6 Tips Ampuh Sebelum Membeli Monitor Gaming Yang Ideal

Sebuah monitor gaming bisa memberikan sesuatu yang sangat baik dalam urusan display, namun ia juga bisa menghadirkan mimpi buruk saat anda memilih yang tidak tepat. Contohnya, ketika anda memiliki sebuah rig yang hampir sempurna dengan kemampuan kartu grafis bisa memberikan pilihan gameplay diatas 120 Fps, sementara monitor anda hanya mampu memberikan tingkat refresh rate sebesar 60Hz, maka anda mungkin akan mengalami beberapa masalah. Jadi, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membeli sebuah monitor gaming yang ideal untuk semua kebutuhan anda.

Ada banyak monitor gaming modern hari ini yang sangat baik dan mampu memenuhi semua kebutuhan pengguna, namun tidak semua pilihan tersebut memiliki satu tujuan. Karena, pilihan monitor ini sama dengan seri yang biasa hadir pada setiap perangkat keras yang biasa kita lihat, dimana mereka juga hadir dengan berbagai pilihan konfigurasi. Ada pilihan untuk pengguna mainstream, mid-range hingga pilihan high-end yang terbaik. Nah, ketika anda berencana untuk membeli sebuah monitor yang pas, ideal dan sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka beberapa tips dibawah ini mungkin akan memberikan banyak manfaat untuk anda.

Baca juga : Seberapa Besar Ukuran Yang Ideal Untuk Monitor Full HD? Begini Penjelasannya

6 Tips Ampuh Sebelum Membeli Monitor gaming Yang Ideal

1. Tahu Potensi Kartu grafis anda

Monitor gaming Yang Ideal

Yang pertama adalah tahu kemampuan maksimum dan kapabilitas dari kartu grafis anda. Dan nyatanya tidak semua orang menyadari semua hal tersebut. Contoh yang paling nyata adalah ketika seseorang telah membeli monitor dengan maksimum resolusi hanya Full HD saja, padahal ia memiliki kartu grafis Nvidia GTX 1080 yang layak untuk performa gaming 4k dengan tingkat FPS yang sangat baik. Ini tentu sangat disayangkan (mengingat potensi yang hadir), meskipun gaming 1080p memang sangat baik untuk semua pilihan game hari ini. Jadi, ketika anda berencana untuk membeli sebuah monitor gaming, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kemampuan kartu grafis anda, apakah ia bisa memberikan nilai sempurna pada resolusi tertentu (atau bahkan lebih dari itu) sehingga kita bisa memaksimalkan semua pilihan hardware pada untuk pengalaman gaming yang terbaik.

2. Tahu Batasan monitor yang akan anda beli

Dan hal tersebut berlanjut pada batasan dan kemampuan maksimum hardware anda, termasuk untuk monitor gaming. Contohnya, Kita tahu bahwa kemampuan kartu grafis kita mampu memberikan tingkat framerate terbaik (lebih dari 120Fps) pada AAA game terbaru yang cukup menuntut, sehingga, hindari pilihan spesifikasi monitor dengan tingkat refresh rate dibawah 70Hz. Ini tentu perlu dilakukan untuk menghindari masalah screen tearing atau stuttering, ketika monitor tidak mampu memberikan permintaan kartu grafis anda. Selain itu, kehadiran teknlogi hari ini juga memudahkan pengguna untuk menghindari masalah ini, yakni solusi dari dua produsen besar untuk mengatasi masalah tersebut, yakni AMD FreeSync dan Nvidia G-Sync pada monitor.

