Jepang Akan Rilis Superkomputer Terbaru Untuk Saingi Tiongkok Dan AS

Jepang Akan Rilis Superkomputer Terbaru Untuk Saingi Tiongkok Dan AS

Negara Jepang kini ikut meramaikan perlombaan untuk membangun komputer tercepat di dunia bersama dengan China dan AS, dimana kedua negara ini sudah berpartisipasi sebelumnya. Negeri sakura ini akan membangun super komputer tercepat didunia dengan akan menghabiskan biaya sekitar ¥ 19,5 Miliar ($ 173 Juta) untuk membangun mesin yang sangat cepat yang dapat mencapai kecepatan 130 Kuadriliun kalkulasi per detik.




Sebuah superkomputer merupakan komputer dengan komputasi kinerja tingkat tinggi jika dibandingkan dengan komputer untuk tujuan umum. Kinerja superkomputer diukur dalam operasi floating-point per detik (FLOPS) bukannya juta instruksi per detik (MIPS). Pada 2015, ada superkomputer yang dapat melakukan hingga quadrillions FLOPS. 

Motif utama dari superkomputer secara komersial akan menciptakan lapangan kerja di Jepang dan mendominasi industri. Hal ini juga akan digunakan oleh raksasa industri yang bekerja pada industri robotika, mobil otonom, dan kebutuhan perangkat medis yang lebih modern dengan remunerasi.

Satoshi Sekiguchi, direktur umum dari Japan National Institute of Advanced Industrial Science & Technology(AIST) mengatakan bahwa “Tidak ada yang begitu cepat sejauh yang kami tahu, maka kami akan membangun segala kemungkinan”

superkomputer terbaru
Daftar negara yang memiliki superkomputer diseluruh dunia (wikipedia.com)

Sebagai mana kita tahu, daftar pesaing dari teknologi super komputer cukup besar dalam perlombaan superkomputer dengan posisi peringkat atas didominasi oleh AS dan China dengan 171 sistem yang menyumbang dua pertiga dari daftar ini. Lalu hadirnya Jerman dengan 32 sistem berada diperingkat ketiga, termasuk 27 sistem Jepang yang sebelumnya, diikuti oleh Perancis dengan 20 sistem, dan Inggris dengan 17.



superkomputer terbaru
Superkomputer terbaru dari Nvidia

Dan baru-baru ini, beberapa bulan sebelumnya, NVidia mengungkapkan bahwa mereka merilis superkomputer DGX-1, yang diklaim perusahaan tersebut sebagai mesin AI yang pertama di dunia. Biaya mesin ini berharga $ 129.000 atau sekitar 2 miliar, dimana ia bisa  memberikan puncak kinerja hingga 17 petaflops dan akan memberikan kemudahan untuk fasilitas sepertu rumah sakit dan universitas yang melibatkan dan mengeksplorasi AI. Melihat kompetisi, tampaknya bahwa Jepang mungkin memiliki waktu yang sulit untuk mendapatkan posisi memimpin dalam lomba.

 

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com