Ulasan Singkat AMD Ryzen 1700X : Kinerja Multi-Thread Yang Menakjubkan

Ulasan Singkat AMD Ryzen 1700X : Kinerja Multi-Thread Yang Menakjubkan

Ryzen 7 1700X  juga telah resmi hadir, dimana prosesor ini merupakan prosesor High-end kedua tertinggi  1800X dan memiliki perbedaan harga 1.5 jutaan lebih murah.  Namun,  1700X  menawarkan kinerja yang hampir sama dengan kakaknya, termasuk karakteristik tweaking yang sangat mirip.




Sebelumnya, review Ryzen 7 1800X menawarkan kinerja multi-thread yang luar biasa. Sementara platform baru ini mungkin memiliki satu atau dua hal yang perlu diperbaiki, tapi tetap saja seri ini sangat menggiurkan ketika nilai harga yang ditawarkan sesuai dengan kinerja yang dihasilkan, bahkan sangat mengesankan.

Mari kita Lihat Ulasan singkatnya 

Spesifikasi

Prosesor ini memiliki 8-core (16 thread) yang berdasarkan arsitektur yang lebih efisien dan dioptimalkan pada teknologi proses FinFET 14 nanometer dimana keluarga “Summit Ridge”  dari Zen ini  menggunakan socket AM4 yang terpadu.  Prosesor Ryzen seri 7 dengan delapan core memiliki nilai harga yang menarik dikombinasikan dengan peningkatan IPC kira-kira 52%. 1700X  juga memiliki turbo dan basis clock memiliki rentang 200 MHz lebih rendah dibandingkan dengan 1800X dengan frekuensi turbo hingga 3,80 GHz.

Update terbaru : AMD Ryzen Kini Semakin Sempurna Untuk Gaming Setelah Update Terbaru

Berikut dibawah ini tabel spesifikasi lengkapnya :

FAMILYAMD Ryzen™
LINEAMD Ryzen™ 7
MODELAMD Ryzen™ 7 1700X
PLATFORMDesktop
Product IDYD170XBCAEWOF
TOTAL L1 CACHE768 KB
TOTAL L2 CACHE4 MB
TOTAL L3 CACHE16 MB
UNLOCKEDYes
CMOS14nm
PACKAGEAM4
# OF CPU CORES8
# OF THREADS16
BASE CLOCK SPEED3.4 GHz
MAX TURBO CORE SPEED3.8 GHz
TDP95 W
MEMORY INTERFACEDDR4
MEMORY CHANNELS2
AES SUPPORTYes
FMAFMA3
AVXAVX2
AMD VIRTUALIZATIONYes
XFRYes
AMD SENSEMI TECHNOLOGYYes
HARGARp.5.200.000

Anda akan menyadari bahwa beberapa model terakhir pada prosesor ini berakhir dengan kode  X, sementara yang lainnya tidak. Penjelasannya cukup sederhana, model X memiliki fitur sedikit lebih istimewa dalam arti bahwa mereka akan memiliki basis yang lebih tinggi dan mampu meningkatkan frekuensi clock serta peningkatan jangkauan XFR.

1700X
Barisan prosesor terbaru Ryzen yang dirilis

1700X  memiliki Cache dengan total  jumlah 20 MB (untuk prosesor 8-core) yang terbagi antara  cache L2 dan L3.  Bagian 8-core ini dibagi dengan dua unit CCU empat core alias Summit Ridge yang memiliki ukuran L1 cache data 32 KiB, sebuah ukuran cache instruksi L1 dari 64 KiB , kemudian ukuran cache L2 dari 512 KiB per core. Sehingga total yang didapatkan adalah  8 x 512 KB (L2) + 2 x 8 MB (L3) = 20 MB untuk  total cache.



1700X
Sumber referensi : guru3d.com

L2 dan L3 cache serupa dalam ukuran yang dihadirkan pada prosesor Intel Core i7-6900K. Prosesor ini memiliki dual channel DDR4 dukungan (up-to 3200MHz), AVX2, AES, FMA3, AMD-V SSE 4.1 dan 4.2 set instruksi, dll. Ryzen dibangun dengan fab simpul 14nm FinFET, ini sangat membantu dalam keuntungan dengan kinerja dan daya konsumsi.   

