Rekomendasi Laptop 4 Jutaan : HP 14S DK1524AU

Rekomendasi Laptop 4 Jutaan : HP 14S DK1524AU

Laptop budget 4 jutaan kini makin banyak opsi hebat. Salah satunya adalah HP 14S DK1524AU yang bahkan harganya kini turun. Menariknya, laptop ini punya spek yang terhitung tangguh, termasuk hadirnya NVMe SSD kenceng dan kapasitas besar.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Best Deals : XFX Speedster SWFT 210 Radeon RX 6600 Harganya Kini Cuma 5 Jutaan

HP 14S DK1524AU : Yang Kami Tahu Sejauh ini

Dukungan mobilitas laptop ini jadi salah satu yang terbaik, desain pun nyaman. Selain bentuknya enggak terlalu tebal, bobot yang ditawarkan laptop ini juga cuma sekitar 1.47 Kg. Jadi itu sih ok buat dibawa pergi keluar dan enggak ribet pastinya.

Rekomendasi Laptop 4 Jutaan : HP 14S DK1524AU

Logo HP yang hadir tentu punya kesan tersendiri, meskipun pilihan warna laptop ini mungkin terbatas. Kami sendiri pake sampel warna silver dengan rasa yang cukup elegan, cuma casing sih bukan yang terbaik dan pastinya disesuaikan dengan budget.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi HP 14S DK1524AU
Processor AMD Athlon Silver 3050 (Up to to 3.3 GHz max boost clock, 4 MB L3 cache, 2 cores, 4 threads)
Memory 4 GB DDR4-2400 MHz RAM (1 x 4 GB)
Graphics AMD Radeon™ Graphics
Storage 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Display 14″ diagonal, HD (1366×768), micro-edge, BrightView, 250 nits, 45% NTSC
Wireless Realtek RTL8821CE 802.11a/b/g/n/ac (1×1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo
Network Integrated 10/100/1000 GbE LAN
Expansion slots 1 multi-format SD media card reader
Ports 1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate
2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate
1 HDMI
1 RJ-45
1 AC smart pin
1 headphone/microphone combo
Battery 3-cell, 41 Wh Li-ion
Webcam HP True Vision 720p HD camera with integrated digital microphone
Operating System Windows 10 Home Single Language 64
Free Office Home and Student 2019
Harga Rp 4.879.000 (Cek harga terbaru disini)

Spek inti yang jadi magnet utama laptop ini adalah prosesor AMD Athlon Silver 3050u. ini dirasa jadi varian terendah di seri 14s, namun masih ok buat dipertimbangkan. Athlon Silver 3050u boleh dibilang jadi salah satu CPU low-end yang cukup tangguh, bahkan lebih baik dibanding Celeron N4020.

Fitur dual core dan dual thread yang dibawa CPU ini mungkin terbatas buat pekerjaan kasual dan enggak terlalu menuntut, seperti office, browsing, nonton video atau kasual game maupun eSport. Clockspeed yang ditawarkan sebenernya cukup tinggi hingga 3.2Ghz dan bawa L3 cache 4MB. Tapi sekali lagi jangan harap lebih deh buat kinerja multi-tasking misalnya.

Rekomendasi Laptop 4 Jutaan : HP 14S DK1524AU

Cuma, CPU ini bisa memberikan efisiensi yang baik. Terlebih lagi dibangun pada proses node 14nm dan TDP default 15W. Jadi, konsumsi daya bakal lebih rendah sehingga performa baterai bakal lebih positif.

Apa yang menarik dari Athlon Silver 3050u adalah kehadiran integrated GPU bawaan CPU, yaitun Radeon Graphic. Kalian bisa mengandalkan GPU tersebut buat beban kinerja grafis yang cukup baik, entah editing, video atau main game ringan. Radeon graphic itu sendiri bawa jumlah Core 2 dan Graphic frequency hingga 1100 Mhz. Meskipun bukan yang terbaik, tapi GPU ini setidaknya lebih nyaman dibanding Intel.

Kami sendiri mengetes dua game antara DOTA 2 dan CS : Go, kinerja radeon graphic sebenernya masih ok di resolusi 720p low setting. Fps rata-rata dapet 34 dan 36 masing-masing. Tapi sekali lagi ini dipengaruhi RAM sistem. Performa bakal lebih baik ketika kalian pake dual channel, karena default 4GB single mungkin enggak terlalu nendang.

