Cara Mudah Membuat Partisi Pada Windows 10

Cara Mudah Membuat Partisi Pada Windows 10

Tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk membuat partisi pada Windows, apalagi pada Windows 10 yang terhitung masih baru untuk kebanyakan orang. Sebagai contoh, katakanlah anda anda berhasil menginstal Windows 10 di komputer, langkah selanjutnya adalah membuat partisi pada harddisk sehingga anda dapat memanfaatkan ruangnya dengan lebih efisien.




Nah, jika anda tidak tahu bagaimana cara untuk membuat partisi pada Windows 10, berikut adalah cara sederhana untuk melakukan proses tersebut. Cara terbaik untuk membuat partisi di Windows 10 adalah dengan menggunakan sistem operasi built-in yang disebut ‘Disk Management, dimana fitur ini juga hampir sama dihadirkan pada sistem operasi Windows sebelumnya dengan bantuan tool baris perintah ‘DISKPART’.

Tutorial ini menunjukkan bagaimana anda dapat dengan mudah membuat partisi menggunakan ‘Manajemen Disk’ saat menggunakan Windows 10.

Berikut adalah langkah-langkah Cara Membuat Partisi Pada Windows 10

  • Pertama, Log on ke PC Windows 10 anda dengan akun administrator. (Proses pembuatan partisi membutuhkan hak istimewa administratif di komputer.)
  • Setelah login, klik ikon File Explorer dari taskbar.

  • Dari panel kiri (panel navigasi) jendela File Explorer yang dibuka, klik kanan ‘This PC‘.




  • Disini anda akan lihat beberapa pilihan pada menu konteks, klik opsi Manage.
  • Computer Management akan terbuka, lihat disebelah panel kiri kemudian klik Disk Management dari bawah kategori Storage.
  • Dari panel kanan, klik kanan area hard disk drive yang tidak terisi. Biasanya ditunjukan oleh tulisan unallocated(artinya disk tersebut masih belum diformat sebagai bentuk partisi).
  • Dari menu konteks, klik Create Simple Volume.

  • Pada halaman Welcome dari kotak New Simple Volume Wizard, klik Next.
  • Pada halaman Specify Volume Size, anda akan melihat ketersediaan ukuran volume sederhana di kolom MB, tentukan jumlah ruang yang ingin ditetapkan untuk partisi baru ini. (Pastikan untuk menentukan ruang dalam megabyte, contohnya 10240 MB untuk 10 GB. 1 GB = 1024 MB.)

  • Kemudian Klik Next untuk melanjutkan.
  • Pada halaman Assign Drive Letter atau Path, tinggalkan semuanya seperti untuk apa adanya, dan klik Next.

  • Pada halaman Partisi Format, pilih pengaturan preferensi default (Jika Anda tidak yakin harus memilih apa, biarkan pengaturan default tetap utuh.)

  • Klik Next untuk melanjutkan.
  • Pada halaman Completing the New Simple Volume Wizard, klik Finish untuk membuat partisi baru di harddisk drive.

Sedikit catatan : Jika Anda telah menetapkan keseluruhan ruang hard drive ke drive C: pada saat menginstal Windows 10, maka tidak akan ada ruang yang tidak terisi tersisa di hard disk drive. Jika ini terjadi dan anda masih ingin membuat partisi baru, maka anda bisa mengecilkan drive C: dengan mengklik kanan, kemudian pilih opsi Shrink Volume, dan mengikuti petunjuk di layar untuk membebaskan beberapa ruang dan untuk mendapatkan area yang tidak dapat dialokasikan.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “Cara Mudah Membuat Partisi Pada Windows 10

Comments are closed.