LENOVO Yoga 330 Preview : Notebook 2-In-1 Berkelas, Harga Murah

LENOVO Yoga 330 bisa memberikan arti tersendiri yang sangat positif bagi pengguna, khususnya dari sisi nilai harga dan bentuk desain yang hebat. Pilihan ini hadir dengan harga sekitar 4.2 jutaan, namun membawa sejuta makna dengan kekuatan portabilitas yang baik, bahkan kinerja komputasi yang ditawarkan notebook ini bisa sangat berarti, meskipun masih dalam batasan kasual.

Nah, jika kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan notebook tersebut, mari kita ungkap sejumlah pandangan kami mengenai LENOVO Yoga 330 tersebut dibawah ini.

Baca juga : Acer Aspire 3 Ryzen Series Preview : Powerful Laptop, Harga Mainstream

LENOVO Yoga 330 Preview : Desain

Spesifikasi Lenovo Yoga 330
Processor Intel Celeron N4000 Processor(4M Cache, up to 2.6 GHz)
Display  11.6″ HD (1366 x 768) Anti-Glare Touchscreen
Memory  4GB DDR4
Storage\ 128GB eMMC
Operating System Windows 10 Home
Graphics Integrated Intel Graphics
Audio 2 x Stereo Speakers with Dolby Audio Premium
Webcam 720P / with Single Microphone
Bluetooth  WiFi 802.11 a/c, Bluetooth 4.0, Gigabit Ethernet
Connectors  1 x USB 3.0 with Always-On Charging,
 2 x USB 2.0, HDMI-out, 
RJ45 Gigabit LAN, 
4-in-1 Card Reader, Audio Combo Jack
Battery Up to 6 hours with standard battery
Dimensions (W x D x H) 294 x 204 x 17.9 mm
Weight  (1.25 kg)
Harga Rp 4,299,000 (Beli)

Produsen menyebut notebook ini sebagai perangkat yang sangat ramping dan mudah untuk dibawa kemana saja. Ini bisa menjadi salah satu nilai keunggulan LENOVO Yoga 330, apalagi ia dikemas dengan bentuk desain yang sangat bernilai positif dari segi estetika dan membawa beban hanya sekitar 1.2Kg saja. Notebook ini bahkan memiliki tingkat ketebalan sekitar 1.7cm dan bisa memudahkan segala aktifitas semua pekerjaan kamu dengan sejumlah fitur hebat.

Seri itu sendiri dirancang untuk melengkapi semua pekerjaan kamu, terlebih lagi fitur 2-in-1 yang melekat pada laptop ini tentu bisa memudahkan segala hal yang pernah kamu impikan. Ada banyak ruang bentuk yang fleksibel pada laptop ini, entah kamu menginginkan fitur standar, tent mode, atau bahkan mode tablet yang bisa memberikan nilai kreativitas yang jauh lebih nyaman.  Notebook ini juga hadir dalam dua buah sajian warna, yakni Mineral Grey dan Onyx Black.

LENOVO Yoga 330

Untuk urusan Layar, LENOVO Yoga 330 hadir dengan ukuran sekitar 11.6” yang cukup mungil namun terlihat sangat menggoda. Hal terbaik dari fitur layar adalah tingkat kejelasan yang sangat cemerlang, bahkan mampu menampilkan definisi HD yang mengesankan, plus sajian fitur touch anti-Glare yang kokoh.

Hasilnya, layar pada Yoga 330 bisa memberikan kualitas visual dari sebuah home theater dalam bentuk yang ringkas. Ini bisa menjadi salah satu alasan kamu untuk mendapatkan notebook ini dengan kepastian yang tinggi, terlebih lagi dalam urusan layar.

Sedangkan untuk urusan keyboard, produsen tampaknya mendesain ulang fitur perangkat ini dengan lebih mengutamakan kenyamanan pengguna. Betapa tidak, seri Yoga 330 kini memiliki keyboard yang jauh ergonomis demi menghadirkan tingkat kenyamanan maksimal. Selain itu, fitur touchpad yang juga didesain ulang juga bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih tepat dengan gerakan multi-finger.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, produsen tampaknya memberikan pilihan yang nyata dan sangat berarti bagi pengguna modern. Hal tersebut bisa terlihat dari konektivitas USB yang lengkap, dimana ada total 3 buah USB dengan pilihan yang berbeda, yakni USB 3.0 dengan fitur Always On Charging, sebuah port USB 2.0, dan sebuah USB Type C. Tentu pilihan ini masih dibilang cukup sederhana, namun ketiga pilihan ini bisa mewakili sejumlah fitur USB modern yang lengkap.