Rekomendasi Laptop 4 Jutaan : HP 14S DK1524AU

Memori default laptop ini 4GB DDR4 dengan speed 2400 Mhz. RAM sistem mungkin sangat terbatas, buat sistem operasi aja bisa memakan kapasitas cukup besar. Tapi untungnya ada slot RAM extra, jadi kalian bisa upgrade memori ke pilihan yang lebih besar. Selain itu, kinerja iGPU juga bakal tergantung memori sistem. Jadi fitur dual channel pasti bakal berpengaruh ke performa.

Sedangkan storage, hadirnya NVMe SSD jadi solusi terbaik buat laptop budget 5 jutaan kurang ini. Kinerja pastinya kenceng, entah buat transfer data atau memuat aplikasi. Kapasitas 512GB juga sangat mencukupi, jadi kalian enggak usah upgrade storage lagi, meskipun memungkinkan. Artinya kalian bisa tambah SSD 2.5” SATA ke laptop, cuma butuh caddy aja biar bisa dipasang.

Sedangkan performa sih mungkin bukan yang terbaik, tapi masih diatas rata-rata SATA SSD.Sequential read speed up to 898 MB/s, dan write speed up to 809 MB/s.

Konektivitas

Konektivitas terhitung lengkap, meskipun jumlah port USB agak terbatas dengan total cuma ada 3, antara USB 3.0 dan USB Type C. HDMI dan port LAN juga ada, termasuk audio jack combo 3.5 mm. Selain itu, user juga bisa manfaatin networking nirkabel pake WirelessRealtek RTL8821CE 802.11a/b/g/n/ac (1×1) Wi-Fi® dan Bluetooth® 4.2 combo.

Display

Monitor HP 14S DK1524AU cukup luas dengan Ukuran 14” micro-edge, BrightView, 220 nits. Cuma resolusi mungkin agak terbatas dengan nilai HD (1366 x 768) aja. Tapi masih worth lah, apalagi harganya juga lebih nyaman di kantong.

Nah, panel TN yang hadir agak terbatas dari kualitas visual yang ditawarkan, dan terbatas juga dari sudut pandang. Jadi minus mungkin ada di layar, apalagi pemakaian di area yang agak terang perlu diatur dulu posisinya. Tapi sekali lagi, harga yang ditawarkan pasti perlu pengorbanan.

Bonus Extra

Audio dan webcam juga ready, meskipun bukan yang terbaik sih. Tapi wajar lah ketika melihat harganya. Malah touchpadnya responsif, termasuk keyboard full size dan fitur backlight juga hadir.

Dan jangan khawatir dengan kebutuhan sistem operasi, ini udah lengkap dengan OS Windows 10 Home original. Malah udah termasuk juga dengan paket Office 2019 home student. Cuma perlu aktivasi extra aja.

Kinerja Baterai

Baterai laptop ini pake lithium Ion dengan kapasitas 3213 mAh. Meskipun kapasitas terhitung kecil, tapi nyatanya cukup bandel saat pemakain kasual.

Contoh, kami coba browsing dan nonton video dengan brightness default, laptop bisa bertahan hingga 7 jam 35 menit.

Rekomendasi Laptop 4 Jutaan : HP 14S DK1524AU

Sedangkan buat game atau aplikasi yang menuntut turun jadi 4 jam 52 menit. Ini sih sebenernya masih ok, dan waktu charging juga cukup nyaman hingga 1 jam 32 menit.

Laptop 4 jutaan

Suhu laptop juga masih aman dengan rata-rata hingga 72° saat main game atau beban aplikasi yang cukup menuntut. Jadi enggak usah khawatir lagi dipake berlama-lama, karena suhu aman dan stabil. Enggak bakal mempengaruhi kinerja juga.

Simpulan

Jadi, gimana menurut kalian sejauh ini? HP 14S DK1524AU kami rasa jadi salah satu rekomendasi laptop handal di budget 5 jutaan kurang. Nilai harga sekitar 4.8 jutaan tentu masuk area ramah anggaran, disisi lain kalian udah dapet spek yang cukup kenceng, seperti storagenya udah SSD NVMe kapasitas 512GB.

Performa CPU juga ok, meskipun bukan yang terbaik sih. Sedangkan grafis bakal dipengaruhi RAM sistem. Jadi saat beli laptop ini, langkah selanjutnya yang penting itu upgrade RAM.

Kalo port USB mungkin terbatas, tapi masih lengkap sih. Jika kalian punya banyak perangkat, maka wajib beli port hub tambahan. Display mungkin terbatas dari sudut pandang, tapi sekali lagi harga bakal mengorbankan banyak hal.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang laptop HP 14S DK1524AU. Enggak semua sih diungkap, tapi semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com