Hadirnya 3D Xpoint Dari Intel Akan Mengubah Masa Depan

INTEL baru saja merilis jenis baru memori komputer yang dipercaya sebagai fundamental yang akan mengubah cara dunia dalam membangun komputer. Tapi saat ini, media tidak akan diberitahu secara pasti apa yang ada di dalamnya.

Perusahaan ini memanggilnya sebagai 3D Xpoint  dan pekan ini, Intel akhirnya akan mendorongnya ke pasar dengan generasi pertama yakni Intel® Optane ™ SSD DC P4800X Series dan Intel® Optane ™ SSD DC P4800X. Sederhananya, anda bisa memikirkan teknologi baru ini sebagai sebuah blok bangunan komputer yang dapat melayani lebih dari satu tujuan.

Teknologi terbaru ini bisa mengubah cara mesin dibangun, terutama perusahaan besar yang bergerak di bidang internet seperti Google, Facebook, dan Amazon. Dan kenyataan bahwa perusahaan-perusahaan sekarang sedang membangun mesin dalam skala besar. Sehingga, mereka akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari teknologi baru Intel.

Bagaimana cara 3D Xpoint Bekerja

Secara tradisional, komputer disimpan data dalam dua cara. Mereka disimpan sebagian besar pada hard drive, yang bisa menampung sejumlah besar informasi dalam jangka waktu yang lama. Tetapi komputer juga menggunakan sistem memori yang terpisah yang disebut DRAM, dimana ia digunakan juga untuk menyimpan data yang mereka butuhkan saat ini. DRAM  jauh lebih cepat, tapi itu juga lebih mahal. 3D Xpoint

Banyak perusahaan secara online terus tumbuh, dan perusahaan-perusahaan ini selalu membutuhkan cara yang lebih cepat dan lebih murah untuk menyimpan sejumlah besar data. Selama beberapa tahun terakhir, mereka sudah bergerak di luar hard drive yang secara signifikan mereka mulai beralih pada Solid State Drive atau SSD. Tapi, ternyata drive ini tidak cukup cepat dalam beberapa kasus, sehingga mereka kini memiliki generasi baru yang bisa mendorong sejumlah besar data ke dalam memori. 3D XPoint merupakan jawaban dari teknologi terbaru SSD yang diklaim Intel, ia akan mampu memiliki kecepatan 1.000 kali lebih cepat dari flash dan dapat menyimpan 10 kali lebih banyak data dari DRAM.

3D Xpoint

Pada hari Minggu kemarin, Intel merilis produk 3D XPoint generasi pertama, perangkat penyimpanan yang dipasarkan dengan nama Optane. Ini dapat menggantikan hard drive atau SSD flash. Dan perangkat ini memiliki kinerja lima kali lebih cepat dari SSD  biasa, bukan  1.000x, itu karena interface standar yang menghubungkan drive ke seluruh mesin. Dan secara bertahap, Intel akan menawarkan produk-produk ini langsung ke jantung mesin, menghapus berbagai kemacetan, dan akan dimulai pada semester kedua tahun ini.

Intel sebelumnya telah berbicara tentang memori 3D XPoint dan SSD yang berbasis Optane serta tolok ukur, dimana keduanya bertujuan untuk menjadi bagian dari kerangka untuk masa depan. Teknologi memori 3D XPoint memiliki 1000x daya tahan daripada NAND flash dan 10 kali lebih padat dan bisa 1000x lebih cepat.




Semua perangkat berbasis Optane akan menampilkan struktur titik berbagai lintas, yang terdiri dari konektor tegak lurus yang menghubungkan sekitar 128 Miliar sel memori (16 Gigabytes per chip). Metode “3D” ini merupakan salah satu alasan mengapa perangkat berbasis Optane memiliki 10x kali kepadatan pada solusi konvensional, dan ini merupakan salah satu perubahan terbesar dalam teknologi. Dan ketika itu terjadi, orang-orang seperti Google dan Facebook kemungkinan besar benar-benar bisa membangun jenis baru dari sistem-sistem yang dapat menyimpan data dalam memori dimasa depan.

Baca juga :



;

Comments

Related Posts