- Built-up PC, Gaming Gear, Hardware

Dell Inspiron 5675 : Gaming Desktop Tangguh Dengan Harga Terjangkau

Built PC mungkin tidak akan memberikan nilai kepuasan anda secara batin, namun untuk urusan performa, mereka bisa menghadirkan sesuatu yang jauh lebih solid pada nilai harga yang ideal. Salah satu pilihan Built PC yang benar-benar memberikan pesona mengesankan adalah Dell Inspiron 5675 Gaming Desktop. Dengan kisaran harga tertinggi terendah sekitar 14 jutaan, anda bisa memiliki sebuah PC gaming yang benar-benar bisa diandalkan, dan nyatanya bukan saja itu, segala bentuk kegiatan seperti streaming, rendering bisa dihadirkan dalam satu paket lengkap.

Jadi, jika anda sedang mencari pilihan built pc yang baik dan benar-benar bisa memenuhi semua kebutuhan mainstream hingga high-end, maka pilihan gaming desktop Dell ini benar-benar layak untuk anda pertimbangkan. Selain itu. Mereka juga menghadirkan nilai bentuk desain yang cukup tangguh, meskipun ada beberapa nilai minus yang hadir. Nah, penasaran dengan kemampuan built pc desktop tersebut? Mari kita ungkap lebih jelas dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Build Up Gaming Desktop PC Ideal Tahun 2018

Dell Inspiron 5675 Gaming Desktop : Pandangan umum

Dell Inspiron 5675 hadir dengan  bentuk casing yang cukup besar dengan form factor Full Tower. Pilihan casing ini hadir dengan ukuran tinggi sekitar 458.86mm, memiliki tingkat Kedalaman sekitar 437.53mm, dan lebar sekitar 216mm. Sedangkan untuk total berat yang dihadirkan pada rig ini, ia hadir dengan nilai bobot sekitar 13.7kg. Pilihan ini mungkin sedikit lebih ramping jika anda memilih konfigurasi yang lebih rendah.

Dell tampaknya menginginkan sesuatu yang solid, tidak terlalu mahal namun masih memberikan nilai estetika yang baik untuk urusan desain. Hasilnya, rig ini hadir dengan struktur baja internal yang dihias dengan shell plastik gunmetal / hitam di bagian luar. Desain secara keseluruhannya cantik dan cukup ideal untuk segaka ruangan, apalagi jika anda menyalakan PC ini, warna dasar biru menyelimuti hampir semua bagian ruangan. Hal tersebut karena lampu LED warna biru pada sekitar bagian casing dalam membawa aroma segar dengan memberikan efek pencahayaan warna biru yang lezat untuk dilihat.

Aksen plastik yang dihadirkan mengingatkan kami pada pelat baja, sementara ventilasi hitam miring menutupi sebagian besar bagian bawah. Ini tentu merupakan penggunaan unik pada ventilasi casing. Meskipun cukup unik, namun pilihan ini mungkin bisa sedikit membosankan, tapi selalu ada sesuatu yang baik pada desktop pc ini, dan itu nyatanya apa yang terkandung didalam rig tersebut.

Jika anda membuka tutup casing sebelah kanan, anda mungkin tidak akan melihat sesuatu yang ideal untuk urusan managemen kabel, namun pilihan solid dari setiap perangkat bisa cukup memukau. Sebuah motherboard Dell ATX berwarna biru tampil menghiasi pandangan utama, bersama dengan sebuah GPU dari AMD RX 570. Edisi reference melekat pada GPU tersebut, namun jangan mengharapkan pilihan pendingin yang keren (termasuk juga wraith), karena stock cooler bawaan Dell melekat erat pada bagian CPU. Untungnya, pilihan ini cukup baik untuk urusan pendingin CPU, dimana ia bisa memberikan kinerja pendinginan maksimal untuk CPU, bahkan untuk fitur OC.

Konektivitas

Dell Inspiron 5675 juga memiliki pilihan konektivitas yang cukup lengkap, hal tersebut terbukti pada bagian depan dan belakang dengan pilihan yang solid dan bisa memenuhi semua kebutuhan anda.  Untuk front panel, anda kaan melihat pilihan port yang ideal hari ini seperti :

  • 1x USB Type-C 3.1
  • Universal Audio Jack Port
  • 2X USB 3.1 Type A
  • 2X USB 2.0
  • Card Reader

Hal yang paling mengesankan dari apa yang ditawarkan front panel adalah pilihan lengkap dari port USB, anda bahkan bisa melihat USB Type-C benar-benar bisa memberikan kemudahan konektivitas port dan akses yang jauh lebih cepat untuk urusan transfer data.

