Offset Mounting Bar Noctua Kini Resmi Tersedia, Performa Cooling Lebih Baik

Offset Mounting Bar Noctua Kini Resmi Tersedia, Performa Cooling Lebih Baik

Offset mounting bar dari Noctua yang kompatible dengan CPU Cooler perusahaan untuk soket AMD AM5 kini resmi tersedia. Yang menariknya, Noctua mengklaim perangkat tambahan tersebut bisa secara signifikan mengurangi suhu CPU dengan peningkatan umum di kisaran 1-3°C.

Dengan mengimbangi heatsink 7mm ke arah sisi selatan soket, hadirnya Offset mounting bar akan memberikan lebih banyak tekanan tepat di atas CCD CPU.

Baca juga : RTX 4060 Kabarnya Bakal Hadir Akhir Bulan Juni 2023

“Kami telah bereksperimen dengan pemasangan offset sejak AMD memperkenalkan prosesor chiplet pertamanya yang memiliki hotspot yang bergeser ke sisi selatan soket, tetapi pada AM4, kami hanya melihat peningkatan yang relatif kecil dalam kisaran 0,5-1°C”, kata Roland Mossig (CEO Noctua). “Dengan platform AM5 baru dan desain penyebar panasnya yang berbeda, kami berhasil mencapai peningkatan tipikal dalam kisaran 1-3°C, jadi menurut kami ini akan menjadi peningkatan performa yang sangat menarik bagi pengguna Ryzen 7000!”

Prosesor AMD Ryzen terbaru memiliki Core Complex Die(s) tidak di tengah, tetapi sedikit ke arah selatan CPU. Dengan menggeser heatsink tepat di atas hotspot yang dibuat oleh CCD dan menerapkan tekanan kontak optimal di tempat yang paling penting, kinerja termal seringkali dapat ditingkatkan secara signifikan.

Meskipun hasilnya dapat bervariasi karena kepadatan fluks panas yang berbeda, toleransi CPU dan heatsink, serta faktor lain seperti aplikasi pasta termal, pemasangan offset dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dengan pengurangan tipikal suhu inti berkisar antara 1 dan 3°C pada prosesor AM5 kelas atas. Keuntungan ini dapat digunakan untuk membuat CPU bekerja lebih dingin, untuk mencapai peningkatan frekuensi clock yang lebih tinggi atau untuk mengurangi kecepatan kipas dan tingkat kebisingan.

Meskipun terutama dirancang untuk AM5, bilah pemasangan offset juga dapat digunakan pada AM4, di mana mereka dapat menghasilkan sedikit peningkatan pada prosesor seri Ryzen 5000 dan 3000. Namun, peningkatan saat menggunakan posisi pemasangan offset pada CPU ini cenderung jauh lebih kecil, biasanya <1°C daripada peningkatan 1-3°C yang dapat dicapai pada AM5.

Ada set bar pemasangan offset yang berbeda untuk pendingin yang berbeda tergantung pada jarak pemasangannya (83mm vs. 78mm) dan arsitektur dasar (misalnya, pendingin menara tunggal memerlukan titik pemasangan di timur dan barat soket untuk orientasi optimal, pendingin menara ganda memerlukan titik pemasangan di utara dan selatan soket):

  • NM-AMB12: untuk pendingin dengan pitch pemasangan 83 mm yang memerlukan titik pemasangan di utara dan selatan soket (misalnya NH-D15(S), NH-D14, NH-D9L, NH-C14S, NH-L9x65)
  • NM-AMB13: untuk pendingin dengan pitch pemasangan 83 mm yang memerlukan titik pemasangan di timur dan barat soket (misalnya seri NH-U12P, seri NH-U9B)
  • NM-AMB14: untuk pendingin dengan pitch pemasangan 78 mm yang memerlukan titik pemasangan di utara dan selatan soket (misalnya NH-D12L, NH-L12S)
  • NM-AMB15: untuk pendingin dengan pitch pemasangan 78 mm yang memerlukan titik pemasangan di timur dan barat soket (misalnya NH-U14S, NH-U12A, NH-U12S, NH-U9S)
  • Untuk daftar kompatibilitas lengkap, silakan lihat FAQ ini. Untuk pendingin CPU chromax.black, NM-AMB12 dan NM-AMB15 juga tersedia dalam versi chromax.black.

Harga dan ketersediaan

Bilah pemasangan offset baru ini akan tersedia mulai hari ini melalui situs web Noctua atau Amazon dengan biaya layanan sebesar EUR 3,90 (formulir situs web) atau EUR/USD 4,90 (Amazon) yang membantu menutupi sebagian biaya pengiriman dan penanganan.

Sementara bar NM-AMB12, NM-AMB14 dan NM-AMB15 untuk model yang lebih dingin saat ini sudah tersedia, NM-AMB13 yang diperlukan untuk model lama akan siap dipesan dalam 1-2 minggu.

Noctua juga sedang memperbarui semua model pendingin CPU multi-socket untuk menyertakan bilah pemasangan offset baru. Meskipun ketersediaan akan bervariasi antara model dan negara, pendingin pertama yang sudah menyertakan bilah pemasangan offset akan mulai tersedia pada Q4.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com