- Berita Terbaru, Hardware, Prosesor

AMD Siap Sajikan Ryzen APUs Dengan Kekuatan RX Vega

Ryzen APUs– Jika anda berfikir bahwa barisan prosesor AMD Ryzen murni hadir tanpa iGPU, maka anda salah. Karena AMD kini tengah bersiap menghadirkan seri APUs pada lapisan Ryzen dengan kehadiran seri G. Dua buah pilihan prosesor ini siap hadir pada 12 februari mendatang, hebatnya kekuatan GPU yang akan dihadirkan adalah AMD Radeon Vega yang menakjubkan.

Ya, ada dua buah pilihan seri G yang siap hadir dengan kekuatan radeon Vega didalamnya, dan itu tidak lain adalah AMD Ryzen 5 2400G sebagai pilihan tertinggi dan Ryzen 3 2200G. Hebatnya, anda tidak perlu membayar cukup mahal dengan pilihan prosesor ini, bahkan anda bisa memiliki sebuah paket lengkap prosesor dan GPU dengan kisaran harga yang terjangkau. Keduanya merupakan quad core prosesor yang mungkin saja membawa harapan baru bagi pengguna anggaran terbatas dengan pilihan integrated GPU sebagai andalannya.]

Baca juga : CPU Highlight Tahun 2017 : AMD VS INTEL

Meet The Ryzen G Series : Ryzen 5 2400G & Ryzen 3 2200G

Ketika dulu kita hanya beranggapan bahwa semua pilihan seri Ryzen yang “mengganggu” hadir dengan pilihan prosesor murni tanpa iGPU, kehadiran seri G mengubah semua hal tersebut. Ya, Ryzen G series siap mendobrak dunia PC sebagai pilihan prosesor tangguh berikutnya untuk segmen entry-level, apalagi mereka menghadirkan sebuah paket lengkap dengan kekuatan GPU yang benar-benar keren. Ada dua pilihan prosesor yang siap hadir, yakni Ryzen 5 2400G sebagai pilihan tertinggi(saya tidak tahu apakah mereka juga akan menghadirkan pilihan seri 7) dan Ryzen 3 2200G.

AMD Ryzen 5 2400G akan membawa empat buah prosesor didalamnya dengan tambahan 8 thread untuk performa yang jauh menjanjikan. Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed sebesar 3.6Ghz sebagai baseclock, dan memiliki opsi turbo boosting hingga 3.9 Ghz. Dan nyatanya Ryzen terbaru ini jauh lebih disempurnakan untuk urusan OC, bahkan pada GPU. Kita mungkin bisa mendambakan kekuatan yang jauh lebih tangguh dibanding tetangga sebelah untuk urusan tersebut.

Lalu siap hadir pula Ryzen 3 2200G sebagai pilihan terendah, meskipun begitu, pilihan prosesor ini juga memiliki kekuatan quad core dengan 8 thread. Ia berjalan pada tingkat baseclock speed 3.5Ghz dan memiliki turbo boosting hingga 3.7 Ghz. Anda mungkin bisa menjalankan performa OC hingga 4.0Ghz pada pilihan prosesor ini, apalagi AMD menjanjikan bahwa kedua prosesor tersebut kini memiliki fitur OC yang lebih baik (termasuk untuk urusan single thread) dan membawa L2+L3 Cache 6MB.

Semua pilihan prosesor ini dibalut dengan kekuatan GPU AMD Vega didalamnya, bahkan tidak tanggung-tanggung, pilihan prosesor ini membawa kekuatan graphics Compute Unit 11 dan 8 masing-masing. Selain itu, tingkat clockspeed pada GPU ini hadir dengan maksimal 1250Mhz dengan tingkat TDP 65W. Ini bisa menjadi berita yang sangat baik bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, namun disisi lain masih ingin menghadirkan gaming kasual seperti E-Sport tanpa harus membawa GPU tambahan didalamnya.

Bagaimana dengan harga dan tanggal rilis?

Dan untuk menyempurnakan nilai prosesor Ryzen terbaru ini, AMD membawa kabar yang sangat baik untuk urusan harga. Anda bisa mendapatkan pilihan prosesor Ryzen 2400G dengan harga $169 sekitar 2.2 jutaan, sedangkan untuk seri 2200G, ia hadir dengan banderol harga $99 atau sekitar 1.3 jutaan. Pilihan ini tentu akan menyenangkan hati budget series yang terlalu lelah mencari pilihan GPU yang ideal. Artinya, anda bisa membangun sebuah rig gaming yang handal dengan kisaran harga sekitar 5 jutaan lebih.

Meskipun harga yang ditawarkan mungkin sedikit berbeda di negara kita jika sudah hadir, kita setidaknya bisa melihat patokan bagaimana cukup terjangkaunya pilihan prosesor Ryzen terbaru, apalagi anda sedang berencana untuk membangun gaming rig pada bulan februari mendatang. Kita harapkan saja pilihan harga yang hadir tidak terlalu jauh.

Sedangkan untuk tanggal rilis, tidak lama lagi kita akan melihat barisan prosesor tersebut siap beraksi, yakni pada tanggal 12 februari mendatang. Meskipun kita harus menunggu beberapa pekan untuk siap hadir di negara tercinta ini. Dan hebatnya, anda tidak perlu memiliki mobo baru pada prosesor ini, karena AMD masih tetap setia dengan pilihan soket AM4, meskipun mereka juga menghadirkan chipset terbaru seri 400.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “AMD Siap Sajikan Ryzen APUs Dengan Kekuatan RX Vega

Comments are closed.