Sedangkan untuk bagian belakang, anda mungkin tidak akan melihat port untuk display kecuali apa yang dihadirkan melalui GPU. Dan untuk urusan port lainnya, hampir sama dengan bagian depan, dimana anda akan melihat pilihan yang cukup solid seperti 2x PS2 port, 4x USB 3.1 type A, 2xUSB 2.0, 1x Port Lan RJ45 dan tentu saja 6 pilihan audio input. Dell tampaknya tahu bagaimana untuk memenuhi harapan pengguna modern dengan pilihan konektivitas yang lengkap, apalagi Desktop ini juga hadir dengan konektivitas nirkabel dengan fitur 802.11ac dual band + Bluetooth 4.1.

Dell Inspiron 5675 Gaming Desktop : Spesifikasi

Spesifikasi Dell Inspiron 5675
HargaRP 14.200.000 (Beli)
ProcessorAMD Ryzen™ 5 1400 Processor (4C/8T, 10MB Cache, 3.4 GHz Precision Boost)
Operating SystemWindows 10 Home (64bit) English
Memory8GB DDR4 2400MHz
Hard Drive1TB 7200RPM Hard Drive
Optical DriveTray Loading Dual Layer DVD Burner
Video CardAMD Radeon™ RX 570 with 4GB GDDR5 Graphics Memory
Sound CardBuilt-in High Definition 7.1 Performance Audio Solution with Waves MaxxAudio® Pro
Communications802.11ac + Bluetooth 4.1, Dual Band 2.4 & 5 GHz, 2x2
Power Supply460W Internal PSU
Ports Front2 USB 2.0
2 SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Type-A
1 SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Type-C
1 Audio Combo Jack
1 3:1 MCR
Rear2 USB 2.0
4 SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Type-A
1 P/S 2 port
1 7.1ch and Microphone Port
1 HDMI out (on discrete graphic card)
1 Network Port
Form Factor Full Size Tower Desktop
DimensionsHeight: 458.86mm x Width: 216mm x Depth: 437.53mm
Weight13.74 Kg

Dell memberikan pilihan yang mengesankan untuk urusan komponen, contohnya untuk pilihan tertinggi, kekuatan prosesor AMD Ryzen 1700X akan memberikan kinerja yang solid, baik untuk gaming maupun aplikasi berat lainnya. Namun jika anda menginginkan pilihan yang jauh lebih terjangkau, maka pilihan konfigurasi terendah pada desktop PC ini hadir dengan kekuatan AMD Ryzen 5 1400.

Apa yang baik pada prosesor ini adalah kekuatan quad core yang mengesankan melekat padanya, selain itu, ia juga memiliki 8 thread untuk menyempurnakan kinerjanya. Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed dasar sebesar 3.2 Ghz, namun sudah hadir dengan fitur turbo boost hingga 3.4Ghz. Hebatnya, Ryzen 1400 juga sudah sepenuhnya terbuka untuk fitur OC, sehingga pengguna bisa dengan bebas mengeluarkan potensi maksimal kemampuan OC untuk kinerja yang lebih baik.

Dell Inspiron 5675 juga memiliki pilihan grafis yang sangat solid untuk gaming 1080p hingga titik maksimum. Itu karena ia memiliki kekuatan grafis dari AMD Radeon RX 570 dengan fitur memori sebesar 6GB GDDR5. Pilihan ini mampu memaksimalkan pengalaman gaming hingga pengaturan tertinggi untuk game apapun pada resolusi Full H, bahkan bisa sedikit bermain diatasnya. Dan nyatanya, pilihan gpu yang hadir juga mampu membawa semua pengalaman gaming dengan nyaman untuk beberapa tahun kedepan.

Dan untuk menyempurnakan kekuatan yang hadir pada desktop PC ini, Dell menghadirkan pilihan RAM sebesar 8GB DDR 2400Mhz. Sebuah slot hadir dengan ukuran sebesar itu, dan anda bahkan bisa menambahkan satu slot memori lainnya hingga maksimum 32GB. Idealnya, anda bisa menambahkan kapasitas  memori 8GB lagi untuk menambah pengalaman bermain jauh lebih sempurna. Walaupun begitu, kekuatan 8GB tampaknya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda hari ini.

Kinerja Prosesor Dan Grafis

Kehadiran prosesor AMD Ryzen nyatanya memberikan dampak yang besar untuk urusan kinerja, dan bukan hanya untuk kinerja gaming saja, namun juga untuk urusan workstation yang solid. Dibawah ini kami hadirkan beberapa tes dalam aplikasi benchmark yang cukup popular termasuk beberapa tes game dengan tingkat FPS yang benar-benar layak.

Tes Sintetis

Dalam tes sintetis, ada beberapa perangkat lunak yang kami hadirkan sebagai tolak ukur bagaimana idealnya rig ini, khususnya untuk beberapa performa aplikasi berat, diantaranya :

Cinebench R15

Dell Inspiron 5675

Aplikasi ini cukup popular bagi kalangan teknologi untuk mengetahui seberapa cepat sebuah prosesor dalam melakukan pekerjaan proses rendering. Melihat performa single-thread, AMD Ryzen 5 1400 tampil cukup solid dengan kekuatan base clock sebesar 3.2Ghz. Hal yang serupa juga terjadi ketika kita melihat performa multi-thread, apalagi kekuatan quad core yang dibarengi dengan 8 thread benar-benar bisa memaksimalkan kinerja prosesor ini.

Adobe Premiere Pro CC

Hal yang sama berlaku juga untuk aplikasi popular lainnya dalam hal editing video, yakni Adobe Premiere Pro CC. Pilihan aplikasi ini sering dipakai untuk kegiatan editing Video dan sebagainya. Performa prosesor AMD Ryzen 5 1400 nyatanya juga sangat baik untuk semua hal tersebut, terbukti memiliki waktu encoding yang cukup cepat untuk export movie 2060p.

7-Zip

Begitu pula dengan proses kompresi, dimana kegiatan ini juga bisa menunjukan seberapa efektif sebuah prosesor untuk melakukan tugasnya dengan cepat. 7-Zip merupakan salah satu aplikasi yang cukup popular, dan dalam aplikasi ini, kita bisa menunjukan performa CPU untuk menentukan sebegapa ideal prosesor yang anda miliki.

Gaming Performance

Bagaimana dengan kinerja gaming? Dell Inspiron 5675 memberikan kinerja yang sangat baik untuk semua pilihan game yang hadir tahun ini atau beberapa tahun mendatang. Faktor GPU Radeon RX 570 dengan kekuatan grafis sebesar 4GB GDDR5 bisa membawa semua hal yang sangat baik untuk urusan FPS, termasuk dalam resolusi gaming Full HD (1920×1080). Hanya saja, pilihan game tertentu mungkin tidak akan memberikan FPS terbaik, namun masih layak untuk dimainkan.

Pilihan Konfigurasi

Dell menghadirkan beberapa pilihan konfigurasi untuk gaming desktop ini, biasanya hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pilihan yang ideal, sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran yang dimiliki pengguna. Beberapa pilihan konfigurasi tersebut biasanya memiliki perbedaan dalam beberapa perangkat inti diantaranya :

CPU :

  • AMD Ryzen™ 5 1400 Processor (4C/8T, 10MB Cache, 3.4 GHz Precision Boost) – Konfigurasi Terendah
  • AMD Ryzen™ 7 1700X Processor (8C/16T, 20MB Cache, 3.8 GHz Precision Boost) – Konfigurasi Tertinggi

GPU :

  • AMD Radeon™ RX 570 with 4GB GDDR5 Graphics Memory – Konfigurasi Terendah
  • NVIDIA® GeForce® GTX 1060 with 6GB GDDR5 Graphics Memory – Konfigurasi Tertinggi

RAM :

  • 8GB DDR4 2400MHz – Konfigurasi Terendah
  • 16GB DDR4 2400MHz- Konfigurasi Tertinggi

Storage :

  • 1TB 7200RPM Hard Drive – Konfigurasi Terendah
  • 256GB M.2 Solid State Drive + 1TB 7200RPM Hard Drive  – Konfigurasi Tertinggi

Jadi, jika anda menginginkan kisaran harga yang sedikit terjangkau dengan kisaran harga sekitar 12 sd 14 jutaan, anda akan mendapatkan pilihan konfigurasi terendah. Meskipun, beberapa toko mungkin akan menambahkan beberapa komponen sesuai dengan keinginan pengguna (seperti RAM ataupun SSD). Sedangkan jika anda menginginkan pilihan yang jauh lebih solid, maka pilihan konfigurasi tertinggi menjadi sesuatu yang ideal untuk didapatkan. Kisaran harga yang hadir untuk perangkat ini sekitar 22 jutaan.

Kesimpulan

Jadi, apakah pilihan desktop PC ini benar-benar worth it? Tentu saja, hanya ada sedikit catatan yang perlu anda pertimbangkan sebelum memiliki rig tersebut. Dell Inspiron 5675 memiliki sisi minus dalam hal urusan managemen kabel, sehingga anda mungkin bisa mengaturnya kembali untuk urusan ini. Dan tentu saja urusan ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan sirkulasi pendinginan didalam casing jauh lebih baik.

Bentuk casing yang hadir mungkin terkesan biasa saja, berbeda halnya dengan casing impian anda. Hanya saja, pilihan desktop CPU ini sangat solid, apalagi ia memiliki kemampuan yang sangat baik dalam urusan kinerja komputasi maupun gaming. Selain itu, Dell benar-benar memberikan pilihan terbaik termasuk sistem operasi Windows 10 yang sudah disediakan oleh produsen.

Dan tanpa perlu panjang lebar lagi, Dell Inspiron 5675 bisa menjadi kebutuhan ideal anda hari ini sebagai solusi mudah bagi mereka yang memiliki Desktop PC tanpa harus repot untuk mencari pilihan perangkat yang ideal. Apalagi, mengingat bahwa hari ini sangat sulit untuk membeli sebuah GPU yang handal, built up pc merupakan pilihan mudah bagi para gamer untuk memulai pencarian.

 Baca Juga :




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat