Intel Rilis Optane SSD 800P Super Cepat Untuk Pasar Mainstream

Optane SSD 800P – Pilihan SSD dengan faktor bentuk M.2 hari ini semakin bervariasi dan jauh lebih lengkap, ketika Intel baru saja merilis pilihan SSD terbaru seri 800P dengan pilihan harga yang katanya cukup “terjangkau”. Pilihan terbaru ini menjadi bagian dari keluarga Intel yang berorientasi pada pasar mainstream dengan 2 pilihan kapasitas yang tersedia, meskipun tampaknya sangat terlalu kecil untuk kebutuhan pengguna modern hari ini.

Dan nyatanya, mereka sudah melengkapi bagian dari produk SSD dengan waktu hampir tiga tahun sejak Intel dan Micron pertama kali mengumumkan 3D XPoint (diucapkan “cross point”) memori, dan peluncuran pertama ke pelanggan tampaknya belum membuat dunia terbakar. Pilihan tersebut juga bisa memberikan sesuatu yang ideal, bahkan produsen menggaris-bawahi bahwa solusi Optima M.2 dimaksudkan untuk memperpanjang kekuatan drive menjadi poin harga dan faktor bentuk yang lebih rendah.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Intel Optane Memory Sangat Menjanjikan

Pilihan SSD Terbaru Intel Optane SSD 800P : Pandangan Umum

Pilihan terbaru ini terlihat sangat mirip dengan bagian Memory Optane sebelumnya, namun fungsinya lebih mirip dengan pilihan 900P. Seri ini hadir dalam dua kapasitas, 58GB atau 118GB, dimana keduanya memiliki format M.2 dengan fitur NVMe yang terkenal bisa memberikan performa super cepat. Dari sudut pandang kami, seri 800p dengan kapasitas 118GB sedikit kurang dari setengah penyimpanan 280GB seri 900p, dan harganya sedikit lebih dari setengahnya, yang berarti itu bukan nilai yang sangat bagus. Sedangkan model 58GB mengambil langkah lebih jauh, karena ini sedikit kurang dari separuh kapasitas model 118GB namun harganya sedikit lebih dari setengahnya. Bagaimana menurut anda?

Intel Optane SSD 800P

Dan ya, nyatanya hanya dua pilihan kapasitas saja yang hadir, yakni 58GB dan 118GB. Ini tentu akan menjadi sesuatu keterbatasan yang cukup berarti bagi kebanyakan pengguna, apalagi jika mereka memilih Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Bahkan 118GB sangat kecil bagi kebanyakan orang, apalagi jika kita melihat harga yang disediakan. Namun, hal yang berbeda mungkin akan menjadi kenyataan ketika kita melihat bagaimana cepatnya SSD tersebut.

Intel mengklaim bahwa pilihan ini bukanlah tentang kapasitas, namun bagaimana SSD 800p akan mampu memberikan kinerja hebat di mana sebagian besar beban kerja klien mampu berjalan-pada kedalaman antrian 1-2, bukan 16 atau 32-, dan sangat tepat bahwa dengan fokus pada kinerja untuk kedalaman antrian rendah adalah penting. Masalahnya, sebagian besar beban kerja terjadi pada antrian rendah karena beban kerja tidak terbatas pada penyimpanan. Salah satu tugas paling umum yang mungkin biasa kita lakukan dan membuat penyimpanan sangat sulit adalah menyalin file dari drive ke drive yang sama, yang memerlukan throughput baca dan tulis yang berkelanjutan.

Bagaimana dengan harga?

Untuk urusan harga, pilihan SSD dengan kapasitas 58GB akan memiliki harga $ 129 atau sekitar 1.7 jutaan, sedangkan untuk SSD dengan kapasitas 118GB memiliki nilai harga $ 199 atau sekitar 2.6 jutaan lebih. Ini berarti biaya per-GB yang dihadirkan sebesar 30 ribuan dan 22 ribuan, yang secara signifikan lebih tinggi dari perkiraan kami. Hal yan berbeda justru jauh lebih murah dari apa yang ditampilkan seri Intel 900P untuk drive 280GB dan 480GB jika kita menghitung biaya per-GB. Bahkan, Drive cache akseleratornya dengan pilihan 32GB Optane juga lebih murah daripada drive 58GB dalam bentuk per-GB.

Terlepas dari bagaimana kinerja yang dihadirkan mungkin akan memberikan perbedaan besar, namun pilihan harga tampaknya membuat mereka lebih sulit untuk direkomendasikan. Karena, kadangkala masih ada banyak pilihan SSD yang tersedia dengan fitur yang hampir sama, kapasitas yang lebih besar dan pada kisaran harga yang juga hampir sama. Istilahnya, anda bisa membeli 512GB M.2 PCI-Express SSD dengan harga yang sama dengan drive Optane 118GB.

Pilihan sebelumnya seperti 900P membuka teknologi Optane sampai ke konsumen yang lebih luas tanpa batasan spesifik sistem, namun kami melihat lebih sedikit dari apa yang ditawarkan Optane SSD 800P. Seri SSD 800P Optane memiliki dua masalah yang akan mencegah sebagian besar pengguna untuk mencobanya. Yang pertama adalah kapasitas. Untuk sebagian besar, model 58GB terlalu kecil untuk sesuatu selain SSD cache. Untungnya, ia bekerja sebagai modul caching Optane Memory, dan seharusnya juga bekerja dengan perangkat lunak caching / tiering pihak ketiga. Sedangkan Model 118GB adalah satu-satunya pilihan nyata bagi sebagian besar pengguna, dan bahkan itu bisa diperdebatkan.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts

One thought on “Intel Rilis Optane SSD 800P Super Cepat Untuk Pasar Mainstream

Comments are closed.