sekitar $25 per CPM atau sekitar 360 ribu (biaya per seribu tayangan). Padahal, normalnya disajikan pada kisaran harga $ 2 – $ 4 atau sekitar 29 ribu sampai 58 ribu paling tinggi. Meskipun ini hanya berjalan hanya sebentar (sekitar 45 menit), ternyata itu merugikan perusahaan hingga 145 milyar. Hanya saja, Google telah berjanji untuk “menghargai pembayaran kepada penerbit untuk setiap iklan yang dibeli.”

Untungnya, Google tampaknya belajar dari kesalahan tersebut, dimana mereka kini memiliki kerangka pengaman yang jauh lebih baik untuk memastikan kesalahan mahal seperti itu tidak pernah terjadi lagi. Hanya saja, tidak ada kabar tentang apa yang terjadi pada karyawan tersebut, mungkin saja ia mengalami mimpi buruk sesaat dan akan terbangun dari tempat tidurnya yang tenang, walaupun kenyataan tidak demikian.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Tidak Sengaja Publikasikan Iklan Palsu, Google Rugi Hingga 145 Milyar

Comments are closed.