Sedangkan untuk sisa konektivitas lainnya, sebuah port HDMI merupakan fitur yang cukup baik untuk multi-display, lalu kehadiran 4-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC) bisa melengkapi semua kebutuhan kamu dalam urusan kartu external, dan kehadiran Audio Jack akan melengkapi pilihan konektivitas fisik yang hadir pada LENOVO Yoga 330 ini.

Untuk urusan Konektivitas nirkabel, kehadiran WiFi 802.11 a/c dan Bluetooth 4.0 bisa memberikan kenyamanan yang sangat berarti, terlebih lagi seri WiFi AC mampu menghadirkan kinerja yang sangat baik untuk urusan kecepatan internet, apalagi jika diruang kerja kamu memiliki akses internet super cepat. Betapa tidak Wi-Fi 802.11ac mampu memberikan potensi kinerj hingga 166 megabyte per detik (MBps) atau 1331 megabit per detik (Mbps), yang berarti ini jauh lebih cepat daripada apa yang bisa ditawarkan pada 802.11n.

Audio

Fitur audio juga cukup nyaman untuk dijadikan sebagai pilihan utama, terlebih lagi notebook ini akan memberikan fitur audio yang sangat jelas seperti lonceng. Ini tentu karena kehadiran pilihan audio yang mendukung Dolby Audio Premium plus dua buah sajian 1.5 W speaker. Audio pada Yoga 330 tentu bisa memberikan suara yang lebih keras, kualitas suara cukup jelas dan kualitas dialog yang lebih baik tanpa harus mengorbankan distorsi atau pemompaan digital.

LENOVO Yoga 330 Preview : Spesifikasi Internal

Kinerja sistem mungkin akan cukup nyaman dilalui, terlebih lagi jika ruang kerja kamu merupakan berbagai pekerjaan kasual, baik itu kegiatan pengetikan, office, ataupun sedikit pekerjaan grafis melalui adobe standar. LENOVO Yoga 330 bisa melalui semua hal tersebut dengan cukup baik, meski kinerja gaming bukanlah sesuatu yang bisa ditampilkan pada perangkat tersebut. Nah, untuk lebih detailnya dalam hal spesifikasi internal, mari kita ungkap lebih jauh dibawah ini.

Prosesor

Untuk tenaga komputasi, pilihan utama produsen pada perangkat ini adalah prosesor Intel Celeron N4000, dimana ini merupakan bagian dari barisan prosesor Gemini Lake dengan proses manufaktur 14nm. Seri ini membawa kekuatan dual core plus 2 thread dan membawa tingkat clockspeed up to 2.6Ghz (base clock 1.1Ghz). Pilihan ini tentu bisa cukup sepadan dengan notebook entry level dengan kisaran harga dibawah 5 jutaan, terlebih lagi ia bisa memiliki potensi yang cukup baik untuk berbagai pekerjaan ringan.

Spesifikasi Intel Celeron N4000
Code Name  Gemini Lake                    
Lithography 14 nm
# of Cores / Threads 2C / 2T
Base Frequency/ Max Boost 1.10 GHz / 2.60 GHz
Cache 4 MB
TDP 6 W
Max Memory Size 8 GB
Memory Types DDR4/LPDDR4 upto 2400 MT/s
Max # of Memory Channels 2

Nilai total cache CPU tersebut sebesar 4MB dan membawa TDP default yang cuper kecil dengan hanya sekitar 6 Watt saja. Ini tentu bisa memberikan efek yang bernilai untuk kinerja baterai, sehingga kekuatan baterai bisa jauh lebih lama. Prosesor ini juga mendukung memori DDR4 2400Mhz dengan maksimum upgrade hingga 8Gb (juga mendukung fitur dual channel memori).

