Microsoft Edge Uji Fitur Pembatas Memori Untuk Tingkatan Kinerja

Microsoft Edge Uji Fitur Pembatas Memori Untuk Tingkatan Kinerja

Sejak menjadi browser default Windows, Microsoft Edge secara konsisten memperluas rangkaian fiturnya, terus memperoleh pangsa pasar dan memperkuat posisinya sebagai opsi browser terkemuka. Kini, Edge siap memperkenalkan fitur baru yang dapat lebih meningkatkan pengalaman pengguna, khususnya bagi para gamer dan power user.

Baca juga: Update Terbaru HWiNFO 8.0 Kini Tambahkan FPS baru & Overlay Statistik

Kabarnya, Microsoft sedang dalam tahap pengujian fitur pembatasan memori yang ditentukan pengguna untuk Edge, yang dirancang untuk mencegah penggunaan RAM berlebihan yang berpotensi memperlambat keseluruhan sistem.

Penemuan fitur ini berasal dari versi terbaru Edge Canary, dengan tangkapan layar yang dibagikan oleh keterangan rahasia @Leopeva64 di platform media sosial X (sebelumnya Twitter), menampilkan opsi ” Resource Controls” baru dalam Edge.

Menurut tangkapan layar yang terungkap, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas konsumsi RAM browser menggunakan bilah kemajuan yang menampilkan skala sesuai dengan memori yang tersedia pada perangkat.

Misalnya, jika sistem memiliki RAM 16 GB, skalanya akan berkisar dari 1 hingga 16, sedangkan perangkat dengan 32 GB atau 64 GB akan melihat skala masing-masing dari 1 hingga 32 atau 1 hingga 64. Selain itu, pengguna dapat menentukan apakah batasan ini hanya berlaku selama sesi permainan atau tetap berlaku sepanjang waktu.

Fitur ini sangat menjanjikan untuk perangkat lama dengan memori terbatas, yang berpotensi mengurangi masalah kinerja yang disebabkan oleh konsumsi sumber daya yang berlebihan. Namun, Microsoft memperingatkan bahwa menetapkan batas yang terlalu ketat dapat berdampak negatif terhadap kinerja browser, sehingga menekankan pentingnya memilih ambang batas yang sesuai untuk pengoperasian optimal.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna dapat menavigasi ke Edge Settings > Performance > Performance Detector dan mengaktifkan tombol di samping “Resource Controls”. Dari sana, mereka dapat menyesuaikan batas penggunaan memori Edge sesuai dengan preferensi mereka, menentukan kapan browser mematuhi batasan ini.

Perlu dicatat bahwa fitur tersebut saat ini sedang menjalani pengujian dan hanya tersedia untuk kelompok Edge Insiders tertentu. Oleh karena itu, pengguna mungkin tidak langsung melihatnya di perangkat mereka, bahkan dengan versi Edge Canary terbaru. Microsoft diperkirakan akan memperluas ketersediaannya secara bertahap dalam beberapa hari dan minggu mendatang, meskipun belum ada jadwal spesifik yang diberikan untuk rilis saluran stabilnya.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com