Prosesor Mobile AMD Berikutnya Bakal Berhenti Dukung Windows 10

Prosesor Mobile AMD Berikutnya Bakal Berhenti Dukung Windows 10

AMD dikabarkan merencanakan perubahan signifikan dalam strategi dukungan drivernya dengan peluncuran prosesor mobile generasi berikutnya, khususnya seri Ryzen 9000 “Strix Point”.¬†Menurut sumber, AMD akan menghentikan dukungan driver resmi untuk sistem operasi Windows 10 untuk chip baru ini, yang mungkin mencakup varian lain seperti “Strix Halo.”

Perubahan ini berarti bahwa komponen penting seperti NPU XDNA 2, berbagai komponen SoC, dan bahkan mungkin GPU terintegrasi (iGPU) tidak akan memiliki driver resmi untuk Windows 10.

Baca juga: Berapa Lama Umur Prosesor Bisa Bertahan?

Dampak pada Pengguna Windows 10

Tanpa driver resmi, pengguna notebook dan desktop small form factor (SFF) pre-built yang ditenagai oleh prosesor seri Ryzen 9000 kemungkinan akan menghadapi tantangan jika mereka lebih memilih menjalankan Windows 10.

Sementara mereka yang memiliki keterampilan teknis tingkat lanjut mungkin dapat menginstal driver Windows 11 di sistem Windows 10 secara manual, proses ini tidak dijamin akan bekerja dengan lancar dan mungkin tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar pengguna.

Hasilnya, perangkat yang dilengkapi prosesor baru ini diharapkan sudah diinstal sebelumnya dengan Windows 11, selaras dengan rencana dukungan driver AMD. Hal ini menandai transisi yang signifikan bagi pengguna yang tetap setia pada Windows 10.

Meskipun kurangnya dukungan driver untuk komponen tertentu, inti CPU dari prosesor Ryzen 9000 “Strix Point” masih dapat berfungsi dengan Windows 10. Kompatibilitas parsial ini memastikan bahwa tugas-tugas komputasi dasar dapat dilanjutkan, tetapi fitur-fitur canggih dan optimalisasi kinerja yang disediakan oleh driver khusus akan tetap berfungsi. hilang.

Sementara Prosesor desktop Ryzen 9000 “Granite Ridge” yang akan datang kemungkinan tidak akan terlalu terpengaruh oleh perubahan ini. Prosesor ini memiliki perangkat keras minimal yang memerlukan driver, selain GPU terintegrasi dasar. Oleh karena itu, mereka diharapkan mempertahankan kompatibilitas yang lebih luas dengan Windows 10.

Berakhirnya Dukungan Microsoft untuk Windows 10

Microsoft telah mengumumkan bahwa pembaruan rutin untuk Windows 10 akan berakhir pada 14 Oktober 2025. Pengguna yang ingin terus menggunakan Windows 10 setelah tanggal tersebut perlu membeli paket pembaruan keamanan yang diperpanjang, yang menjadi semakin mahal setiap tahunnya. Keusangan Windows 10 yang direncanakan ini adalah faktor lain yang mendorong pengguna ke sistem operasi yang lebih baru seperti Windows 11.

Rumor penghentian dukungan driver Windows 10 oleh AMD untuk prosesor mobile generasi berikutnya menandakan langkah strategis menuju ekosistem perangkat lunak yang lebih baru. Meskipun perubahan ini mungkin tidak nyaman bagi pengguna yang lebih menyukai Windows 10, perubahan ini sejalan dengan tren industri yang lebih luas dan jadwal dukungan Microsoft sendiri. Seiring dengan terus berkembangnya lanskap teknologi, pengguna dan produsen harus beradaptasi terhadap perubahan ini.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com