AMD SenseMI Suite

AMD adalah menerapkan teknologi yang akan memastikan bahwa prosesor ini menjalankan aplikasi secara efisien dan optimal. Sebagai contoh, hadirnya teknologi SenseMI, yakni seperangkat penginderaan dan mampu mengadaptasi teknologi, termasuk jaringan buatan dalam setiap “Ryzen” prosesor untuk mengantisipasi keputusan masa depan, instruksi preload, dan memilih jalan terbaik melalui CPU.

AMD juga memperkenalkan interkoneksi baru yang disebut AMD Infinity Fabric. Ini adalah cara baru dan cepat untuk menghubungkan berbagai bagian dalam SoC. Infinity Fabric tidak hanya digunakan dalam prosesor RYZEN, tetapi juga kemungkinan besar akan hadir pada (Vega) AMD GPU dan (hampir) semua chip AMD lainnya yang akan hadir dalam waktu dekat. Infinity Fabric memungkinkan untuk memiliki koneksi yang lebih cepat dan lebih baik aman dalam sebuah chip.

Menurut AMD, CPU ini dilengkapi dengan ratusan sensor yang bisa untuk memonitor suhu, tegangan dan konsumsi daya dari semua segmen chip. Melalui koneksi sensor Infinity Fabric ini semua terhubung ke unit kontrol pusat, Unit Manajemen Sistem Infinity.  Dengan jaringan yang sama, sensor akan terus memantau berapa banyak ruang yang ada tersisa untuk kinerja ekstra, bagian chip yang dapat secara mandiri disesuaikan satu sama lain. frekuensi clock dalam hitungan detik dapat diubah dalam langkah 25 MHz.

Untuk memahami eufemisme pada SenseMI, segala sesuatu di dalam prosesor bekerja heterogen dan dioptimalkan. Jadi Anda mendapatkan frekuensi dorongan tepat yang bisa dicocokkan dengan manajemen daya. Sederhananya,  dengan hadirnya teknologi SenseMi, sebuah prosesor akan melakukan banyak analisis dan prediksi cerdas berdasarkan beban kerja di tangan.

Dan dampaknya, hasilnya yang didapatkan bisa lebih cepat. Ini akan menganalisis beban kerja dan bisa beradaptasi serta mampu untuk mengoptimalkan kinerja berdasarkan itu. Keuntungan besar dalam RYZEN IPC (sekarang dinilai pada peningkatan IPC 52% lebih pada gen terakhir), kinerja dapat ditemukan, dengan prediksi cabang yang jauh lebih baik.

Pure Power

Arsitektur Zen ini mempekerjakan array 1000 sensor yang akurat untuk 1mA, 1mV, dan 1 ° C. Fitur Pure Power mampu memonitor suhu, tegangan, serta arus, dan memungkinkan penyesuaian real-time.
hosting
Terutama ini untuk menyesuaikan pengaturan tegangan dan frekuensi dalam hal kinerja yang optimal. AMD juga mencatat fungsi ini membantu mengelola fitur cache yang spekulatif dan prediksi cabang berbasis AI.

Precision Boost

Precision Boost menyesuaikan kurva daya / kinerja untuk pengaturan yang optimal dalam lingkungan operasi, seperti Intel Turbo Boost. Di Ryzen 7 1800X, misalnya, Precision Boost ini mampu meningkatkan frekuensi dasar 3,6 GHz menjadi 3,7 GHz di semua core, dan dapat mendorong dua core hingga 4 GHz.  Berbeda halnya dengan teknologi Intel Turbo Boost yang bervariasi antara clock rate berdasarkan jumlah core aktif.

XFR   

Fitur eXtended Frequency Range ini memungkinkan prosesor untuk secara dinamis menyesuaikan clock rate-nya di atas jam saham dan Precision Boost berdasarkan headroom termal yang tersedia.

Teknologi XFR akan secara otomatis meningkatkan Ryzen 7 1700X dengan  Precision Boost lebih dari 100 MHz jika solusi pendinginan anda bisa menjaga CPU berjalan di bawah ambang batas tertentu.

XFR menggunakan lebih dari 100 + sensor dalam sistem dan dapat meningkatkan frekuensi di atas spesifikasi yang tersedia. Sehingga teknologi ini akan memberikan dorongan berdasarkan pendinginan yang tepat dan variabel seperti prosesor Binning.

Mari kita lihat Hasil Uji Benchmark pada Prosesor Ini.

Syntetic & Application Benchmark

Cinebench adalah platform test suite yang sering dipakai untuk mengevaluasi kemampuan kinerja komputer yang sangat handal. Skenario uji pada software ini menggunakan semua kekuatan pemrosesan sistem untuk membuat adegan 3D fotorealistik .

