Intel Tanggapi Kehadiran AMD Ryzen dengan CPU Terbaru Dan Turunnya Harga Kaby Lake

Ketika AMD tengah bersiap-siap untuk menggelar debutan terbaru prosesor Ryzen, dimana banyak dinantikan semua pihak yang memiliki fitur menjanjikan secara signifikan, baik itu dalam peningkatan kinerja yang tidak hanya melewati garis prosesor AMD sebelumnya, tetapi juga sebanding dengan prosesor Intel yang terbaik yang saat ini ditawarkan. Tetapi ternyata Intel tidak begitu saja ingin mengalah atau tidak memiliki fitur baru lagi yang ingin ditampilkan, karena mereka secara diam-diam akan memiliki versi baru dari prosesor Intel Kaby Lake.




AMD akan merilis sejumlah CPU baru mulai dari versi quad-core dengan empat benang hingga versi octa-core dengan 16 thread yang diperkirakan akan hadir awal maret bulan depan. Dimana beberapa dari mereka tidak akan dirilis secara bersamaan.

Kaby Lake

Sebelumnya, Intel telah meluncurkan prosesor terbaru generasi ketujuh yang diberi nama arsitektur Kaby Lake, dimana jajaran prosesor ini lebih difokuskan pada efisiensi daripada kinerja langsung. Namun, Intel tidak tinggal diam begitu saja dalam menghadapi rilis dari AMD mengenai prosesor Ryzen terbarunya ini.

Menurut Canard PC, penerbit dari Perancis yang dikutip dari Digital Trends, Intel berencana akan menyesuaikan harga prosesor Kaby Lake ke titik yang lebih rendah daripada sebelumnya dan mereka akan mengeluarkan beberapa versi terbaru dari jajaran prosesor ini untuk menanggapi kehadiran Ryzen. CPU terbaru ada kemungkinan dikhususkan untuk Intel Core i7 dan Core i5 Kaby Lake, seperti:

  • Intel Core i7-7740K, 4.3GHz dengan Turbo Boost hingga 4.6GHz, termal desain power rating dari 100W, dan dengan 8MB L3 cache.
  • Intel Core i5-7640K, 4.0GHz, TDP 100W atau lebih, 6MB L3 cache, dan dukungan untuk Hyperthreading. Prosesor ini akan menjadi yang pertama bagi chip Core i5 terbaru, yang biasanya tidak memiliki Hyperthreading diaktifkan.

AMD belum mengumumkan harga resmi untuk barisan CPU Ryzen , dan kemungkinan juga jika harga ini dirilis, akan menentukan seberapa agresif Intel dalam menyesuaikan struktur biaya pada Kaby Lake. Dan, Intel akan merilis arsitektur Cannonlake generasi baru, yang akan difokuskan pada peralihan ke proses fabrikasi 10nm terbaru yang dipercepat dan walau belum ada kepastian ini akan memberikan pada peningkatan kinerja besar. Sementara itu, tampaknya Intel akan berusaha sekuat tenaga  dalam kemampuannya untuk menanggapi Ryzen karena mereka tidak mau mahkota besarnya diambil alih oleh AMD.

Walaupun kami masih tidak yakin dari CPU terbaru AMD akan dirilis tepatnya dan berapa lama AMD akan membawa perusahaan untuk mengumumkan secara resmi garis lengkap termasuk bagian tertinggi dari prosesor ini. AMD juga akan merilis arsitektur GPU Vega terbaru, yang berarti bahwa Nvidia akan memiliki kemungkinan juga menghadapi tekanan persaingan yang lebih ketat khususnya untuk High-end GPU.




Jika Anda seorang penggemar Intel atau Nvidia, maka barisan prosesor dari AMD terbaru juga akan memberikan anda rasa tenang sekarang, khususnya mengenai sisi harga yang kemungkinan besar akan turun dari prosesor Kaby Lake. Jika Anda seorang gamer PC atau siapapun yang ingin membangun sebuah mesin performa tinggi, maka Anda akan memiliki alasan yang baik untuk menjadi sangat bersemangat. Bahkan jika Ryzen tidak sebagus yang diharapkan, kehadiran di pasar ini akan memaksa Intel dan Nvidia untuk menjadi lebih agresif dalam meluncurkan perbaikan didiri mereka sendiri, khususnya soal penyesuaian harga.

Baca juga :

 



Comments