- Berita Terbaru, Games, Security, Serba-serbi

Waspada Dengan Game Abstractism Di Steam, Cryptojacking Inside

Cryptojacking semakin merambah hingga platform populer khusus PC Game, Steam. Salah satu game yang hadir di platform tersebut ternyata memanfaatkan CPU dan GPU untuk memulai proses mining, dan hasilnya akan dibawa oleh pihak pengembang. Game tersebut adalah Abstractism, namun untungnya, Steam telah menutup game tersebut dan tidak lagi tersedia di platform mereka.

Inilah yang perlu kita waspadai, karena selalu ada cara lain bagi penjahat untuk mendapatkan keuntungan diatas penderitaan orang lain, termasuk ketika mereka berhasil menyusupi plaform besar sekelas Steam. Abstractism sebenarnya sudah hadir hingga beberapa bulan terakhir, apalagi game ini sebenarnya tersedia secara gratis dan sudah ada banyak orang yang memasang game tersebut pada gaming rig mereka. Hingga suatu saat, sejumlah pemain banyak yang mengeluhkan bahwa CPU dan GPU mereka memiliki suhu dan kinerja yang tinggi, padahal game ini sangat sederhana.

Baca juga : Nvidia Next Gen GPU Siap Diumumkan Di Gamescom 2018?

Cryptojacking Susupi Steam, Mining cryptocurrency Melalui Game Abstractism

Game itu sendiri dirilis pada tanggal 15 maret 2018 kemarin, dan ketika banyak review negatif tentang game tersebut, khususnya mengenai kinerja CPU dan GPU yang terlalu berlebihan, pihak Steam tampaknya mulai mengambil tindakan tegas, menghapusnya dari daftar sejak kemarin , dan sudah tidak tersedia lagi untuk platform populer ini.

Meskipun, pihak pengembang membantahnya tuduhan ini, bahkan mereka mengatakan bahwa “ Mungkin, pengguna yang sedang bermain mengatur pilihan grafis dengan sangat tinggi, dan karena mereka mengambil sedikit daya CPU dan GPU, diperlukan untuk rendering efek pasca-proses. ” Namun, bukti tampaknya sudah mengalir kepada pihak Steam, sehingga pengembang ini tidak bisa berbuat apa-apa.

Cryptojacking

Menurut Valve, sebagaimana apa yang diungkap oleh Kotaku, mereka mengatakan bahwa “ini adalah keputusan resmi dalam menghapus game Abstractism dan melarang pengembangnya dari Steam untuk pengiriman kode tidak sah, trolling, dan menipu pelanggan dengan item dalam upaya untuk menipu.”

Game itu sendiri diklaim bersalah karena mengambil sumber daya CPU pengguna untuk mining cryptocurrency tanpa pemberitahuan, dan termasuk juga menjual barang-barang pasar dari game populer seperti Team Fortress 2, sebagaimana apa yang diungkap oleh pcgamesn.

Titik penambangan kripto dari game itu sendiri berputar di sekitar executable yang disebut ‘steamservice.exe’, yang ditambahkan ke permainan dengan patch pada 23 Juli (meskipun laporan penggunaan CPU dan tuduhan cryptomining datang lebih awal dari tanggal tersebut). Sejak saat itulah, sejumlah amarah besar dan review negatif dari pengguna membanjiri kolom komentar game ini di Steam.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Waspada Dengan Game Abstractism Di Steam, Cryptojacking Inside

Comments are closed.