Baca juga : 5 Monitor FreeSync Terbaik Dengan Harga 2 Jutaan

3. Pilihan ideal tidak selalu mahal

Ketahuilah bahwa setiap kelas memiliki harga bervariasi, dan ketika anda menginginkan pilhan yang terbaik, ketahuilah bahwa mereka tidak datang dengan harga murah. Bahkan, mereka bisa memiliki harga melebihi sebuah rig pc entry level yang jauh diatas kemamuan para pengguna anggaran. Contohnya, sebuah monitor Alienware yang benar-benar sangat baik untuk gaming 4K dan sangat cepat memiliki kisaran harga diatas 10 jutaan. Tapi, tidak semua orang membutuhkan pilihan terbaik, karena pilihan yang pas selalu hadir dengan harga yang tepat dengan kemampuan seimbang. Contohnya, ketika anda memiliki pilihan rig yang standar dengan kemampuan gaming 1080p, maka salah satu monitor yang ideal dengan kisaran harga terjangkau mungkin hadir dalam kisaran dibawah harga 2 jutaan. Jadi, tetap perhatikan pilihan spesifikasi dan berbagai review mengenai hal tersebut.

4. Size Matter

Siapa bilang ukuran tidak menjadi masalah, justru karena pilihan yang ideal juga ditentukan dengan ukuran. Contohnya, ketika anda menginginkan pilihan monitor dengan resolusi Full HD yang baik, tentu anda tidak ingin mencari dibawah ukuran 18” bukan, atau lebih besar diatas 27”. Karena pilihan tersebut lebih ideal dan sesuai dengan tingkat density pixel yang pas tanpa harus kehilangan banyak hal. Jadi, ketika anda menginginkan pilihan monitor 4K, pilihan ukuran dibawah 22” atau sebenarnya dibawah 24” sangat tidak ideal, selain terlalu kecilnya font yang dihadirkan, dan kadangkala kita akan kehilangan sebuah tampilan display yang sangat baik dan benar-benar seimbang untuk semua hal.



5. Ketahuilah Spesifikasi inti

Ketika anda berencana untuk membeli sebuah monitor sesuai dengan harapan anda, maka anda perlu menambah sedikit pengetahuan tentang monitor gaming. Karena, sama dengan perangkat hardware lainnya, ia juga hadir dengan sejuta istilah dari spesifikasi yang hadir. Namun, sebenarnya hanya beberapa istilah khusus yang bisa menentukan pilihan yang baik, diantaranya :

  • Resolusi : Seberapa besar monitor mampu menangani sebuah resolusi
  • Screen Size : Ukuran layar dari sebuah monitor
  • Refresh Rate : seberapa besar sebuah monitor mampu menangani frame persecond, biasanya dihitung pada Hz.
  • Tipe Panel : Teknologi yang hadir pada layar, dengan pilihan termurah biasanya hadir pada panel TN, sedangkan pilihan termahal bisa jadi dalam bentuk kombinasi antara VA dan IPS yang disebut AHVA.
  • Waktu Respon (Response Time ): Kadangkala kita membutuhkan waktu reson tercepat untuk setiap gaming yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi (seperti shooting game). Pilihan waktu respon dibawah 5ms biasanya merupakan sesuatu yang ideal untuk hal tersebut.

Baca juga : Refresh Rate Dan Gaming, Apa Sih Hubungannya? Begini Penjelasan Singkatnya

6. Tahu Batasan Budget Anda

Kadangkala, konsumen yang baik bisa mengetahui batasan budget anda, dan ini bisa sangat berpengaruh juga saat memilih pilihan yang terbaik pada sebuah monitor gaming. Jadi, ketika anda mengetahui bahwa batasan budget anda hanya sekitar 2 jutaan, maka anda bisa meminimalisir pilihan yang jauh lebih tepat pada kisaran harga tersebut. Dan nyatanya hal ini bisa jauh lebih efektif ketika anda sudah mengetahui semua hal penting untuk memilih monitor gaming yang pas.

Kesimpulan

Nah, itu dia 6 Tips Ampuh Sebelum Membeli Monitor gaming, meskipun sebenarnya masih ada beberapa hal lainnya yang perlu anda ketahui. Hanya saja, semua hal yang disebutkan diatas setidaknya bisa mewakili sesuatu yang sangat baik untuk semua kebutuhan anda. Jadi, semoga bermanfaat dan bisa memberikan hal yang terbaik untuk anda semua.

 Baca Juga :



Comments