Cloud Hosting

Membangun sebuah PC bisa menjadi sebuah proses yang rumit , terutama jika Anda tidak berpengalaman , mengingat bahwa ada setiap kombinasi yang tak berujung pada bagian yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan sistem secara bersama-sama . Ada masalah ketika memilih satu set komponen yang semuanya tidak kompatibel dengan satu sama lain , bersamaan dengan faktor-faktor lain yang perlu Anda mempertimbangkan , termasuk harga , kebutuhan dan banyak lagi.

Apakah Anda lebih suka memilih komputer desktop atau laptop , membeli PC yang siap pakai atau membangun sendiri , ada segala macam keputusan untuk dibuat . Tetapi yang paling penting dari semua hal tersebut ,tampaknya jatuh pada pilihan yang sederhana , dan hal tersebut jatuh pada pilihan AMD atau Intel .




Ketika dalam hal pemilihan  prosesor , Anda harus memilih  salah satu dari dua perusahaan besar yaitu dari : AMD dan Intel . Kedua Perusahaan ini membuat hampir semua prosesor dari  seluruh dunia, tapi . Jadi , apakah anda harus pergi dengan prosesor berbasis  AMD atau Intel CPU ketika akan membeli sebuah pc desktop atau laptop?

Nilai Harga

jika harga menjadi prioritas Anda, anda akan mengetahui bahwa prosesor AMD umumnya lebih murah daripada yang Intel. Jika Anda sedang mencari prosesor multi-core AMD biasanya harga lebih murah daripada prosesor dengan jenis yang sama dari yang Intel tawarkan. Sebagai contoh, AMD quad-core 3.9GHz A10-7870K saat terjadi sekitar sekitar $ 140, , Core i5 4440 quad-core 3.1GHz dari Intel sekitar $ 190. Dan juga  On-board graphics dari platform AMD cenderung lebih baik daripada solusi grafis dari Intel, Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa mereka adalah yang terbaik, karena prosesor Intel cenderung berjalan lebih cepat dari saingan mereka AMD . Jika Anda ingin memakai sistem high -end yang tercepat , mereka umumnya jatuh pada pilihan  Intel. Menurut data yang kami lihat, Intel mempunyai pengiriman prosesor PC tercepat saat ini dan yang pertama dengan delapan core . contohnya Chip Core i7-5960X Extreme Edition yang ditujukan untuk gaming dan desktop dengan kinerja tinggi.

Overclocking

Kebanyakan prosesor memiliki clock speed tetap, dan biasanya ditetapkan pada tingkat yang menjamin bahwa mereka akan tetap stabil saat sedang bekerja secara optimal . Jika pengguna ingin mendapatkan performa lebih dari sebuah prosesor, mereka kadang-kadang melakukan tweak yang dikenal sebagai ” overclocking , ” yang meningkatkan kecepatan clock CPU di atas tingkat dasar .

AMD mendukung fitur overclocking yang paling konsisten dari Intel khususnya di mid-range value atau pada tingkat harga menengah ke bawah, salah satunya seri AMD A- APU . Intel juga menawarkan satu-satunya pilihan overclocking pada tingkatan tersebutnamun tidak ada pilihan selain  Pentium G3258  .

Performa Game

Game adalah salah satu kriteria di mana banyak  calon pembeli akan memilih berdasarkan criteria tersebut. AMD menawarkan banyak prosesor yang dijual sebagai APUS , yang berarti mereka menggabungkan prosesor grafis Radeon pada chip yang sama . Hal ini menawarkan nilai yang sangat baik untuk low-end gaming . Intel juga memiliki on-die grafis terintegrasi , tapi kinerjanya tidak sebagus dengan AMD Radeon .

Tapi chip prosesor AMD tidak secepat Intel , dan jika anda ingin menyeret high-end gaming . Prosesor I5 dan i7  Intel umumnya dapat mengambil keuntungan secara signifikan yang lebih baik dengan dipadukan  kartu grafis high-end jika anda mempunyai anggaran yang lebih tinggi . Perbedaan antara prosesor AMD dan Intel Core i3 atau i5 bisa mencapai  20 atau 30 frame per detik jika Anda memiliki kartu grafis high-end yang sama. Namun, tidak semua prosesor AMD tidak bekerja lebih baik dibandingkan Prosesor Intel, contohnya, Prosesor AMD FX-9590 Eight-Core yang dibanderol dengan harga kurang lebih $239.98 mampu mengungguli  Intel Core i7-4770K @ 3.50GHz yang dibanderol dengan harga $382.49.

benchmark
*sumber : cpubenchmark.net

Efisiensi daya

Dalam hal konsumsi daya, tampaknya intel jauh lebih baik dibandingkan dengan AMD. Intel Pentium G3258 , misalnya, mempunyai nilai Thermal Design Power hanya 53 watt berbeda dengan  AMD A6-7400K , dengan harga yang sama , memiliki 65  watt TDP . Ini berarti chip Intel tampil lebih baik saat menggunakan daya yang lebih kecil .

AMD dan Intel telah menjadi kompetitor selama dua dekade, dan  beberapa tahun sebelumnya,Intel memang jauh lebih unggul, Namun, jika kita melihat  akhir-akhir AMD mulai merangkak naik untuk menunjukan bahwa Platform tersebut tidak mudah dikalahkan begitu saja, apalagi ketika AMD mulai mengeluarkan prosesor multi core yang tidak kalah dengan prosesor multi core Intel, AMD mulai banyak dilirik kembali oleh para pengguna PC kelas atas,apalagi harga prosesor AMD jauh lebih murah dibandingkan dengan Intel.

Yang terakhir, semua pilihan kembali dijatuhkan kepada anda. Semua hal pasti mempunyai sisi baik dan sisi tidak baik, begitu pun dengan pilihan antara Platform AMD dengan Intel. Dan yang pasti, be a smart buyer ketika akan membeli sesuatu.



Comments

Artikel Terkait