Lini Terbaru Intel Core i5 Coffee Lake Desktop PC

Intel Core i5 Coffee LakeIntel kini memiliki pilihan CPU terbaru, baik untuk seri desktop maupun mobile dengan kekuatan yang sangat menjanjikan. Dan kali ini, kami akan menghadirkan lini terbaru dari barisan prosesor Intel Core i5 generasi ke-8 Coffee Lake untuk desktop, dimana ada total 7 prosesor yang sudah diluncurkan. Namun, nyatanya tidak semua orang mengetahuinya secara pasti, apalagi jika anda berencana untuk membangun rig dengan pilihan CPU tersebut.

Intel Core i5 bisa dijadikan pilihan yang sangat ideal, baik dalam urusan kinerja maupun harga yang ditawarkan. Pilihan ini mengisi pasar mainstream dengan kelas mid-range dengan kisaran harga terendah sekitar 2.6 jutaan. Apa yang terbaik dari seri terbaru generasi ke-8 ini adalah jumlah core yang lebih banyak, sehingga kinerja multi-thread bisa jauh lebih diandalkan. Jika anda penasaran dengan lini terbaru dari CPU Intel Core i5 generasi ke-8 ini, termasuk pilihan terbaru mereka, maka dibawah ini kami hadirkan penjelasannya lebih detail.

Baca juga : Intel Core i9 Mobile Akhirnya Dirilis Dengan Kekuatan 6 Core & 12 Thread

Lini Terbaru Intel Core i5 Coffee Lake Generasi Ke-8

Ketika pilihan sebelumnya hanya hadir dengan beberapa seri, khususnya untuk generasi ke-8 ini, kini Intel menghadirkan kekuatan penuh dengan pilihan lengkap untuk seri mid-range ini. Ada total 7 pilihan CPU yang sudah diluncurkan, namun beberapa dari mereka mungkin hanya hadir untuk segmen produsen OEM dengan paket lengkap PCnya. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa melihat dalam daftar tabel dibawah ini.

Intel Core i5 Coffee Lake Line UpCore/ ThreadBase ClockMax TurboCacheTDPHarga
Intel® Core™ i5-8600T6/62.30 GHz3.70 GHz9MB35WN/A
Intel® Core™ i5-8600K6/63.60 GHz4.30 GHz9MB95WRp 3,770,000
Intel® Core™ i5-86006/63.10 GHz4.30 GHz9MB65WRp 3,600,000
Intel® Core™ i5-8500T6/62.10 GHz3.50 GHz9MB35WN/A
Intel® Core™ i5-85006/63.00 GHz4.10 GHz9MB65WRp 3,250,000
Intel® Core™ i5-8400T6/61.70 GHz3.30 GHz9MB35WN/A
Intel® Core™ i5-84006/62.80 GHz4.00 GHz9MB65WRp 2,688,000

Intel Core i5 pada dasarnya merupakan hasil kombinasi yang tepat antara sisi harga yang ditawarkan dengan performa yang bisa diandalkan. Ketika pilihan CPU sebelumnya hanya hadir dengan kekuatan quad core, kini produsen membawa kekuatan 6 core dengan 6 thread yang benar-benar mengesankan. Seri terbaru ini tentu merupakan jawaban tim biru atas tekanan dari AMD dengan seri Ryzen yang benar-benar “merusak” suasana dari apa yang selama ini dikuasai Intel.

Beberapa pilihan ini sebenarnya sudah hadir pada quarter ke-4 tahun 2017 kemarin dengan hanya 2 prosesor saja, yakni antara intel Core i5 8600K dan seri 8500. Namun pilihan hari ini jauh lebih lengkap dengan kehadiran 5 prosesor terbaru, termasuk untuk seri T yang biasa hadir dalam produk OEM dengan pilihan TDP yang jauh lebih rendah.

Intel Core i5 Seri “K” dan “T” Line Up

Dari total 7 seri Core i5 ini, semuanya memiliki perbedaan dalam hal clockspeed, TDP termasuk dalam penamaan kode tambahan pada bagian belakangnya. Pilihan tertinggi hadir pada seri 8600K, dimana ia memiliki tingkat clockspeed dasar sebesar 3.6Ghz dan memiliki fitur turbo frekuensi maksimum hingga 4.3Ghz serta cache sebesar 9MB. Dan seri penamaan dengan kode “K” pada bagian belakangnya mengartikan bahwa CPU tersebut sepenuhnya terbuka untuk proses overclocking, sehingga pengguna bisa melakukan proses OC hingga pada level maksimum untuk performa yang lebih baik.

Untuk seri “T” atau mereka mengistilahkan ini sebagai Power-optimized lifestyle yang memiliki TDP sangat rendah,ada tiga pilihan yang hadir, yakni Intel Core i5-8400T, 8500T dan 8600T. Pilihan ini tidak dijual secara bebas kepada konsumen, namun lebih ideal untuk perangkat OEM yang biasa memproduksi paket lengkap PC seperti HP, Dell Lenovo dan sebagainya. Ketiga pilihan ini juga sama-sama memiliki TDP sekitar 35W saja, dan perbedaan dari ketiga seri ini hanya dalam hal tingkat Clokspeed.

Intel Core i5 Generasi Ke-8 Model Standar

Sedangkan untuk sisanya, dimana semua pilihan ini bisa terhitung standar hadir dengan total 3 pilihan CPU, yakni Intel Core i5-8400, 8500 dan 8600. Pilihan ini juga memiliki pilihan yang sama untuk TDP sekitar 65W, namun mereka semuanya tidak memiliki fitur khusus seperti apa yang ditawarkan oleh seri K. Pilihan ini sepenuhnya terkunci untuk fitur OC, namun pilihan ini masih sangat layak bagi pengguna kasual dengan performa yang sangat meyakinkan. Bahkan, ketiga seri ini juga merupakan pilihan ideal bagi pengguna yang tidak ingin melewati proses ribet seperti apa yang ditawarkan oleh CPU yang memiliki fitur OC. Intinya, ketika kinerja standar sudah sangat baik, maka hal tersebut akan baik-baik saja.

Intel Core i5 Coffee Lake

Untuk urusan perbedaan, ketiga pilihan ini hanya memiliki perbedaan dalam hal clockspeed, dengan pilihan terendah hadir pada Core i5-8400 dengan clockspeed dasar sekitar 2.8Ghz, dan memiliki fitur maksimum turbo hingga 4.0Ghz. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca review lebih lengkapnya disini.

Grafis

Semua lini terbaru dari prosesor intel Core i5 generasi ke-8 Coffee Lake ini memiliki iGPU yang sama, yakni Intel UHD Graphics 630 . Pilihan ini mungkin bukan sesuatu yang terbaik untuk pengalaman gaming AAA, namun bisa memberikan kinerja yang cukup ideal bagi pengguna sehari-hari termasuk untuk kasual gaming eSPort seperti DOTA 2maupun lainnya.

Pilihan ini mungkin terkesan standar, dimana ia memiliki tingkat frekuensi dasar sebesar 350 Mhz dan Frekuensi dinamis maksimum hingga 1.1 Ghz, namun Intel mengisyaratkan bahwa  pengguna bisa memiliki kekuatan resolusi jauh lebih besar termasuk untuk pemutaran Video dengan resolusi hingga 4K. Selain itu, iGPU ini bahkan mendukung DX12 termasuk OpenGL 4.5.

Kesimpulan

Pilihan terbaru dari intel Core i5 generasi ke-8 Coffee Lake ini bisa memberikan kesan yang sangat baik, apalagi kekuatan 6 core dengan harga yang sangat terjangkau. Pilihan ini bahkan akan memberikan arti tersendiri bagi pengguna yang memiliki anggaran cukup terbatas, yakni performa yang jauh lebih menjanjikan. Dan hebatnya, kita kini bisa membangun gaming rig yang handal dengan kehadiran chipset terbaru dari Intel yang jauh lebih murah. Dulu, hambatan untuk membangun gaming rig dengan pilihan CPU Coffee lake adalah pilihan motherboard yang terbatas. Namun kini, anda bahkan bisa mendapatkan mobo murah dengan seri H310 atau B360 yang jauh bisa diandalkan.

 Baca Juga :



Comments
Loading...