- Internet, Serba-serbi, Tutorial

Apa Yang Kami Ketahui Tentang Layanan Internet IndiHome Sejauh Ini

Ada banyak pilihan penyedia layanan internet yang sangat baik hari ini, namun salah satu yang benar-benar menjadi perhatian banyak orang dan paling populer adalah IndiHome. Terkadang kita suka bertanya, bagaimanakah cara mendaftar layanan tersebut, pilihan apa saja sih yang mereka tawarkan bagi pengguna Dan berapakah kecepatan unduh yang bisa kita dapatkan?

Meskipun hal ini mungkin sudah banyak dibahas oleh berbagai kalangan, media atau apapun itu, selalu ada pengguna baru dan awam diantara kita. Sehingga, ini menjadi ide yang baik dalam memberikan sebuah pandangan tentang penyedia layanan internet IndiHome yang sangat populer. Terlebih lagi, saya sudah pernah merasakan sendiri bagaimana pahit manisnya layanan mereka hingga sekarang. Jadi, tanpa perlu berbasa-basi lagi, mari kita ungkap beberapa hal yang kami ketahui tentang IndiHome.

Baca juga : Kaspersky Internet Security : Sistem Keamanan Hebat, Sajian Interface Bersahabat

Apa Yang Kami Ketahui Tentang Layanan Internet IndiHome Sejauh Ini

Menurut FAQ di situs resmi mereka, IndiHome merupakan layanan digital “terdepan” dengan menggunakan teknologi fiber optik dan menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV). Mereka juga menawarkan layanan Dual Play yang terdiri Internet Fiber (Internet Cepat) dan Telepon Rumah (Fixed Phone) atau Internet Fiber (Internet Cepat) dan TV Interaktif (UseeTV).

Meskipun terdengar “cukup” hebat dalam banyaknya fitur yang ditawarkan mereka, namun pada dasarnya mereka hanya memiliki dua layanan sepenuhnya, yakni Internet dan telepon rumah dengan beberapa addon yang bisa ditambahkan bagi pengguna. Nah, mari kita kesampingkan terlebih dahulu layanan telepon rumah, karena selain hari ini tidak terlalu populer, banyak pengguna tampaknya jauh lebih memilih layanan internet sebagai pilihan utama.

Dan ketika kamu berencana untuk menghadirkan layanan internet melalui IndiHome sebagai penyedia jasa utama, sebenarnya ada 4 pilihan paket yang akan mereka tawarkan dalam hal kecepatan, yakni :

Layanan Internet IndiHome

  • Paket 10Mbps Dengan biaya Rp 250.000/bulan
  • Paket 20Mbps Dengan biaya Rp 350.000/bulan
  • Paket 30Mbps Dengan biaya Rp 510.000/bulan
  • Paket 40Mbps Dengan biaya Rp 610.000/bulan

Wah, kelihatan cukup terjangkau bukan? Sebenarnya ini hanya iuran paket bulanan untuk pilihan dasar saja, tidak termasuk PPN dan tambahan biaya lainnya. Biasanya, ada beberapa tambahan biaya dalam setiap bulan, dengan rincian biaya yang biasa saya terima (paket 10Mbps) adalah :

  • Biaya indihome: Rp240.000,-
  • Ppn unsur kena pajak: Rp28.500,-
  • Materai: Rp3.000,-
  • Add on: Rp5.000,-
  • Biaya sewa stb/modem: Rp40.000,-

Jadi, jika kamu memilih paket 10Mbps, total biaya bulanan yang akan ditagih penyedia layanan kepada kamu kurang lebih sebesar Rp 316.500,-. Hal tersebut berlaku juga untuk pilihan paket internet lainnya, jadi kamu perlu memastikan juga pengeluaran anggaran sebelum memilih yang pas sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Pihak Penyedia layanan Internet IndiHome juga menyediakan upgrade bagi pengguna, entah itu upgrade(downgrade) kecepatan internet, ataupun tambahan addon seperti layanan kabel TV ataupun hal yang cukup menarik lainnya. Jadi, jangan khawatir jika kamu memilih layanan yang kurang pas saat pertama kali memilihnya, karena kamu bisa mengupgrade(atau downgrade) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun anggaran kamu.

Berapakah Real Speed paket Internet IndiHome yang Bisa kita Dapatkan?

