Keyboard TKL vs Full Size : Penjelasan Singkat, Benefit & Minusnya

Keyboard TKL vs Full Size : Penjelasan Singkat, Benefit & Minusnya

Keyboard TKL (Tenkeyless) dan keyboard ukuran penuh (biasa juga disebut full size) memiliki perbedaan terutama dalam ukuran dan tata letaknya. Berikut kami hadirkan penjelasan detail perbandingan antara kedua tipe keyboard tersebut.

Baca juga : Solusi Untuk Atasi Masalah BSOD Di PC atau Laptop

Perbedaan Utama

Keyboard TKL vs Full Size

Keyboard TKL, disebut juga keyboard tenkeyless, merupakan keyboard yang tidak memiliki keypad numerik di sisi kanannya. Jadi, perbedaan utama antara keyboard TKL dilihat dari ukuran yang dibawa. Keyboard TKL lebih kecil dan ringkas, sehingga ideal untuk gamer yang memiliki ruang terbatas di mejanya.

Keyboard TKL vs Full Size

Sedangkan keyboard ukuran penuh berukuran lebih besar dan memiliki lebih banyak tombol, sehingga dapat berguna bagi orang yang melakukan banyak pekerjaan.

Fitur Utama Keyboard TKL

  • Ukuran: Keyboard TKL lebih kecil dan ringkas dibandingkan keyboard berukuran penuh. Perangkat ini biasanya tidak memiliki keypad numerik di sisi kanan, sehingga mengurangi lebarnya.
  • Tata Letak Tombol: Keyboard TKL memiliki tata letak tombol standar untuk tombol alfanumerik utama, tombol fungsi, dan tombol navigasi. Namun, mereka menghilangkan keypad numerik dan beberapa tombol tambahan yang terdapat pada keyboard berukuran penuh.
  • Portabilitas: Karena ukurannya yang lebih kecil, keyboard TKL lebih portabel dan memakan lebih sedikit ruang meja. Mereka sering kali disukai oleh para gamer dan individu dengan ruang meja terbatas.
  • Estetika: Beberapa pengguna lebih menyukai tampilan keyboard TKL yang lebih bersih dan minimalis karena ukurannya yang lebih kecil dan tombol yang lebih sedikit.
  • Cocok untuk gaming: Keyboard TKL populer di kalangan gamer karena menyediakan tata letak yang lebih ringkas yang memungkinkan pergerakan mouse lebih baik. Mereka juga memberikan lebih banyak ruang untuk aksesori game.
  • Kenyamanan Mengetik: Beberapa pengguna merasa keyboard TKL lebih nyaman untuk mengetik karena posisi mouse lebih dekat ke keyboard, sehingga mengurangi ketegangan pada lengan dan bahu.

Fitur Utama Full size Keyboard

  • Ukuran: Keyboard berukuran penuh dilengkapi keypad numerik di sisi kanan, menjadikannya lebih lebar dari keyboard TKL.
  • Tata Letak Tombol: Keyboard berukuran penuh memiliki tata letak lengkap dengan tombol alfanumerik standar, tombol fungsi, tombol navigasi, papan tombol numerik, dan tombol tambahan (seperti Beranda, Akhiri, Hapus, dan Halaman Atas/Bawah).
  • Produktivitas: Keyboard berukuran penuh sering kali lebih disukai untuk tugas produktivitas yang melibatkan banyak input numerik, seperti entri data, akuntansi, dan pekerjaan spreadsheet. Keypad numerik memudahkan untuk memasukkan angka dengan cepat.
  • Permainan: Meskipun keyboard berukuran penuh kurang kompak dibandingkan keyboard TKL, namun perangkat ini masih ideal digunakan untuk bermain game. Beberapa gamer lebih memilih keyboard berukuran penuh karena kenyamanan keypad numerik dan tombol tambahan yang dapat diprogram.
  • Kenyamanan Mengetik: Kehadiran keypad numerik dapat menghasilkan pengalaman mengetik yang lebih ergonomis bagi sebagian pengguna. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan pengaturan keyboard yang lebih luas, yang mungkin memerlukan lebih banyak ruang di meja.

Simpulan

Singkatnya, opsi terbaik bagi pengguna antara keyboard TKL dan keyboard full size bergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik. Mereka yang memerlukan papan tombol numerik untuk bekerja atau lebih menyukai tata letak papan ketik yang lebih tradisional, keyboard berukuran penuh mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Sebaliknya, jika lebih suka mengutamakan desain ringkas, portabilitas, dan performa gaming, keyboard TKL mungkin lebih cocok.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com