Microsoft Copilot+ PC, Definisi Ulang Komputasi yang Didukung AI

Microsoft Copilot+ PC, Definisi Ulang Komputasi yang Didukung AI

Pada acara penting di kampus baru Microsoft, raksasa teknologi ini memperkenalkan Copilot+ PC, kelas PC Windows baru yang dirancang khusus untuk aplikasi AI. Perangkat canggih ini dilengkapi silikon mutakhir yang diklaim mampu melakukan lebih dari 40 triliun operations per second (TOPS), memastikan masa pakai baterai lebih lama dan akses tak tertandingi ke model AI yang canggih.

Baca juga: ASUS Vivobook S 15: Copilot+ PC Pertama dengan Fitur AI Windows 11

Fitur dan Kemampuan

PC Copilot+ menghadirkan beberapa fitur inovatif untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas:

  • Recall: Menyederhanakan tugas menemukan dan mengingat konten dengan mengatur informasi berdasarkan interaksi pengguna individu, memberikan pengalaman pencarian yang intuitif dan efisien.
  • Cocreator: Memungkinkan pembuatan dan pengeditan gambar bertenaga AI secara real-time pada perangkat, memungkinkan pengguna membuat dan menyempurnakan gambar melalui perintah bahasa alami dengan lancar.
  • Live Captions: Menawarkan terjemahan audio real-time dari lebih dari 40 bahasa ke bahasa Inggris, memfasilitasi komunikasi dan aksesibilitas yang lebih baik.

Fitur-fitur ini tersedia di berbagai perangkat ramping dan ringan dari Microsoft Surface dan mitra seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan Samsung. Preorder dimulai sejak peluncuran, dengan perangkat tersedia mulai 18 Juni, harga mulai dari $999 (kisaran 16 jutaan).

Definisi Ulang Pengalaman Windows

Peluncuran Copilot+ PC menandakan perombakan besar-besaran pada platform Windows. Microsoft telah mengintegrasikan AI di setiap level, mulai dari silikon hingga sistem operasi, menciptakan pengalaman pengguna yang lancar dan hebat. Arsitektur baru ini menggabungkan CPU, GPU, dan Neural Processing Unit (NPU) berperforma tinggi, semuanya terhubung ke model bahasa besar (LLM) Azure Cloud dan model bahasa kecil lokal (SLM).

Microsoft Luncurkan Copilot+ PC

PC Copilot+ menghadirkan akselerasi AI yang tak tertandingi, mengungguli perangkat serupa seperti Apple MacBook Air 15″ hingga 58% dalam kinerja multithread berkelanjutan. PC ini menawarkan masa pakai baterai yang mengesankan, mendukung pemutaran video lokal hingga 22 jam atau penelusuran web selama 15 jam di sekali pengisian daya, yang 20% lebih lama dibandingkan MacBook Air 15″.

Windows telah mengoptimalkan aplikasi untuk chipset tercepat, dimulai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon. Hal ini memastikan kinerja luar biasa untuk aplikasi Microsoft 365 dan berbagai aplikasi pihak ketiga, sehingga memberikan pengalaman komputasi yang kuat dan efisien kepada pengguna.

Peningkatan Keamanan & Privasi

Setiap Copilot+ PC dilengkapi dengan prosesor Microsoft Pluton Security, yang memastikan keamanan yang kuat. Penyempurnaan Windows 11 mencakup fitur-fitur baru, pembaruan, dan kontrol privasi yang dipersonalisasi, memungkinkan pengguna melindungi data mereka secara efektif.

Microsoft telah bermitra dengan pengembang perangkat lunak besar untuk mengintegrasikan kemampuan AI ke dalam aplikasi populer:

  • Adobe: Aplikasi utama seperti Photoshop, Lightroom, dan Express dioptimalkan untuk PC Copilot+, dengan lebih banyak aplikasi seperti Illustrator dan Premiere Pro segera hadir.
  • DaVinci Resolve Studio: Memanfaatkan Magic Mask yang dipercepat NPU untuk efek visual tingkat lanjut.
  • CapCut: Menampilkan Auto Cutout bertenaga NPU untuk penghapusan latar belakang dengan cepat dari klip video.
  • Cephable: Menawarkan kontrol input adaptif menggunakan pipeline kamera bertenaga NPU.
  • LiquidText: Memberikan anotasi dokumen yang lebih cerdas dengan AI pada perangkat.
  • djay Pro: Meningkatkan remix musik dengan NeuralMix yang dioptimalkan NPU.

Live Caption dengan kemampuan terjemahan real-time membuat konten global dapat diakses dengan menerjemahkan audio dari berbagai bahasa ke dalam subtitle bahasa Inggris. Fitur ini beroperasi dengan lancar di semua aplikasi dan platform video, bahkan saat offline.

Perangkat Generasi Berikutnya

Surface Pro dan Surface Laptop baru dari Microsoft memimpin jajaran Copilot+ PC, menampilkan layar menakjubkan, kamera yang disempurnakan dengan AI, dan masa pakai baterai yang lama. Surface Laptop, tersedia dalam model 13,8″ dan 15″, menawarkan pemutaran video hingga 22 jam, sedangkan Surface Pro menawarkan fleksibilitas tak tertandingi dengan layar OLED opsional dan aksesori inovatif.

Perangkat mitra dari Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan Samsung juga bergabung dalam keluarga Copilot+, masing-masing menghadirkan fitur unik dan kemampuan AI tingkat lanjut.

Copilot+ PC pertama diluncurkan dengan prosesor Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus, yang menetapkan standar baru untuk kinerja dan efisiensi. Kolaborasi masa depan dengan Intel dan AMD menjanjikan perangkat yang lebih bertenaga, memperluas komputasi yang disempurnakan dengan AI ke khalayak yang lebih luas, termasuk para gamer dan kreator.

Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pemesanan di muka PC Copilot+, kunjungi Microsoft.com dan pengecer terkemuka. Dunia usaha didorong untuk mulai menguji perangkat berkinerja tinggi ini untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi. Pelajari lebih lanjut tentang penawaran komersial dan kemajuan AI di situs resmi Microsoft.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com