Meskipun ini tergantung dari paket internet yang kamu pilih dari penawaran mereka, tingkat kecepatan yang “sebenarnya” bisa berbeda-beda, meskipun layanan 10Mbps terhitung masih cukup ideal bagi penguna pada umumnya. Namun untuk mengetahui tingkat kecepatan maksimum yang bisa didapatkan pengguna saat mereka memilih paket layanan tersebut, ada beberapa hal yang akan kami jelaskan lebih detail dibawah ini, terlebih dalam urusan kecepatan asli saat mengunduh file, yakni :

Internet IndiHome

Pertama, jika kamu paket internet 10Mbps, ketika kamu mengetesnya melalui jasa test speed di internet seperti speedtest.net, mungkin ia akan menunjukan hal yang sesuai dengan apa yang ditawarkan penyedia jasa. Namun ketika urusan mengunduh sesuatu dari internet, maka real speed yang sebenarnya jauh lebih berkurang, dimana maksimum apa yang bisa saya dapatkan saat mengunduh game dari Steam hingga 1.4Mb saja.

Hal yang sama juga berlaku untuk paket lainnya, dimana akan kami ungkap real speed download paket internet IndiHome dibawah ini :

  • Paket Internet 10Mbps : Download speed up to 1.4Mbps
  • Paket Internet 20Mbps : Download speed up to 2.8Mbps
  • Paket Internet 30Mbps : Download speed up to 3.8Mbps
  • Paket Internet 40Mbps : Download speed up to 4.8Mbps

Nah, ini bisa menjadi ide yang baik bagi kamu untuk memilih pilihan layanan yang pas, terlebih lagi jika kamu suka sekali mengunduh banyak file besar seperti game dari internet. Hanya saja, perlu diketahui bahwa fitur “unlimited” yang mereka tawarkan tidak sepenuhnya “tidak terbatas”, melainkan ada fair usage sistem, artinya pemakaian yang biasa kita gunakan sebenarnya ada batasan, yakni hingga 900GB untuk pilihan paket 40Mbps, 700GB untuk paket 30Mbps, 500GB untuk paket 20Mbps dan 300GB untuk paket 10Mbps. Jadi, ketika dalam sebulan atau kurang kamu sudah menyentuh batasan tersebut, maka kecepatan internet akan berkurang hingga 25%, dimana perhitungan Usage akan dimulai pada awal bulan.

Cara Mendaftar Layanan Indihome Yang Paling Efektif & Tidak Menguras Waktu

Meskipun mereka menyediakan layanan secara offline bagi pengguna terdekat untuk mendaftar layanan internet IndiHome, ada cara yang sangat efektif dan tidak menguras waktu kamu, terlebih lagi jika kamu memang tidak ada waktu untuk keluar atau sibuk bekerja diluar sana. Cara tersebut adalah :

  • Layanan Call Center 147, dimana kamu bisa dengan cukup mudah menghubungi dan mendaftar layanan IndiHome. Biasanya mereka akan menanyakan lokasi area dan akan datang ke tempat kamu beberapa hari kemudian.
  • Daftar Online Via Website Resmi atau aplikasi, dimana ini tentu bisa menjadi salah satu cara yang paling mudah, termasuk beberapa fitur, paket internet dan banyak lagi yang bisa lebih detail dan bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih atau meyakinkan diri untuk mendapatkan layanan dari mereka.

Dan untuk lebih detailnya mengenai syarat ketentuan dari penyedia jasa layanan bagi pengguna, kamu bisa mengeceknya disini.

Kesimpulan

Terlepas dari seberapa hebat atau buruknya penyedia layanan internet Indihome bagi kebanyakan pengguna, pilihan ini tentu bisa menjadi sesuatu yang berharga dalam upaya untuk memenuhi banyak pekerjaan digital hari ini. Terlebih lagi, kita tidak perlu lagi melihat layanan internet yang lemot dan cukup banyak masalah seperti apa yang terjadi pada produk sebelumnya, Speedy.

Mereka juga kini memiliki kemajuan yang berarti, bukan saja dalam hal kecepatan, namun juga pelayanan yang benar-benar profesional. Jadi, IndiHome bisa menjadi salah satu rekomendasi kami untuk kamu yang berencana akan memasang internet, baik itu dirumah, dikantor ataupun ditempat lainnya sebagai pilihan ideal. Dari semua hal yang telah kami jelaskan diatas, semoga bisa membantu kamu dalam mempertimbangkan pilihan yang pas saat akan berencana untuk memasang IndiHome.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat