Sapphire Radeon RX 7900 XTX Punya Clockspeed Tertinggi Hingga 3.5 Ghz

Sapphire Radeon RX 7900 XTX Punya Clockspeed Tertinggi Hingga 3.5 Ghz

Radeon RX 7900 XTX versi Custom dari Sapphire tampaknya memiliki tingkat clockspeed yang lebih tinggi dibanding seri standar dengan rata-rata hingga 3.455 Mhz. Bahkan itu bisa mencapai puncak hingga 3.548 Mhz, meskipun kartu tersebut tidak sepenuhnya stabil.

Baca juga : ASUS Umumkan PC Desktop ExpertCenter Terbaru Bertenaga Intel 13th Gen

Dilansir berdasarkan laporan ComputerBase, klaim kalau GPU terbaru AMD yang bisa mencapai kecepatan lebih dari 3 GHz bisa benar adanya. Meskipun itu tidak berlaku untuk beban kerja game yang berat.

Frekuensi tinggi seperti yang diungkap diawal dicapai pada daya 374W, dengan batas 500W. Ini berarti bahwa GPU tidak dibatasi daya, terutama karena seri Sapphire memiliki desain khusus dengan vapor chamber yang lebih baik.

Bahkan sebenarnya 13% lebih tinggi dari model referensi, tetapi pada saat yang sama mengkonsumsi daya 21% lebih banyak. Clock GPU tersebut juga 24% lebih tinggi dari GPU RX 6900 XT generasi terakhir.

Namun, dalam game, frekuensinya jauh lebih rendah. Rata-rata clock referensi AMD RX 7900 XTX GPU adalah 2554 MHz, sedangkan kartu Sapphire Nitro yang sangat dioptimalkan (di-overclock) dapat mencapai rata-rata 2832 MHz. Editor ComputerBase menyebutkan bahwa frekuensinya sebenarnya dapat mencapai 3155 MHz di beberapa adegan pengujian khusus, tetapi itu hanya berlaku untuk Navi 31 khusus dalam game.

AMD sendiri mengiklankan arsitektur RDNA3 sebagai yang pertama melebihi 3 GHz. Yang juga perlu diperhatikan adalah bahwa Navi 31 hanyalah salah satu dari tiga GPU yang direncanakan. Karena GPU RDNA yang lebih kecil cenderung memiliki clock yang lebih tinggi, kemungkinan besar model khusus berdasarkan Navi 33/32 akhirnya akan melewati rata-rata 3,0 GHz dalam game.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com