GIGABYTE Ungkap Motherboard Terbaru, Bisa Tahan VGA Hingga 58 kg Loh!

GIGABYTE Ungkap Motherboard Terbaru, Bisa Tahan VGA Hingga 58 kg Loh!

Seiring dengan pertumbuhan kartu grafis yang semakin besar dan berat, kekhawatiran mengenai apakah motherboard dapat menahan beban tersebut menjadi semakin menonjol. GIGABYTE bertujuan untuk mengatasi kekhawatiran ini dengan motherboard B650E Aorus Pro X USB4, yang menjanjikan untuk mendukung kartu grafis yang berbobot hingga 128 pon (sekitar 58Kg).

Namun seberapa signifikankah peningkatan ini, dan apakah hal ini benar-benar akan membuat perbedaan?

Baca juga: Dampak AI Di Mata Pekerja: Disisihkan atau Memanfaatkan?

Menurut pratinjau oleh Benchlife, motherboard Gigabyte B650E Aorus Pro X USB4 dibuat untuk mendukung prosesor AMD Ryzen Zen 5 yang akan datang. Ia dilengkapi slot PCIe 5.0 tangguh yang mampu menangani beban hingga 58 kg (128 pon). Prestasi mengesankan ini berkat PCIe UD Slot X yang diperkuat Gigabyte, dirancang dengan pelat belakang khusus yang diamankan dengan empat sekrup dan strip karet interior untuk mencegah goresan.

Mengapa Slot yang Diperkuat Itu Penting

Kebutuhan akan slot PCIe yang kuat menjadi jelas ketika mempertimbangkan ukuran dan berat kartu grafis modern. Seri Lovelace RTX 4000 Nvidia, khususnya RTX 4090, dikenal karena ukuran dan bobotnya yang besar. Seri Blackwell RTX 5000 mendatang diperkirakan akan mengikuti jejaknya, dengan beberapa model menempati 4,5 slot atau lebih, meskipun beratnya tidak mencapai 128 pon. Slot PCIe yang diperkuat seperti milik Gigabyte dapat memberikan dukungan ekstra yang diperlukan untuk mengakomodasi kartu raksasa ini dengan aman.

GIGABYTE Ungkap Motherboard Terbaru

PCIe UD Slot X

Gigabyte memuji PCIe UD Slot X-nya yang menawarkan toleransi bobot sepuluh kali lipat dibandingkan slot PCIe standar. Hal ini dicapai melalui desainnya yang kokoh, termasuk pelat belakang yang diperkuat dan fitur pendukung tambahan. Meskipun kemampuan slot untuk menopang beban 128 pon mungkin tampak berlebihan, hal ini menyoroti komitmen Gigabyte terhadap daya tahan dan kinerja.

Meskipun spesifikasinya mengesankan, beberapa pengguna tetap skeptis. Walaupun PCIe UD Slot X dapat menahan beban yang signifikan, kartu grafis yang tidak seimbang masih dapat menyebabkan retaknya PCB. Masalah ini telah diamati pada kartu grafis berat generasi sebelumnya, seperti seri RTX 3000 dan 4000.

Selain itu, seperti dicatat oleh Tom’s Hardware, spesifikasi seberat 128 pon mungkin mengacu pada toleransi beban benturan, yang sangat penting untuk transportasi yang aman pada sistem yang sudah dibangun sebelumnya. Namun, hal ini dapat berarti bahwa PC yang terjatuh mungkin masih mengakibatkan kartu grafis yang mahal dan rusak, bukan motherboard yang rusak.

Perspektif yang Lebih Luas

PCIe UD Slot X dari Gigabyte bukanlah konsep baru; itu sudah hadir dalam model seperti Z790 Aorus Xtreme X dan Pro X, yang dipasarkan karena kekuatannya yang ditingkatkan. Namun, B650E Aorus Pro X USB4 menarik lebih banyak perhatian karena dukungannya untuk prosesor Zen 5 yang akan datang dan diharapkan akan dipamerkan di Computex 2024, di mana detail lebih lanjut kemungkinan besar akan diungkapkan.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com