Update Terbaru Windows 10 Ternyata Bisa Menyebabkan Masalah Pada Pengguna

Microsoft secara diam-diam telah meng-update software yang dirilis pekan lalu, dimana update tersebut ternyata secara efektif mencegah pengguna Windows 10 untuk tetap terhubung ke koneksi Internet atau bergabung dengan jaringan lokal.  Dan update ini memecahkan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), mencegah Windows 10 untuk bisa secara otomatis memperoleh alamat IP dari jaringan.

Beberapa pengguna Windows 10 baru-baru ini melaporkan bahwa mereka kesulitan dalam menghubungkan perangkat mereka ke Internet setelah mereka meng-update Windows 10 . Dan ternyata pelakunya diduga adalah  pembaruan KB3201845 pada tanggal 9 Desember yang lalu.




Seperti contohnya, seorang pengguna melaporkan bahwa Windows 10 di perangkat komputernya memberitahu bahwa pengguna tersebut harus memperbarui sistem dengan segera dan update tersebut akan berjalan setelah perangkat reboot. Ini merupakan update kedua dalam waktu hanya kurang dari satu minggu. Ternyata, update terbaru ini merupakan perbaikan kesalahan besar yang mungkin (atau tidak) telah digulirkan pada awal bulan ini.

Dan memang tampaknya hal yang tidak mungkin bagi sebuah perusahaan besar seperti Microsoft melakukan kesalahan besar. Namun, Woody Leonhard, seorang analisis di InfoWorld, mengatakan masalah koneksi yang terjadi dan menyebabkan internet menjadi masalah itu memang karena Update KB32018045  beberapa hari lalu.

Bahkan pihak Microsoft telah memposting peringatan spanduk di seluruh situs untuk member dukungan bahwa pengguna Windows 10 yang memiliki masalah koneksi, adalah mereka pertama harus mencoba dan merestart perangkat mereka. Namun tampaknya dengan hanya reboot- bahkan mematikan perangkat tersebut tidak menyelesaikan masalah.

Sehingga, pihak Microsoft kini merilis update yang lebih baru yakni KB3206632, dimana mereka mengatakan bahwa update ini merupakan solusi untuk memperbaiki masalah khususnya yang berhubungan Device Platform Service yang Terhubung (CDPSVC) yang mencegah PC untuk mendapatkan alamat Internet Protocol. Karena tanpa alamat IP, sebuah komputer tidak bisa terhubung secara online.

Tapi ternyata bahwa masalah tersebut tidak menyelesaikan dengan baik dan memperbaiki semua masalah koneksi. Pengguna Windows 10 memposting lewat stus reddit, bahwa pengguna tersebut melaporkan update terbaru  KB3206332 ini ternyata masih tidak memperbaiki masalah ini.

Nah, semoga saja itu tidak benar. Namun jika Anda mengalami masalah koneksi ke Internet pada Windows 10, maka mungkin solusinya adalah mengupdate  komponen perbaikan yang tersedia. Dan tentu saja, anda memerlukan koneksi internet yang berfungsi untuk mendapatkan update baru.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan update terbaru secara online, hal yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah untuk mengunduh KB3206632 dari Microsoft Update Catalog baik itu melalui ponsel Android lain atau tablet yang bisa melakukan dan tetap terhubung kedalam internet dalam keadaan darurat.

Kemudian anda bisa memuat update ke PC melalui USB dan menjalankannya. Pastikan Anda men-download pembaruan yang benar untuk perangkat Anda berdasarkan pada apakah anda memiliki versi 32 atau 64-bit Windows 10.



Comments