- Hardware, Monitor, Serba-serbi, Smartphone, Software, Windows

Bekerja Hingga Malam Hari Bisa Lebih Ideal Dengan Hadirnya Software F.Lux

Software F.Lux – Kita semua mungkin tahu bahwa terkadang ketika pekerjaan belum beres, maka kita bisa mengerjakannya hingga larut malam. Namun, hal yang perlu diwaspadai saat kita bekerja di malam hari adalah kehadiran cahaya biru yang dapat menekan produksi melatonin, mencegah tubuh kita dari berliku dengan benar sebelum tidur dan membuatnya lebih sulit untuk tidur. Untuk itulah, kehadiran software seperti F.Lux bisa sangat berguna untuk hal tersebut.

Ini terutama sangat ideal bagi mereka yang sering bekerja di malam hari atau hanya suka membaca di layar sebelum tidur, dimana F.Lux bisa menjadi pengubah kebiasaan menjadi sesuatu yang menyenangkan (atau setidaknya begitu menurut saya). Ketika ada banyak software yang telah membantu mengatasi masalah ini, termasuk juga membantu dengan ketegangan mata dan pola tidur. Kehadiran F.lux mungkin yang paling penting dari kelompok tersebut, karena aplikasi ini bahkan membawa topik ke meja di antara para teknisi yang secara perlahan juga mulai mengadopsinya bertahun-tahun yang lalu.

Baca juga : Harddisk Terasa Lambat? Cobalah Auslogics Disk Defrag Free Software

Jadi, Seperti Apa Sih Kegunaan Utama Software F.Lux ini?

Cahaya yang berasal dari layar komputer dan ponsel biasanya memiliki efek nyata pada sistem yang mereka katakan sebagai circadian manusia, terutama pada malam hari. Berdasarkan waktu bangun dan lokasi sesuai dengan pengguna, f.lux akan membuat jadwal pencahayaan khusus bagi pengguna yang dapat berubah setiap hari sepanjang tahun. Kita hanya cukup menggerakkan slider untuk dapat menyesuaikan warna sesuai dengan kebutuhan kita yang paling nyaman dan tentu saja bisa menyehatkan mata kita.

Dan hebatnya, hari ini sudah ada banyak dukungan dari sistem operasi utama untuk mulai membangun opsi dalam menyaring cahaya biru, termasuk Windows 10 (dengan hadirnya Fall Creators Update), macOS, Apple iOS, dan Android. Meskipun kesan awal efek warna kuning mungkin bisa sedikit mengejutkan kita, mata kita pastinya akan mudah berubah. Setelah warna-warna itu menetap, kita terkadang tidak akan ingin kembali ke warna biasa pada malam hari karena perbedaan regangan mata akan menjadi signifikan.

Nah, dibawah ini kami akan memberikan panduan singkat untuk beberapa sistem operasi tersebut, tetapi F.lux telah ada selama sekitar satu dekade sekarang dan tersedia di setiap platform utama (anda bisa mengunduh di sini). Software ini akan menggunakan lokasi kita dalam mencocokkan siklus matahari sesuai dengan wilayah (pastikan anda mengetahui kode pos), karea secara bertahap ia akn menyesuaikan warna tampilan dari 6500K (siang hari) menjadi warna yang lebih hangat dengan lebih sedikit cahaya biru saat mendekati malam hari.

Software F.Lux

Selain itu, kita juga dapat secara manual mengubah suhu tampilan antara delapan warna yang berbeda, 6500K (siang hari) menjadi yang paling terang (biru / putih) dan hingga 1200K (digambarkan sebagai “ember”) menjadi dimmest (oranye / kuning).

Ini dapat dikurangi lebih lanjut dengan menggunakan pengaturan ” Himalayan Salt Lamp ” yang ditemukan di bawah ” Effects and extra colors.” Efek lainnya yang bisa kita gunakan juga termasuk “Darkroom mode” yang membuat latar belakang menjadi hitam dan teks / interface menjadi merah. Kehadiran warna “Emerald City” juga akan menerapkan warna hijau, dan “Soft White” akan membuat warna siang hari seolah memberikan pandangan kurang melelahkan. Ini semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan anda engan opsi profil ” Reduce Eyestrain”.

Nah, Bagaimana saya menjalankan Software ini?

Sederhananya, anda hanya perlu menginstal software F.Lux dengan mengunduhnya disini, kemudian lakukan proses install dengan cepat. Setelah itu, kita mungkin perlu melakukan restart PC untuk bisa memakai dampak langsung, hanya saja pilihan anda perlu mengingat lokasi geografis anda sesuai dengan kode pos, kemudian software tersebut akan melacak lokasi anda dan bisa menganalisis kondisi geografis.

Melihat dari catatan, F.lux sendiri dapat diaktifkan / dinonaktifkan dengan hotkey dan kita dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan, entah anda ingin menonaktifkan sendiri secara otomatis ketika beralih ke dan dari aplikasi tertentu (katakanlah, Photoshop atau sesuatu di mana anda memerlukan akurasi warna). Nah, bagi mereka yang sudah memiliki sistem pencahayaan terhubung, software ini juga ternyata sudah mendukung Philips Hue, Philips ColorKinetics intelliWhite, YeeLight, dan LIFX.

Hadirnya f.lux tampaknya membuat suguhan yang sangat bermanfaat, terlebih bisa membuat layar komputer kita terlihat seperti ruangan di mana kita berada, sepanjang waktu. Ketika matahari terbenam, itu membuat komputer anda terlihat seperti lampu dalam ruangan. Di pagi hari, itu membuat semuanya terlihat seperti sinar matahari lagi. Intinya, dengan hadirnya software ini, ia akan memberikan banyak fitur secara otomatis tanpa harus banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengguna. Ia seolah akan melakukan sisanya, secara otomatis.

Sebenarnya, anda juga bisa melakukan hal serupa tanpa software tambahan seperti F.Lux. Contohnya, Bagi mereka yang sudah memiliki Windows 10 Creators Update, anda dapat mengaktifkan fitur ” Night light ” yang bisa ditemukan di Setting> System> Display, yang secara otomatis akan menerapkan filter yang serupa ke tampilan kita saat matahari terbenam dan kemudian menghapusnya saat matahari terbit.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Bekerja Hingga Malam Hari Bisa Lebih Ideal Dengan Hadirnya Software F.Lux

Comments are closed.