Grafis

Untuk urusan grafis, kehadiran Intel HD Graphic 600 tampaknya akan menjadi pilihan utama, dimana ini merupakan iGPU bawaan prosesor dengan frekuensi maksimum up to 650Mhz dan share Video memori hingga 8GB. GPU ini juga mendukung pemutaran video hingga 4K, namun jangan harap terlalu lebih untu kinerja gaming.

Spesifikasi Intel® UHD Graphics 600
Graphics Base Frequency 200 MHz
Graphics Max Dynamic Frequency 650 MHz
Graphics Video Max Memory 8 GB
Graphics Output eDP/DP/HDMI/MIPI-DSI
Execution Units 12
4K Support Yes, at 60Hz
DirectX* Support Yes
OpenGL* Support Yes
# of Displays Supported ‡ 3

GPU bisa sangat meyakinkan dengan angka konsumsi rendah, tetapi kinerjanya hanya untuk segmen low-end saja dan sangat tidak ideal untuk dijadikan patokan dalam permainan modern. UHD Graphics 600 dilengkapi dengan 12 dari 18 Execution Units (EUs) dan bisa menerjemahkan kode H.265 / HEVC (8b dan 10b) dan VP9 sepenuhnya dalam perangkat keras. Kamu sebenaranya bisa menghubungkan hingga tiga layar melalui DP 1.2a / eDP 1.3 atau HDMI 2.0a (termasuk HDCP 2.2).

Internal Storage & RAM

Untuk urusan penyimpanan data, Lenovo sebenarnya menghadirkn beberapa pilihan konfigurasi untuk urusan storage, yakni 256 GB SATA SSD, 128 GB eMMC, 64 GB eMMC dan 32 GB eMMC. Jika kamu memilih nilai harga sekitar 4 jutaan, pilihan storage yang ditawarkan biasanya mulai dari 128GB eMMC, dimana pilihan tersebut cukup memadai untuk semua pekerjaan kamu, meskipun kapasitas ini cukup kecil untuk semua ruang file besar yang kamu miliki. Hanya saja, kinerja EMMC agak mirip dengan SSD, sehingga bisa menjadikan fitur storage tersebut jauh lebih cepat dari HDD. Tetapi, ini umumnya disolder langsung ke motherboard, sehingga itu bukan sesuatu yang bisa kamu beli atau ubah secara terpisah.

LENOVO Yoga 330

Sedangkan untuk urusan RAM, nilai memori 4GB DDR4 merupakan pilihan yang cukup untuk mengatur segala kegiatan kamu hari ini, meskipun produsen tidak menyediakan ruang yang banyak untuk upgrade. Beberapa tab pada browser akan cukup mudah dilalui, terlebih lagi kehadiran memori 4Gb juga cukup layak untuk hampir semua kegiatan office hari ini.

Baterai

Lenovo menjanjikan kinerja baterai yang bandel pada seri Yoga 330 ini, tentu salah satu alasannya adalah kehadiran berbagai perangkat yang sangat irit dan hemat daya didalamnya. Hasilnya, kamu bisa melakukan berbagai pekerjaan kasual dengan duraasi hingga 6 jam lebih. Ini bisa menjadi sesuatu yang sangat diidamkan banyak pengguna, terutama ia juga mendukung fitur fast charging yang cukup cepat.

Kesimpulan

LENOVO Yoga 330 bisa menjadi pilihan utama kamu saat ingin membeli sebuah notebook dengan harga yang cukup terjangkau dan membawa nilai yang sangat berarti, baik dari segi desain, nilai portabilitas bahkan kinerja komputasi yang cukup nyaman untuk dilalui. Pilihan ini bahkan membawa arti yang cukup tangguh dalam urusan kinerja baterai yang memiliki tingkat ketahanan hingga 6 jam lebih.

Namun, kinerja grafis mungkin salah satu faktor kelemahan notebook ini, dimana ia tidak bisa mampu memberikan potensi yang jauh lebih baik untuk gaming, bahkan untuk seri kasual sekalipun. Meskipun begitu, notebook ini pada dasarnya dihadirkan bagi para pengguna kasual yang lebih memfokuskan diri pada pekerjaan sederhana, baik itu browsing, menonton film atau bahkan kegiatan office standar.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts