- Berita Terbaru, Internet, Serba-serbi, Serba-serbi Bitcoin

Bitcoin Mulai Ditinggalkan Di Dark Web, Altcoin Kini Menjadi Pilihan Utama

Bitcoin Mulai Ditinggalkan – Bitcoin hingga hari ini merupakan salah satu mata uang digital paling populer di dunia. Namun nyatanya di komunitas kripto khususnya di dark web, pilihan mata uang digital tersebut mulai ditinggalkan. Salah satu alasan utama mengapa hal tersebut terjadi, alasan umumnya karena Bitcoin membutuhkan waktu transaksi yang terlalu lama, biayanya terlalu tinggi, harganya mahal, dan terlalu fluktuatif. Sehingga, banyak orang-orang mulai beralih pada mata uang digital lainnya sebagai pilihan utama.

Menurut situs Fortune.com, salah satu tanda dari ketidakpuasan ini adalah munculnya beberapa laporan bahwa pelaku dunia cryptocurrency, termasuk mereka yang bergerak di dunia bawah tanah yang sudah lama memakai mata uang ini sebagai pengguna yang tertua dan paling tersibuk di bitcoin, kini lebih menyukai beberapa jenis mata uang digital alternatif seperti ETH maupun altcoin lainnya, dimana beberapa pilihan bahkan mampu menawarkan pengalaman pengguna dan privasi yang jauh lebih baik.

Dan nyatanya, cerita mengenai mereka yang mencari alternatif coin bukanlah hal baru, namun ada banyak bukti bahwa mata uang tersebut tidak lagi disukai di dunia bawah tanah. Ini termasuk laporan terbaru yang dirilis oleh Chainalysis, perusahaan forensik yang mengatakan proporsi transaksi bitcoin yang terkait dengan situs “dark web”, di mana orang sering terlibat dalam kegiatan kriminal, telah turun dari 30% menjadi di bawah 1%.

Sebagian besar penurunan tersebut karena banyak orang kini telah menggunakan bitcoin, dan memilih untuk menahannya daripada membelanjakannya. Dan menurut Chainalysis, mereka kini lebih berfokus  menggunakan beberapa mata uang alternatif seperti Monero, Dash, dan Zcash. Mata uang baru ini tidak hanya menawarkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah, namun juga mencakup anonimitas berlapis tambahan, sehingga membuat mereka jauh lebih sulit dilacak daripada bitcoin.

Berbeda halnya ketika mereka memakai Bitcoin. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa laporan yang dirilis oleh situs teknologi ZDNet, dimana mereka mengutip beberapa peneliti yang mengklaim bahwa salah satu alasan mengapa bitcoin mulai ditinggalkan, faktor utamanya karena biaya tinggi dan lambannya transaksi. Fenomena tersebut dilaporkan meluas ke ransomware, yang melibatkan hacker yang membekukan komputer korban dan menuntut pembayaran bukan dalam bentuk Bitcoin, namun beberapa mata uang alternatif lainnya.

Sumber referensi : fortune.com

 Baca Juga :




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Bitcoin Mulai Ditinggalkan Di Dark Web, Altcoin Kini Menjadi Pilihan Utama

Comments are closed.