Beberapa Hal Yang Harus Anda pertimbangkan Sebelum Membeli SSD





Sebagian besar pengguna komputer banyak menunda penggunaan SSD karena harga yang tinggi, kapasitas penyimpanan yang terbatas, dan potensi masalah kompatibilitas. Namun, hari ini berbeda dengan masa lalu, dimana harga SSD sudah semakin terjangkau, diiringi dengan teknologi terbaru, sehingga memudahkan masalah kompabilitas.

Bagi anda yang berencana untuk membeli SSD entah itu sebagai upgrade atau benar-benar ingin mencoba sesuatu yang cepat, anda bisa membaca artikel dibawah ini sebagai bahan pertimbangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyelam tepat ke dalamnya, sehingga anda dapat membuat keputusan yang terbaik saat membeli SSD.

Harga

Harga SSD telah menurun secara drastis selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2010, harga rata-rata melayang tinggi hingga sekitar $ 3.00 atau 40 ribu per gigabyte , sedangkan pada tahun 2015 Anda dapat menemukan SSD dengan  harga rendah sekitar $ 0,34 atau 4 ribu per gigabyte.

Namun, SSD masih tetap saja lebih mahal daripada hardisk  tradisional, dan perbedaan ini tidak dapat diabaikan . Misalnya, Western Digital Blue 1 TB dapat dibeli sebesar 700 ribuan. Bandingkan dengan Samsung 850 EVO , harga WD Blue belum mencapai sepertiga dari harga Samsung tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk membeli SSD, membeli kapasitas yang lebih besar drive tentu saja perlu menyediakan nilai uang yang lebih. Sebagai contoh, Samsung 850 EVO 120 GB kisaran harga 700-900 ribu. Untuk tambahan dua kali lipat kapasitas penyimpanan seperti 250 GB anda tentu harus mengeluarkan uang lebih.

Spesifikasi fisik

Setiap kali Anda membeli Hardware , Anda harus melihat mengenai kompabilitas. SSD terbaik di dunia akan menjadi sia-sia jika Anda tidak bisa me-mount pada sistem anda.  Untungnya , SSD hari ini banyak yang kompatibel dengan hampir semua sistem( untuk sebagian besar ) sehingga anda akan baik-baik saja selama anda memperhatikan spesifikasi dasar.

Form Factor : Sebagian SSD modern datang dalam faktor bentuk 2,5 inci , yang kebetulan menjadi ukuran standar untuk HDD laptop. Jika anda akan memasangkan SSD dalam komputer desktop, tentu saja casing komputer harus bisa menyediakan tempat yang cocok bagi SSD.  

Interface: SSD kelas konsumen hampir semua memiliki ATA (SATA) Serial antarmuka. Jika anda ingin mendapatkan kecepatan 3 Gbps SATA atau 6 Gbps SATA akan tergantung bagaimana komputer anda dapat menangani kecepatan tersebut. Saat ini drive 6 Gbps sudah hadir, tetapi 3Gbps biasanya lebih murah jika Anda dapat menemukan mereka.

Kebisingan: Salah satu kelebihan dari SSD daripada HDD adalah bahwa SSD beroperasi tidak bising karena mereka tidak memiliki bagian mekanik.

Pertimbangan Memilih SSD

Apa yang menjadikan banyak orang beralih ke SSD karena secara signifikan mereka lebih cepat. Dengan SSD, komputer bisa boot up dalam hitungan detik, meluncurkan program hampir seketika, dan file transfer hingga 10 kali lebih cepat.

Bahkan SSD terburuk pun masih jauh di depan HDD dalam hal kinerja. Jika soal kecepatan menjadi kekhawatiran Anda, maka tidak ada pertanyaan: SSD menang setiap waktu.

Namun  tidak semua SSD dibuat sama. Anda bisa mempertimbangkan dua opsi dibawah ini :

  • Jika anda menemukan perbandingan SSD dengan tingkatan kecepatan sedikit, dan harga berbeda, tentu anda bisa memilih harga yang lebih murah.
  • Jika anda menemukan perbandingan SSD dengan tingkatan harga sama, tetapi kecepatan berbeda, anda bisa memilih yang lebih cepat.

Kapasitas penyimpanan

Ada perbedaan penting antara cara SSD dan HDD beroperasi. Sementara HDD sering harus berurusan dengan fragmentasi disk, SDDs memiliki ciri khas sendiri. Ketika data ditulis ke SSD , data itu  ditulis dalam potongan yang disebut halaman . Sekelompok halaman disebut blok . Pada waktu tertentu , halaman dalam blok bisa semua kosong , semua penuh , atau campuran kosong dan penuh .

Karena cara kerja SSD direkayasa , sehingga itu tidak mungkin untuk menimpa data yang ada ( yang mungkin ada dalam sebuah HDD ) . Sebaliknya , untuk menulis data baru ke blok yang diduduki , seluruh blok pertama harus dihapus .

Selanjutnya , untuk mencegah hilangnya data, informasi yang ada di blok apa pun harus dipindahkan ke tempat lain sebelum blok bisa dihapus . Setelah data tersebut dipindahkan dan blok dihapus, hanya kemudian dapat data baru ditulis ke blok sebelumnya yang diduduki .

Proses ini , disebut pengumpulan sampah, yang membutuhkan ruang kosong untuk berfungsi dengan baik . Jika Anda tidak memiliki cukup ruang yang tersedia , maka proses pengumpulan sampah kehilangan efisiensi dan akan melambat. Ini adalah salah satu alasan mengapa kinerja sebuah SSD terdegradasi dari waktu ke waktu , jika itu mengisi terlalu banyak .

Untuk menjaga pada efisiensi, anda harus menjaga 20 sampai 30 persen dari drive yang kosong . Misalkan jika anda memiliki kapasitas 250 GB , berarti anda harus menggunakan maksimal hingga 200 GB .

Apakah SSD Tepat Untuk Anda ?

Jika Anda pada anggaran yang ketat , tidak peduli tentang kecepatan , atau memprioritaskan keandalan data di atas segalanya, maka anda harus tetap dengan hard disk tradisional. Atau juga anda bisa mengkombinasikan antara SSD dengan kapasitas kecil sebagai sistem, dan hardisk tradisional sebagai media penyimpanan besar.

Dibawah ini adalah beberapa SSD dengan harga Terjangkau dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk anda, anda bisa membandingkan harganya dengan yang lain sebagai bahan pertimbangan.

MerkSpesifikasi
teknologi nCache 2.0
baca hingga 550 MB/s, tulis hingga 500 MB/s
antarmuka SATA Revision 3.0 (6 Gb/s)
Garansi Resmi SanDisk Indonesia
kecepatan hingga 475MB/s
Kapasitas hingga 128GB
Memungkinkan kinerja PC halus dan transfer file lebih cepat
Samsung SSD 850 Evo
Kapasitas 250GB
Read Speed Up to 540 MB/sec
Write Speed Up to 520 MB/sec
SSD
Kapasitas : 120 GB
Kecepatan baca : 540 Mbps
Kecepatan tulis : 520 Mbps
Interface : SATA 6 Gbps kompatibel dengan SATA 3Gb/s & SATA 1.5Gb/s



Comments