Project Stardust Adobe : Revolusi Editing Foto Yang Didukung AI

Project Stardust Adobe : Revolusi Editing Foto Yang Didukung AI

Teknologi artificial intelligence (AI) kini semakin lengkap di Adobe. Mereka bahkan kini menggabungkan kecerdasan buatan (AI) ke dalam rangkaian software populer perusahaan untuk pembuatan dan pengeditan gambar dalam satu mesin yang disebut “Project Stardust.”

Baca juga : Rekomendasi Laptop Gaming Di Bawah 20 Jutaan 2023

Integrasi AI Adobe

Adobe telah membuat komitmen kuat untuk mengintegrasikan fitur-fitur berbasis AI di seluruh jajaran perangkat lunaknya, dengan fokus khusus pada pembuatan dan pengeditan gambar.

Menjelang konferensi Adobe Max, perusahaan merilis video teaser yang menampilkan “Project Stardust.” Ini adalah mesin pengeditan foto berbasis AI yang dirancang untuk mengidentifikasi objek individual di dalam foto, memungkinkan pengguna memanipulasinya seolah-olah objek tersebut adalah lapisan terpisah dalam Adobe Photoshop.

Video ini menunjukkan bagaimana Project Stardust dapat langsung mengenali dan memilih objek dalam foto, sebuah tugas yang biasanya memerlukan upaya manual dan memakan waktu, seperti menggunakan alat laso.

Manipulasi Objek Lebih Mudah

Project Stardust menyederhanakan manipulasi objek dengan menyediakan menu perintah yang mudah digunakan. Pengguna dapat dengan mudah memindahkan atau menghapus objek yang dipilih sambil mempertahankan latar belakang yang konsisten.

Project Stardust memungkinkan pengguna melakukan pengeditan yang dihasilkan AI pada foto. Misalnya, dalam teaser, pengguna menyorot ruang kosong dan mengetikkan “bunga kuning” ke dalam perintah teks, yang mengakibatkan penyisipan otomatis buket bunga kuning dengan beberapa pilihan yang dihasilkan AI.

Video ini menunjukkan bagaimana Stardust dapat mengubah pakaian seseorang item demi item. Dalam satu contoh, ia mengubah jaket oranye menjadi jaket kulit hitam yang sesuai dengan pose orang tersebut, dengan kemungkinan perubahan serupa pada item pakaian lainnya.

Project Stardust dapat melakukan penyesuaian kecerdasan bahkan dari perintah yang kurang tepat, seperti menghilangkan elemen yang mengganggu dari latar belakang foto.

Adobe Firefly AI Library

Adobe baru-baru ini memperkenalkan perpustakaan Firefly AI, yang digunakan di berbagai produk Adobe, termasuk Photoshop. Firefly tidak hanya memungkinkan manipulasi objek dalam gambar tetapi juga memungkinkan Photoshop menghasilkan latar belakang baru dan memperluas gambar melampaui batas aslinya.

Adobe juga sedang menjajaki penggunaan Firefly AI dalam pengeditan video. Perangkat lunak ini dapat menggunakan petunjuk teks untuk mengubah suasana video, mengatur papan cerita, menyisipkan grafik, dan melakukan tugas lainnya.

Masa Depan AI dalam Fotografi

Hingga pada akhirnya, spekulasi tampaknya semakin besar mengenai pengaruh AI dalam fotografi dan bagaimana hal ini dapat menimbulkan pertanyaan menarik tentang keaslian dan manipulasi foto, yang menyamakannya dengan paradoks filosofis ” Ship of Theseus “.

Singkatnya, Adobe memanfaatkan teknologi AI untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengeditan dan manipulasi foto, dan Project Stardust adalah salah satu alat berbasis AI yang menarik yang akan mereka ungkapkan pada konferensi Max mendatang. Perkembangan ini mencerminkan tren yang lebih luas dalam industri teknologi dimana AI semakin terintegrasi ke dalam alat dan aplikasi sehari-hari.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com