Prosesor Mobile Intel Generasi Ke-13 Raptor Lake Resmi Diumumkan

Prosesor Mobile Intel Generasi Ke-13 Raptor Lake Resmi Diumumkan

CPU Laptop bakal semakin powerful ketika hari ini Intel juga meluncurkan keluarga prosesor mobile Core “Raptor Lake” Generasi ke-13.

Produsen bahkan memberikan jajaran terlengkap dengan menempatkan seri HX menjadi pilihan terdepan untuk penggemar.

Baca juga : Resmi Diumumkan, Berikut Daftar Tambahan Prosesor Desktop Intel 13th Gen 65W

Intel Core HX Series

Seri Core HX Generasi ke-13 bisa ideal untuk para gamer, kreator di tempat, dan workstation mobile. Prosesor ini hadir dengan jumlah core hingga 8P+16E, menjadikannya prosesor mobile 24 core pertama. Chip diklasifikasikan memiliki TDP 55 W, dengan nilai daya turbo maksimum ditetapkan setinggi 155 W.

Prosesor Mobile Intel Generasi Ke-13 Raptor Lake

Keluarga Core HX Generasi ke-13 mencakup tiga model prosesor 8P+16E, dipimpin oleh Core i9-13980HX, model unik 8P+12E yang memimpin paket Core i7, i7-13700HX; beberapa model 8P+8E, diikuti oleh model 6P+8E dan 6P+4E yang ada di seri Core i5. Semua bagian memiliki daya dasar 55W, dan daya turbo maksimum 157W, setidaknya tiga di antaranya mendapatkan rangkaian fitur vPro Enterprise lengkap.

Intel Core H Series

Kemudian ada seri H dengan kelas daya 45 W, dimana boleh dibilang sebagai pekerja keras utama jajaran Intel. Chip ini didasarkan pada silikon baru yang memiliki die komputasi 6P+8E, dan PCH dalam paket.

Prosesor Mobile Intel Generasi Ke-13 Raptor Lake

Segmen-H memiliki 11 SKU, termasuk seri unggulan Core i9 (6P+8E), tiga dari empat SKU Core i7 juga memiliki 6P+8E, tetapi dengan frekuensi yang lebih rendah; dan SKU 6P+4E Core i7. Jajaran Core i5 di segmen H menampilkan tiga SKU 4P+8E, dan satu SKU 4P+4E. SKU Core i9 dan Core i7 H-series menampilkan daya dasar 45 W, dan daya turbo maksimum 115 W.

Intel Core P Series

Segmen-P prosesor menargetkan laptop tipis dan ringan dengan daya 28 W, dan terdiri dari empat SKU yang mencakup ekstensi merek Core i7 dan Core i5. Bagian Core i7 teratas adalah 6P+8E, diikuti oleh bagian 4P+8E.

Prosesor Mobile Intel Generasi Ke-13 Raptor Lake

Seri Core i5 mencakup beberapa bagian 4P+8E. Keduanya hadir dengan tenaga dasar 28 W, dan tenaga turbo 64 W. Di bawah ini adalah ultraportable penargetan segmen-U yang sangat penting, dengan peringkat daya serendah 15 W, dengan daya turbo hingga 55 W. Chip ini secara menarik didasarkan pada versi yang lebih kecil dari silikon “Raptor Lake” yang secara fisik hanya memiliki 2P+8E sebagai konfigurasi core.

Intel juga memperbarui spesifikasi platform mobile Evo untuk memasukkan lebih banyak fitur ketersediaan instan, daya tanggap, masa pakai baterai, peningkatan spesifikasi tampilan, kamera, dan sensor, serta opsi konektivitas yang ditingkatkan.

Intel Core U Series

Untuk Core U-Series di jajaran prosesor laptop terbaru Intel 13th gen, produsen memiliki 7 pilihan SKU terbaru dengan pilihan tertinggi ada di seri Core i7-1365U (2P+8E) dengan clockspeed up to 5.2 Ghz.

Prosesor Mobile Intel Generasi Ke-13 Raptor Lake

Seri Core U juga ditargetkan untuk laptop tipis yang lebih modern dan ringan plus memiliki daya terendah hingga 15W. Varian yang ditawarkan juga terhitung lengkap termasuk seri Core i5 maupun varian Core i3. Jadi, kita bisa melihat juga ada opsi budget untuk laptop terbaru berbasis Intel 13th Gen ini.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com