Dampak Ethereum : Harga GPU Masih Tetap Tinggi

Dampak Ethereum : Harga GPU Masih Tetap Tinggi

Jika anda berencana untuk membeli sebuah rig pc yang dikhususkan untuk gaming dengan budget katakanlah antara 5 sd 10 jutaan, sebaiknya jangan membelinya hari ini atau setidaknya menunggu hingga harga-harga hardware (khususnya GPU) kembali normal seperti biasa. Tapi kita tidak bisa memastikan kapan semua kegilaan ini akan berakhir, apalagi dampak Ethereum masih berlangsung, sehingga . Disisi lain, jika anda memang memaksa untuk ini, sebaiknya pilih konsol terbaru seperti PS4 atau Xbox One.

Kebangkitan dunia kripto baru-baru ini dan semakin populernya Ethereal telah menyebabkan kekurangan besar di pasar GPU. Dampaknya, harga tumbuh semakin liar, dan lusinan model kartu grafis sudah habis terjual. Singkatnya, para penggila dunia  pertambangan mendatangkan malapetaka di pasar kartu grafis.

Dampak signifikan Pertambangan Etereum

Ethereum, salah satu kripto yang paling populer, sebagian besar dinyatakan telah bertanggung jawab atas kekurangan GPU secara tiba-tiba. Harga etereum telah tumbuh perlahan selama beberapa tahun terakhir, dan ini benar-benar lepas landas pada awal tahun 2017. Harga Ether naik dari sekitar 130 ribu pada bulan Januari 2017 menjadi 650 ribuan pada bulan Maret. Dan akhirnya mencapai puncaknya hingga mendekati 5.4 jutaan di bulan Juni. Hingga kini, harga ether bertahan pada kisaran 3.9 juta.

Meskipun harga telah menurun, dan kesulitan untuk mengekstrak Eter telah meningkat, ribuan orang hingga kini masih bergegas untuk mengambil bagian dalam memanfaatkan Eter dengan harapan menjualnya nanti dengan keuntungan cukup besar.

Kartu grafis merupakan alat pilihan utama bagi penambang kriptocurrency, karena walaupun anda juga dapat menggunakan CPU untuk tugas ini, GPU mampu melakukan tugas dengan lebih baik dan lebih efisien.

Harga GPU Hari ini?

Ada sedikit kabar baik bagi komunitas gamer, karena pasar GPU hari ini telah menyesuaikan dengan kekurangan GPU dengan stok yang lebih banyak. Walaupun begitu, harga yang hadir rekatif masih tetap tinggi di beberapa GPU, namun lebih banyak kartu grafis yang masuk dalam stok.  Meningkatnya ketersediaan ini setidaknya menunjukkan bahwa pasar secara perlahan bisa kembali pulih dari kekurangan (setidaknya untuk GPU dari Nvidia),  namun tampaknya masih tidak mungkin akan segera mereda dalam waktu dekat.

Pilihan GPU dari AMD masih sulit, kalaupun ada tentu harga yang ditawarkan masih jauh dari normal. faktanya, anda masih akan kesulitan menemukan kartu grafis AMD RX 570 atau AMD RX 580 dan kalaupun ada, mereka akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari biasanya dan berkisar mulai dari 5 juta lebih, bahkan beberapa dari penjual menjual harga diatas 7 jutaan. Harga AMD RX 580, AMD RX 570, dan Nvidia GTX 1070 saat ini hampir sama dengan Nvidia GTX 1080, dimana GTX 1080 nyatanya jauh lebih baik dari mereka dalam game.

Dampak Ethereum
Harga GPU dari AMD masih tinggi

Ini semua mungkin bisa berubah dengan diluncurkannya GPU berbasis Vega yang akan datang, tapi kami masih sempat menunggu berita terbaru sebelum semua hal tersebut terjadi. Sementara itu, perusahaan juga kini terus meningkatkan portofolio produk pertambangan mereka. Contohnya, EVGA sekarang bergabung dengan orang-orang seperti Asus, Biostar, Sapphire, dan Zotac dalam mengembangkan GPU yang ditargetkan khusus pada penambang kriptocurrency.

Nah, jika anda memang menginginkan alternatif lain selain rig pc gaming dengan budget terbatas, PS4 atau Xbox one bisa menjadi pilihan lain yang lebih ideal. Apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih baik, walaupun anda tentu tidak bisa memakai hal-hal lain selain khusus untuk gaming. Jika anda tertarik, anda bisa melihat mengunjungi situs ini untuk sekedar melihat daftar terbaru dari konsol PS4 dan Xbox.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com