Segala hal yang perlu kita ketahui tentang Windows 10 Creator Update Part 1

Segala hal yang perlu kita ketahui tentang Windows 10 Creator Update Part 1

Windows 10 Creator Update yang juga dikenal sebagai Redstone 2 akan hadir pada bulan April 2017. Sebelum kita memasuki sesuatu yang benar-benar baru yang akan hadir untuk Windows 10 ini, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang update besar ini.




Aplikasi 3D Paint terbaru


Update terbaru ini juga akan menghadirkan aplikasi 3D untuk Paint terbaru yang memungkinkan kita untuk bekerja dalam penciptaaan model 3D. Anda dapat memindai obyek dengan smartphone yang bisa menggunakan ” Windows Capture 3D Experience ” dan kemudian mengeditnya dalam aplikasi Paint 3D. Penguna smartphone seperti WIndows Phone, Android maupun IOS bisa menggunakan fitur ini.

Augmented Reality dan Virtual Reality Headset yang lebih Mainstream

Creator update

Mixed Reality-yang mencakup Augmented Reality, Virtual Reality, dan Holographic merupakan fokus besar lain dari Microsoft. Dimana hal tersebut akan bekerja bergandengan tangan dengan dukungan 3D pada update ini sehingga akan memudahkan pengguna yang bekerja dengan hal tersebut tanpa harus mengalami kesulitan yang lebih rumit.

Anda bisa menciptakan ruang khusus dalam realitas virtual dan menghiasnya dengan furnitur dan aplikasi Anda sendiri, seolah anda berada didalam ruangan tersebut. Ada juga aplikasi baru yang disebut HoloTour, yang memungkinkan kita untuk menjelajahi lokasi di seluruh dunia dengan menggunakan virtual reality.

Microsoft Edge juga nantinya sudah memiliki dukungan untuk WebVR, standar baru yang akan memungkinkan situs web dalam memberikan pengalaman virtual reality, seperti aplikasi desktop.

Fitur Baru : Night Light

Creator update
Sumber gambar : www.howtogeek.com

Windows 10 sekarang memiliki fitur “ Night Light “, yang awalnya dikenal sebagai “Blue Light“. Night Light memungkinkan pengguna membuat suhu warna hangat pada malam hari sehingga lebih bersahabat pada mata anda dan lebih mudah untuk tidur setelah menggunakan komputer, teorinya. Banyak sistem operasi telah menambahkan fitur ini akhir-akhir ini, seperti iOS dengan Night Shift.

Game Mode dan Game Settings

Windows 10 akan memiliki fitur “Game Mode” yang diklaim bahwa ini akan meningkatkan kinerja game baik yang menggunakan platform aplikasi UWP (Windows Store) dan platform aplikasi lebih tua yakni Win32 (desktop).

Creator update

Fungsi Game Mode ini adalah mengutamakan permainan yang anda mainkan, memberikan lebih banyak sumber daya sistem, sehingga permainan anda akan diberikan lebih banyak core CPU dan proses latar belakang yang lebih sedikit. Dan ini akan bekerja lebih baik jika anda membeli game dari aplikasi Windows Store, tapi Microsoft mengatakan masih akan melakukan sesuatu untuk Win32 tradisional (Windows desktop) game.

Selain itu, fitur-fitur ini sekarang jauh lebih mudah diakses, dimana pengaturan game terkait sekarang tersedia di Settings> game. Anda tidak lagi harus membuka aplikasi Xbox dan anda tinggal  masuk dengan akun Microsoft untuk menonaktifkan Game Bar atau fitur Game DVR.

Game Broadcasting untuk Windows 10 dan Xbox One

Creator update

Kegiatan merekam video gameplay di latar belakang dan meng-upload ke layanan sosial akan menjadi lebih mudah, karena nantinya akan ada tombol “Broadcast” pada update terbaru Creator ini. Namun, fitur ini hanya bisa streaming ke layanan Microsoft Xbox Live. Alangkah lebih baiknya jika Microsoft bisa mendukung layanan untuk Twitch dan YouTube sangat populer di PC.

Perbaikan Lainnya





Selain itu, dalam Big update terbaru yang dibungkus dalam Creator Update nantinya juga akan hadir fitur perbaikan untuk pengalaman gaming yang lebih baik.Microsoft sekarang sudah bermitra dengan Dolby untuk membawa dukungan suara yang lebih baik untuk PC dan Xbox One. Anda bahkan tidak perlu hardware mahal yang mendukung Atmos-Windows 10 , dimana ini memungkinkan kita untuk membuat suara virtual Dolby Atmos yang “hampir dengan sepasang headphone dekat dengan telinga kita.

Creator Update
Sumber gambar : www.howtogeek.com

Selain itu, game yang anda unduh dari Windows Store juga sudah berisi driver display yang telah dibundel, sehingga memastikan kita untuk selalu memiliki driver yang dibutuhkan minimum untuk permainan yang lebih baik.

Fitur Game Bar juga kini sudah mendukung banyak game dengan layar penuh, termasuk Fallout 4, Dark Souls 3, Overwatch, Starcraft II, The Witcher 3: Wild Hunt, dan Terraria. Untuk aplikasi Xbox , anda akan mendapatkan dukungan turnamen kustom. Dimana anda bisa membuat  sebuah turnamen dan teman Anda dapat bergabung, bermain di kedua Xbox One atau Windows 10 PC secara bersamaan.

Fitur lain yang akan hadir juga termasuk Windows Display Driver Model 2.2 (WDDM 2.2), yang kabarnya dirancang untuk virtual, tambahan fitur baru, dan campuran skenario realitas. Dan nantinya pada Windows 10 Creator update juga akan menampilkan dukungan untuk HDR dan dukungan gamut warna yang lebar untuk game PC dan media.




Nah, saran untuk anda bagi pengguna Windows 10, sebaiknya siapkan dukungan internet yang sangat baik, karena nantinya update ini bisa memakan kapasitas hardisk yang cukup besar.

Tunggu bagian kedua mengenai artikel Windows 10 Creator Update ini.

Baca juga : 






Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com