Tembaga Seberat 4Kg Ternyata Bisa Dinginkan CPU Core i9 Loh!

Tembaga Seberat 4Kg Ternyata Bisa Dinginkan CPU Core i9 Loh!

Tembaga tidak diragukan lagi merupakan konduktor panas yang sangat baik. Itulah mengapa, seorang Redditor yang disebut “That-Desktop-User” memakai sepotong tembaga sebagai cara lain untuk mendinginkan prosesor Intel Core i9.

Meskipun cara tersebut tidak lazim, namun nyatanya tembaga tersebut mampu menjaga suhu CPU sangat baik dengan idle mencapai rata-rata hingga 35 derajat dan sekitar 80 derajat di bawah beban.

Baca juga : Google Siap Integrasikan AI Mirip ChatGPT Tidak Lama Lagi

Ceritanya, ia mendapatkan bongkahan tembaga dari mesin medis tua, yang berisi lubang-lubang yang sudah dirajut sebelumnya dan masih memakai filter kuningan di bagian dalamnya. Berat utuh dari sepotong tembaga tersebut 4KG dan tampaknya ia hanya menempatkan potongan tersebut diatas prosesor.

Tembaga Seberat 4Kg Ternyata Bisa Dinginkan CPU Core i9 Loh!

Hal yang luar biasa tentang pengaturan pendinginan yang lazim ini adalah betapa efektifnya bisa menjaga suhu. “Heatsink” dengan lampisan tembaga penuh tersbeut  mampu menjaga prosesor Core i9 pada suhu sekitar 80 derajat di bawah beban. Dengan modifikasi, termal yang lebih baik mungkin dapat dicapai.

Massa termal yang sangat besar dari blok tembaga ini mungkin yang membuat prosesor i9 tetap dingin di bawah beban, meskipun kami belum bisa mengetahui bagaimana solusi heatsink yang gila ini akan bekerja ketika disajikan dengan beban yang besar dan berkelanjutan.

That-Desktop-User hanya menguji heatsink tembaganya selama 15 menit di bawah beban, dan kemungkinan beban yang lebih lama dapat membebani massa termal yang besar dari heatsink tembaga tebal ini. Kemungkinan prosesor i9 akan menambah panas ke heatsink tembaga ini lebih cepat daripada yang dapat dikeluarkannya ke udara di sekitarnya, yang mengakibatkan kenaikan suhu untuk blok tembaga dan panas CPU yang lebih tinggi.

Tapi setidaknya, ini bisa menjadi cara “lain” untuk mendapatkan cooler gratisan tanpa perlu membeli pendingin CPU normal? Siapa tau kalian menemukan sepotong tembaga besar diluar sana. Hanya saja hal tersebut tidak direkomendasikan, terlebih lagi selalu ada resiko.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com