- Berita Terbaru, Games, Gaming Gear, Internet, Serba-serbi

18 Tahun Berdiri, EmuParadise Kini Pensiun Dalam Urusan Gaming ROMs

Jika kita rindu terhadap permainan retro seperti Super Mario World dan sebagainya, Internet memiliki segalanya. Salah satunya hadir dari situs EmuParadise, yang banyak menyajikan jutaan game retro, termasuk sajian emulator. Namun sayangnya, situs ini tidak akan menyediakan kembali game retro dalam bentuk ROMs setelah sejumlah gugatan hak cipta menghadang mereka.

EmuParadise telah hidup dan banyak memberikan nilai estetika bagi kita semua untuk mengenang kembali apa yang bisa ditawarkan game jadul selama beberapa dekade. Namun, kita tidak akan melihat lagi tawaran menggiurkan dari situs ini karena kekhawatiran gugatan hukum yang sangat besar.

Baca juga : Masa Depan eSport Semakin Cerah, Asian Games 2018 Awal Terbaiknya

Bagi mereka yang telah berumur 30 tahun atau lebih (seperti halnya saya), mungkin kita semua mengenal sejumlah permainan konsol hingga beberapa generasi. Entah itu Nintendo, Sega, Super Nintendo atau bahkan Playstation generasi pertama. Dan terkadang, ketika kita ingin mengenang kembali game tersebut didalam windows PC dalam bentuk emulator, kita bisa mengunduhnya dengan mudah di EmuParadise

EmuParadise yang telah berdiri sejak tahun 2000 menyediakan segalanya, mulai dari judul asli  Atari 2600, Super Nintendo Entertainment System, atau konsol lainnya. Mereka menyediakan hampir semua yang bisa kita impikan. Namun sayangnya, situs ini selalu terhuyung di tepi legalitas, sehingga mereka mengumumkan secara resmi bahwa situs ini akan secara efektif menutup pintunya dengan menghapus semua ROM retro dari web.

Meskipun situs ini akan terus hidup dengan mengatakan bahwa  masih akan menyajikan ” cool stuff around retro games,” tetapi tidak jelas apa artinya itu. Mungkin itu akan berubah menjadi platform diskusi mengenai permainan retro secara umum, pasar, atau sesuatu yang lain sama sekali.

Secara alami, EmuParadise tidak membuat keputusan ini dengan sendirinya, namun lebih terlihat seperti terpaksa. Administrator tampaknya tidak ingin menempatkan kontributor situs pada risiko dengan terus menjadi tuan rumah yang berpotensi menghadirkan konten ilegal. Situs ini tentu tidak ingin menjadi bahan tuntutan besar, seperti apa yang akan dilakukan oleh Nintendo, dimana mereka akan menggunakan otoritas hukum mereka untuk menargetkan situs ROM dengan lebih tegas daripada sebelumnya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “18 Tahun Berdiri, EmuParadise Kini Pensiun Dalam Urusan Gaming ROMs

Comments are closed.