Thermal Paste
- Hardware, Prosesor, Tutorial

Cara Efektif Untuk Menerapkan Thermal Paste Pada Prosesor

Entah apakah anda sedang membangun PC atau meng-upgrade CPU, untuk membuatnya lebih dingin , anda harus menerapkan beberapa pasta termal baru untuk prosesor. Hal ini juga dikenal sebagai TIM: Thermal Interface Material. Termal pasta sangat penting untuk disipasi panas dari die pada CPU dan heatsink Anda.




Bagaimana menerapkan pasta termal untuk CPU

Jika anda menerapkan termal paste terlalu sedikit atau tidak rata, Anda mungkin melihat beberapa core CPU berjalan lebih panas daripada yang lain. Demikian pula jika ada terlalu banyak thermal paste, Anda mungkin menderita gelembung antara CPU dan heatsink, yang bisa menciptakan kantong panas.

Sebelumnya, banyak orang mengatakan bahwa metode “Spread” menghasilkan suhu CPU terendah. Namun, karena heatsink dan bahkan CPU terintegrasi dengan Heat Spreader (IHS – bagian logam di atas CPU), hal tersebut tidak menjadi datar sempurna, kesenjangan mikro antara heatsink dan CPU membuat pembuangan panas yang kurang efisien melalui metode penyebaran.

Perlu dicatat juga bahwa berbagai pasta termal yang berbeda akan membutuhkan aplikasi yang berbeda. Misalnya, Coollaboratory Liquid Ultra Paste Thermal diterapkan dengan menerapkan lapisan yang sangat tipis pada prosesor (atau CPU bisa mati ). Namun, umumnya Anda akan menemukan pasta termal yang memiliki komposisi sama.

Bagaimana menerapkan pasta termal untuk CPU

Pertama, hapus termal pasta sebelumnya

Jika Anda memiliki komputer baru, langkah ini akan tidak relevan karena Anda tidak memiliki pra-thermal paste diterapkan pada prosesor sebelumnya. Namun, jika Anda sebelumnya memiliki thermal paste yang telah diterapkan pada prosesor, Anda harus ingin membersihkannya sebelum melanjutkan.

Pertama bersihkan pendingin CPU prosesor dan bersihkan CPU  dengan menggunakan kain atau handuk kertas. Setelah Anda menghapus sebagian besar termal paste, Anda perlu sepenuhnya menghapus residu yang ditinggalkan, dengan menggunakan pembersih khusus atau alkohol. Untuk melakukan ini, oleskan beberapa tetes alcohol pada handuk kertas atau kain dan kemudian gosok secara perlahan dalam gerakan melingkar pada prosesor atau pendingin anda. Proses ini secara perlahan-lahan akan membersihkan prosesor, mengakibatkan IHS bersih. Jika ada residu termal pasta. Anda juga dapat melakukan metode yang sama untuk membersihkan heatsink CPU. Setelah proses pembersihan selesai, anda dapat pindah dan menerapkan thermal paste baru.

Metode garis vertikal

Thermal Paste

CPU Intel dan AMD umumnya memiliki die persegi panjang di bawah IHS, yang berarti metode garis vertikal umumnya menghasilkan suhu CPU terendah. Melalui pengalaman, kami menemukan bahwa CPU Intel berjalan lebih panas dari inti tertentu yang dekat dengan iGPU dalam prosesor.

Thermal Paste

Agar sesuai untuk menerapkan metode garis vertikal pada prosesor, remas secara lembut pasta jarum suntik termal agar hanya jumlah kecil yang keluar. Kemudian tarik jarum suntik ke bawah hingga membentuk garis vertical.

Metode Garis X




Anda bisa memakai metode ini dengan cara membuat huruf X pada CPU. Cara ini juga cukup efektif yang bisa menjaga Disipasi panas secara merata. Untuk melakukannya, buatlah sebuah huruf X yang merata mulai dari Atas hingga kebawah pada CPU, juga sebaliknya, jangan terlalu menekan pasta.

Thermal Paste

Kedua metode diatas kebanyakan akan memberikan hasil yang efektif yang bisa menjaga tingkat suhu anda untuk tetap dingin, apalagi jika prosesor anda didukung dengan kualitas Heatsink yang berkualitas.

Baca juga:



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat