T-CREATE Expert DDR5 Review: Desain Unik & Performa Layak

T-CREATE Expert DDR5 Review: Desain Unik & Performa Layak

T-CREATE Expert DDR5 RAM dari TEAMGROUP menawarkan desain unik dan kinerja menjanjikan, melayani pembuat konten dan profesional. Dalam ulasan ini, kami akan mengeksplorasi desain, spesifikasi, kinerja, dan kesesuaian keseluruhannya untuk berbagai platform.

Jadi, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: ASUS Dual GeForce RTX™ 4060 Review: Pilihan Solid untuk Gaming 1080p

Desain

Salah satu fitur menonjol dari T-CREATE Expert DDR5 adalah desainnya yang ramping dan minimalis, tanpa pencahayaan RGB. Skema warna hitam memancarkan kecanggihan, menarik bagi mereka yang lebih menyukai kesederhanaan. Produsen juga menawarkan opsi warna putih yang lebih elegan.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Penyebar panas paduan aluminium tidak hanya meningkatkan estetika tetapi juga menghilangkan panas secara efisien, dibantu oleh konduktivitas termalnya yang tinggi. Ukurannya yang ringkas, dengan tinggi kurang dari 32mm, memastikan kompatibilitas dengan berbagai skenario dan berbagai macam pendingin.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Harga

Untuk harga, varian 32GB dengan speed 6400 Mhz (sampel yang kami miliki) dibandrol kisaran harga 1.8 jutaan. Harga yang dirasa masih masuk akal, tidak mahal banget, meskipun enggak murah juga. Btw, TEAMGROUP sendiri memberikan garansi seumur hidup. Note aja, distributor TEAMGROUP ada banyak, jd pastikan klaim sesuai dengan stiker garansi bawaan. Jadi agak ribet sih kalo ini, dimana user perlu cek dulu stiker garansi yang nempel. Kalo enggak ada, perlu klaim langsung ke TEAMGROUP-nya.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Cek harga terbaru T-CREATE Expert DDR5 :

Spesifikasi Inti

Spesifikasi EXPERT DDR5 DESKTOP MEMORY BLACK
Capacity 32GB (2x16GB)
Speed 6400MHz
Latency (CL) CL40
Bandwidth 51200 MB/s
Voltage 1.35V
Compatibility Intel: 600 Series, 700 Series
Model Number CTCED532G6400HC40BDC01
Dimensions 32(H) x 133(L) x 7(W)mm
Heat Sink Aluminum heat spreader
Warranty Lifetime warranty

Didukung chip memori SK Hynix, T-CREATE Expert DDR5 menawarkan berbagai varian kecepatan, hingga kecepatan 7200 MHz, dan kapasitas hingga 96GB. Namun, perlu dicatat bahwa kapasitas di bawah 32GB tidak tersedia, sehingga membatasi pilihan bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas lebih kecil. Latensi, khususnya pada CL-40, mungkin menjadi perhatian bagi sebagian pengguna, namun varian kecepatan yang berbeda menawarkan waktu latensi yang bervariasi.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Yang unik disini, memori ini punya dua fitur OC profile XMP, antara kecepatan 6400 Mhz dan 6000 Mhz. Nah, RAM ini hanya mendukung XMP aja, enggak mendukung AMD EXPO terbaru. Jadi, asumsi kami memori ini lebih cocok buat platform Intel, meskipun dipakai untuk platform AMD masih memungkinkan. Asal perangkat utama mendukung Intel XMP juga.

Performa

Dalam hal kinerja, T-CREATE Expert DDR5 memberikan hasil yang lumayan, khususnya untuk sampel varian XMP 6400 Mhz yang kami pakai. Ada masalah stabilitas ditemui saat digunakan dengan platform AMD pada kecepatan XMP tertinggi 6400 MHz, performanya justru lebih baik pada 6000 MHz.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Kemampuan overclockingnya luar biasa, dengan pengoperasian stabil yang diamati pada kecepatan hingga 6800 MHz dengan latensi 38 dan voltase 1,35. Sistem pendingin secara efektif menjaga suhu di bawah 38°C selama pengoperasian.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Dalam hal performa gaming, perbedaan antara kecepatan XMP 6400 MHz dan 6000 MHz tidak terlalu besar, dengan sedikit peningkatan terlihat pada kecepatan yang lebih tinggi pada game seperti Cyberpunk 2077.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Namun, tolok ukur seperti SiSoftware Sandra menunjukkan latensi yang lebih tinggi dibandingkan modul RAM lain yang diuji, berpotensi mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Meskipun bandwidth memori tetap kompetitif, T-CREATE Expert DDR5 sedikit kalah dibandingkan beberapa pesaingnya, khususnya KLEVV XR5.

T-CREATE Expert DDR5 Review

T-CREATE Expert DDR5 Review

Kesimpulan

T-CREATE Expert DDR5 menawarkan perpaduan menarik antara desain, kinerja, dan kemampuan overclocking dengan harga terjangkau. Namun, masalah timing dan stabilitas yang relatif longgar pada kecepatan yang lebih tinggi pada platform AMD mungkin menghalangi sebagian pengguna saat berencana akan membangun di platform tim merah.

T-CREATE Expert DDR5 Review

Secara keseluruhan, ini adalah pilihan yang direkomendasikan, terutama bagi mereka yang menggunakan platform Intel, namun calon pembeli harus mempertimbangkan kelemahan yang disebutkan di atas sebelum mengambil keputusan.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com