Intel Core i9 Mobile Akhirnya Dirilis Dengan Kekuatan 6 Core & 12 Thread

Intel Core i9 Mobile Akhirnya Dirilis Dengan Kekuatan 6 Core & 12 Thread

Pilihan laptop hari ini semakin tangguh, apalagi kehadiran prosesor terbaru dari Intel dengan kekuatan Core i9 sudah siap memberikan pesona terbaru untuk mobile. 2 hari yang lalu, Intel secara resmi mengumumkan pilihan CPU terbaru ini di acara global di Beijing, dimana perusahaan tersebut memperkenalkan sejarah baru kekuatan Intel Core i9 – 8950HK yang memiliki 6 core dan 12 Thread. Pilihan ini siap mengisi barisan laptop gaming maupun mobile workstation dengan kinerja yang benar-benar sangar.

Menurut Intel, prosesor Intel Core i9 generasi ke-8 ini diklaim sebagai pilihan prosesor laptop yang memiliki kinerja terbaik yang pernah dibuat oleh Intel. Tentu saja, segala hal yang berkaitan dengan pengalaman dalam hal gaming dan pembuatan konten terbaik siap dijajal dengan kinerja yang sempurna.

Baca juga : Intel Akhirnya Rilis Chipset H310, H370, Q370 dan B360

Dan pilihan Intel Core i9 ini tampaknya tidak sendirian, karena Intel juga mengisyaratkan pilihan CPU terbaru lainnya yang siap memberikan pesona terbaru dalam hal kinerja dan lebih banyak Core. Ada lebih dari 7 CPU terbaru yang akan menghadirkan kinerja yang nyata bagi pengguna tingkat lanjut, dimana semua pilihan ini bisa menjadi pengganti seri Intel sebelumnya.

Selain itu, Intel juga mengumumkan perpanjangan platform Intel Core baru yang menyatukan manfaat prosesor Intel Core Generasi 8 ini dengan memori Intel® Optane ™, dimana ini tentu akan melengkapi atau memungkinkan kinerja yang jauh lebih tinggi untuk CPU dan chipset yang menghadirkan kemampuan standby serta ambient computing modern.  Mereka semua berbagi detail baru pada platform Intel ™ Core ™ vPro ™ 8.

Intel Core i9 & H-Series Line Up Terbaru

Semua prosesor Intel Core i9, i7 dan i5 generasi ke-8 yang baru untuk laptop sebenarnya masih didasarkan pada platform Coffee Lake. Namun mereka kini memanfaatkan teknologi proses 14nm ++ yang memungkinkan pilihan ini akan memberikan kinerja hingga 41 persen lebih banyak jika dibandingkan seri sebelumnya. Semua pilihan ini memiliki kode H dibelakangnya, dan mengiyaratkan bahwa pilihan ini akan hadir untuk high-end laptop yang canggih.

Intel Core i9

Pilihan prosesor Intel Core i9-8950HK merupakan pilihan yang paling tinggi diantara semua pilihan yang ada, itu karena ia bisa dioptimalkan jauh lebih untuk mendorong batas kinerja. Ini adalah prosesor Intel mobile pertama dengan enam inti dan 12 thread. Selain itu, CPU ini juga sepenuhnya terbuka untuk OC dan memiliki fitur Intel Thermal Velocity Boost (TVB) baru, yang bisa secara otomatis akan meningkatkan frekuensi clock hingga 200 MHz jika suhu prosesor cukup rendah dan fitur daya turbo tersedia. Hasilnya, CPU ini bisa memiliki frekuensi turbo hingga 4,8 GHz.

Intel juga tampaknya meningkatkan subsistem memori dari DDR4-2400 ke DDR4-2666 untuk semua model H-Series. Core i9, Xeon E-2186M, dan Xeon E-2176M juga kini memiliki pilihan cache yang lebih tinggi hingga menjadi 12MB L3 cache sebagai efek samping dari peningkatan jumlah inti. Intel tampaknya menonaktifkan 3MB cache pada Core i7-8850H dan i7-8750H untuk tujuan segmentasi produk. Model Core i5 datang dengan empat core, sehingga menggunakan cache 8MB yang sama dengan pendahulunya. Semua prosesor Seri-H memiliki 16 jalur PCIe 3.0 untuk menyediakan jalur yang cukup untuk kartu grafis.

Model Xeon juga mendukung memori ECC dan vPro (model Core i5 tunggal juga mendukung vPro). Intel juga mengumumkan kemampuan baru dengan produk Optane-nya. Ini tampaknya merupakan taktik baru untuk Intel, dimana perusahaan tersebut kini mengijinkan OEM untuk melakukan overclock sebagian prosesor Core i7-8550H hingga 4 bins (400 MHz), tetapi tampaknya tidak menjadi opsi yang dapat dikonfigurasi pengguna.

Kesimpulan Dini

Sejauh yang kami tahu, Intel tampaknya masih bertahan ddengan teknologi proses 14nm bahkan menjadi pilihan terlama dalam sejarah Intel. Meskipun begitu, pilihan ini semakin baik dari seri sebelumnya, karena prosesor Coffee Lake baru tersebut bisa membawa nilai frekuensi tertinggi. Ini tentu akan menambahkan kinerja hingga 40% lebih banyak sehingga kita bisa melihat bar baru yang panjang saat uji coba untuk laptop gaming dan high-end workstation.

Selain itu, mereka juga memberikan jawaban atas tekanan AMD yang selama ini terus berlanjut, dimana tim merah saat ini tengah membangun basis tangguh pada CPU mobile dengan seri Ryzen dengan iGPU tangguh Radeon Vega. Jadi, hanya kita hanya tinggal menunggu waktu bagaimana semua CPU terbaru ini direalisasikan pada beberapa produsen laptop sekelas ASUS, MSI dan sebagainya. Kami akan terus pantau semua hal ini dalam bentuk artikel terbaru, termasuk penjelasan spesifikasi yang lebih mendalam pada pilihan CPU terbaru dari Intel.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

2 thoughts on “Intel Core i9 Mobile Akhirnya Dirilis Dengan Kekuatan 6 Core & 12 Thread

Comments are closed.