Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Merk FSP pasti lebih dikenal buat urusan Power Supply. Dan ternyata, merk ini juga punya peluang yang baik di pasar casing PC. Buktinya, ada case yang cukup menarik perhatian dari sisi harga dan desain, yaitu seri CMT212A.

Nah, penasaran dengan budget case ala FSP tersebut? Simak lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Budget PSU FSP Hydro-K 750W : Benefit & Minusnya

FSP CMT212A : Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Casing PC FSP 212A itu sendiri terhitung baru di indonesia, padahal kalo lihat tanggal rilis global udah cukup lama keluar. Nah, kami sendiri penasaran kualitas case sama kompabilitasnya. Apalagi kalo liat dari harga yang memiliki angka sekitar 600 nyampe 700 ribuan. Terhitung ramah lah. Cuma kalo murah atau enggaknya sih relatif.

Cek harga terbaru FSP CMT212A disini

Desain

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Jujur aja, impresi pertama case ini positif, apalagi kalo liat dari bagian depan. Ada grilled meshnya, terus ada cover yang punya efek lighting yang nutupi semua bagian front panel. Padahal kalo dibongkar, lightingnya itu Cuma RGB strip bagian samping. Tapi karena ada cover warna putih, itu memberikan pantulan yang ngasi efek lighting lebih besar.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Btw, buat mengatur lighting bisa manual atau pake software motherboard. Soalnya Konektor ada dua, ARGB yang bisa dicolok ke motherboard atau kabel power SATA yang nyolok langsung ke PSU.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Terus, kalian juga udah dapet bonus fan bawaan. Malah totalnya ada 4 yang udah terpasang. Meskipun bukan RGB, tapi kualitas fan bisa ok dan terhitung adem. Kabelnya bukan PWM sih, tapi masih ok lah buat hemat budget.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Kalo materi sih bukan the best, agak tipis gitu. Masih terhitung sama dengan casing entry level low budget. Cuma finishing sangat apik, enggak ada minus berarti. Paintnya smooth, enggak ada bagian yang tajam. Bagian side panel udah pake kaca temper, dan the best nya itu managemen kabel. Ruangnya luas, malah masih bisa nampung sisa kabel psu dengan mudah.

Model Name CMT212A
Type ATX Mid Tower
Color Black
Materials SPCC, Plastic, Temperd Glass
Dimension DxWxH (mm) / (inch) 410x210x441mm
Maximum CPU Cooler Height 160mm
VGA Card Length 320mm
Expansion Slots 7
MotherBoard Support ATX, Micro ATX, Mini-ITX
External I/O port USB3.0x2, USB2.0X1, HD Audio
Power Supply Type 150mm ATX(with front radiator)
190mm ATX(without radiator)
3.5“ HDD 2(Share with SSD X 1)
2.5″ SSD 1
Fan Including(pre-install) Front: 120mm x 3
Rear: 120mm x 1
Fan&Water Cooler Support Front:120mm x3 or 240mm Radiator
Top:120mm x 2
Rear:120mm x1
Max Radiator Support 240mm

Dukungan Storage

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Drive bay buat storage ada, Cuma sayang buat nampung HDD atau SSD terbatas banget. Max Cuma 3 slot. Tempatnya pun kayak enggak beraturan dan agak cukup ribet masangnya.

Kompabilitas Casing

Btw, FSP 212A itu sendiri ukurannya ATX. Yang agak disayangin sebenernya menurut kami secara pribadi kalau case ini punya dimensi panjang sama tinggi seolah enggak balance, panjangnya itu sekitar 41cm, tinggi sekitar 44cm. Padahal kalo liat dari standar case ATX biasanya sekitar 47cm buat panjang. Jadi, buat masang komponen premium pasti ada keterbatasan.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Misal, kami coba pasang VGA ROG Strix premium, ternyata susah. Max panjang VGA yang bisa ditampung paling ideal itu sekitar 30cm. Di webnya mungkin tertulis 32cm, tp masih susah. Apalagi ada space kipas dibagian depan. Kalo maksa mau dipasang kipas casing depan perlu dilepas.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Buat pasang AIO liquid cooler bagian depan bisa sampai ukuran 240, tengah kemungkinan enggak memungkinkan atau perlu cek ketebalan radiator dengan RAM, belakang ukuran 120mm masih mungkin.

Ketinggian Air cooler juga terbatas. Dipasang Noctua chromax black areanya kelebihan. Jadi kalo ditutup pasti enggak mungkin. Nah, diketerangan web tertulis max ketinggian nyampe 16cm. Tp kami pikir sih lebih nyaman dibawah 15cm atau 14cm lah.

Managemen Kabel

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Hal terbaik yang dirasa hadir di casing ini ada di managemen kabel. Areanya luas dan sangat nyaman. Jadi, pengguna yang memiliki PSU non modular dirasa enggak akan terlalu ribet untuk urusan ini. Apalagi banyak ruang untuk mengatur termasuk mengikat jalur kabel.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Terus case ini punya beberapa bagian yang bisa dilepas, termasuk bagian depan, samping kanan maupun kiri, dan drive bay buat storage. Untuk PSU cover sayangnya enggak bisa dilepas.

Simpulan

Casing PC FSP CMT212A overall punya kesan positif, apalagi dari sisi desain bagian depan. Nilainya lebih unik, RGB lighting yang kalem dan potensi cooling lebih baik. Airflow yang masuk bagian depan via mesh bisa lebih efektif.

Budget Casing PC Murah Ala FSP : CMT212A Review

Sayang, dimensi case agak terbatas, terus buat nampung komponen modern dengan ukuran besar atau terlalu panjang enggak disarankan pake casing ini. Tapi bonus fan hingga 4 opsi sih the best, meskipun kalau harga relatif.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang casing PC CMT212A dari FSP. Enggak semua sih diungkap, tapi semoga bermanfaat.

FSP CMT212A Overall Score : 7.8

Positif :

  • Desain lebih Unik
  • Bonus Fan 4x
  • Fitur Mesh dan Managemen Kabel Terbaik
  • Potensi Cooling Sistem Positif

Minus :

  • Dimensi Tinggi case terbatas
  • Pasang Liquid Cooler Terbatas
  • Kompabilitas buat VGA enggak ideal buat PC High-end
Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com