Adegan tes ini berisi sekitar 2.000 objek yang pada gilirannya akan berisi lebih dari 300.000 poligon secara total, dan menggunakan refleksi yang tajam dan blurred reflections, area lights, shadows, procedural shaders, antialiasing, dan banyak lagi. Hasilnya ditampilkan dalam poin (pts). Semakin tinggi angka, semakin cepat prosesor.

Lalu ada tes Video Transcoding, dimana transcoding video cocok untuk sistem yang memiliki lebih banyak core CPU. Encoding / transcoding ke format x.264 adalah salah satu tugas prosesor yang paling intensif untuk bisa dilakukan. Dengan hasil semakin cepat yang bisa didapat dan transcode semakin baik hasil dari sebuah perosesor.

Hasil Benchmark Via guru3d.com :

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”7″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”1200″ gallery_height=”800″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”5″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Hasil Benchmark Via Techspot :

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”2″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”1200″ gallery_height=”800″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”5″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Hasil yang didapat prosesor Ryzen 7 1700X sangat mengesankan untuk kinerja multimedia, dimana ia bisa berada didaftar urutan teratas berada dibawah 1800X dan prosesor High-end Intel.  Sebagai contoh, hasil Cinebench dari kedua situs review menunjukan bahwa 1700X berada diurutan teratas dibawah 1800X berturut-turut.

Gaming Benchmark

Hasil Benchmark Via guru3d.com :

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”8″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”1200″ gallery_height=”800″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”5″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Hasil Benchmark Via Techspot :

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”4″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”1200″ gallery_height=”800″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”5″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Sama seperti halnya yang terjadi pada kinerja gaming untuk 1800X sebelumnya, prosesor AMD Ryzen ini tidak bisa menyaingi kinerja Intel walaupun memiliki hasil tidak terlalu buruk, khususnya untuk gaming 1080p, berbeda hasilnya ketika hasil uji coba pada resolusi yang lebih tinggi. Skor yang dihasilkan sangat berbeda dengan kemampuan untuk aplikasi multimedia. Beberapa situs melaporkan bahwa besar kemungkinan untuk hasil gaming yang jauh berbeda dengan prosesor Intel karena Bios motherboard untuk Ryzen terlalu tua untuk menghasilkan kinerja gaming yang nyata(khusus untuk gaming 1080p). Dan AMD kemungkinan besar akan merilis patch terbaru untuk memungkinkan kinerja gaming bisa lebih baik dan bersaing dengan Intel.

Overclocking Benchmark

Hasil Benchmark Via guru3d.com :

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”9″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”1200″ gallery_height=”800″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”5″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Dengan hadirnya fitur overclok pada prosesor ini, terbukti bahwa kinerja yang dihasilkan sangat mengesankan. Prosesor ini mampu dioverclock hingga 4.0 Ghz tanpa banyak kendala, dan memiliki kinerja yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, apa yang terbaik yang dihadirkan pada Ryzen 7 1700X adalah  kinerja per inti yang sangat baik dan kinerja realistis keseluruhan yang menakjubkan. Apalagi jika dikombinasikan dengan High-turbo frekuensi, prosesor ini akan bersinar terang. Prosesor ini sangat cocok bagi anda yang bekerja dengan aplikasi berat seperti pekerjaan multimedia dan editing video.




Sedangkan untuk kinerja gaming secara keseluruhan sangat baik walaupun ada kendala pada pengalaman gaming dengan resolusi 1080p, dan berbeda hasilnya ketika uji coba gaming dengan resolusi lebih tinggi dimana prosesor ini bisa bersaing ketat dengan Intel. Dan kita pasti dan sangat menunggu perbaikan sisi ini dari AMD secepatnya.

Masih ada kesempatan untuk platform terbaru dari AMD untuk memperbaiki masalah ini, karena terhitung masih muda dan segala sesuatu masih baru mengenai Ryzen. Prosesor tentu cukup cepat dibandingkan dengan Intel 59xx / 69xx. Kami akan mengawasi ini dan ketika kami harus melaporkan berita terbaru mengenai hal ini khususnya tentang kinerja gaming, kami akan memperbarui konten ini.

Update terbaru : AMD Ryzen Kini Semakin Sempurna Untuk Gaming Setelah Update Terbaru

Baca juga :






Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com