Home » ASUS TUF Gaming AX5400 Review : Router Gaming Berkelas, Banyak Fitur Canggih

ASUS TUF Gaming AX5400 Review : Router Gaming Berkelas, Banyak Fitur Canggih

Internet hari ini semakin modern, begitupun dengan perangkat yang melekat bersamanya. Contoh nyatanya adalah kehadiran router TUF Gaming AX5400 dari ASUS. Perangkat ini punya banyak hal yang menarik untuk diungkap, malah jadi salah satu router Wifi 6 terbaik dan ideal buat mereka yang ingin memaksimalkan konektivitas di rumah atau kantor.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan router ini? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS VivoBook 14 M415DAO-FHD024 Preview : Laptop Murah Budget 5 Jutaan

ASUS TUF Gaming AX5400 Review

Sejauh yang kami tahu, Router ASUS TUF Gaming AX5400 itu mungkin pasarnya agak terbatas, karena nilai yang ditawarkan bisa cukup mahal di kisaran 3 jutaan. Tentu melihat harga tersebut pasti banyak orang pasti mikir dulu, apalagi rata-rata pengguna di Indonesia melihat kalau Router itu masih jadi opsi secondary.

Padahal memiliki router yang baik itu bisa memberikan banyak manfaat, seperti internetan lebih stabil, keamanan yang lebih baik dan lebih efektif saat dipakai banyak pengguna. Disisi lain, ASUS TUF Gaming AX5400 punya segudang teknologi mumpuni yang tentu aja benefitnya bakal berasa langsung ke pengguna.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Poin Penting TUF Gaming AX5400

So, inti dari router ini sih ada beberapa poin penting, yaitu :

  • Dukungan WiFi 6 – Kecepatan up to 5400 Mbps serta 4X efisiensi jaringan dengan OFDMA dan saluran 160MHz.
  • Port gaming khusus – Prioritas utama buat perangkat game yang terhubung.
  • Port Forwarding yang sangat – Open NAT mempermudah penerusan port, menghindari konfigurasi manual yang rumit dan menjengkelkan.
  • Dukungan ASUS AiMesh – Buat jaringan mesh di seluruh rumah yang fleksibel dan lancar dengan router yang kompatibel dengan AiMesh
  • Ketahanan Teruji dan Pengoperasian Stabil – TUF Gaming AX5400 dirancang agar awet dan menjalani pengujian terverifikasi guna memastikan pengoperasian yang andal dan stabil.

Spesifikasi inti

Spesifikasi ASUS TUF Gaming AX5400 
Network Standard IEEE 802.11a
IEEE 802.11b
IEEE 802.11g
WiFi 4 (802.11n)
WiFi 5 (802.11ac)
WiFi 6 (802.11ax)
IPv4
IPv6
Antenna External antenna x 6
Transmit/Receive 2.4GHz 2×2
5GHz-2 4×4
Processor 1.5 GHz tri-core processor
Memory 256 MB Flash
512 MB RAM
Boosts speed OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access)
Beamforming: standard-based and universal
1024-QAM high data rate
20/40/80/160 MHz bandwidth
Operating Frequency 2.4G Hz / 5 GHz
Ports RJ45 for Gigabits BaseT for WAN x 1, RJ45 for Gigabits BaseT for LAN x 4
USB 3.2 Gen 1 x 1
Button
WPS Button, Reset Button, Power Button
LED Indicator Power x 1
2.4GHz x 1
5GHz x 1
WAN x 1
LAN x 4
Power Supply AC Input : 100V~240V (50~60Hz)
DC Output : 12 V with max. 2.5 A current
Package content TUF Gaming AX5400 WiFi 6 router
RJ-45 cable
Power adapter
Quick Start Guide
Warranty card
Product Weight (g) 600 g

Detail spesifikasi nunjukin kalau ASUS TUF Gaming AX5400 bisa jadi aset berharga buat hari ini atau beberapa tahun kedepan. Contoh, dukungan networking router ini banyak opsi, mulai dari IEEE 802.11a hingga opsi terbaru WiFi 6 (802.11ax) dengan speed bandwith bisa mencapai 4804 Mbps.

Router itu sendiri prosesor bawaan dengan kekuatan triple core, storage 256 Mb dan default RAM 512MB. Jadi bukan tanpa alasan juga kalau router itu bisa bekerja secara mandiri. Selain itu juga ada port USB 3.1 gen 1 yang bisa menyambungkan perangkat extra. Misal kalian bisa memasang dongle LTE 4G ke perangkat ini, jadi internetan masih memungkinkan memakai provider bawaan dongle.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Dukungan antena juga banyak hingga 6 opsi, itu berarti perangkat ini punya cakupan area WiFi yang luas, bahkan jauh lebih baik dibanding standar router modern. Jadi, mereka yang terbatas dengan WiFi nirkabel tentu bisa memanfaatkan router buat mendapatkan jangkauan WiFi lebih baik.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Disamping itu, perangkat ini juga punya dua jalur frekuensi antara 2.4 Ghz dan 5.0 Ghz, plus bisa secara otomatis memaksimalkan dua frekuensi ini sesuai dengan kebutuhan perangkat yang terhubung.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Ada empat port LAN yang disediakan router ini, dan dua port LAN dirasa lebih istimewa dengan istilah Gaming Port. Artinya ketika terhubung di port ini bakal memberikan perangkat game yang terhubung sebagai prioritas utama di jaringan. Jadi jika ingin stabilitas saat main game terjamin, cukup sambungkan PC atau konsol game ke port gaming dengan dua opsi yang tersedia, antara LAN 1 dan LAN 2.

Networking Setup & Interface

Proses setup TUF Gaming AX5400 juga sebenernya cukup mudah, dimana pengguna hanya perlu login ke konsol dengan alamat http://router.asus.com/. Kalian bisa melakukannya entah lewat PC atau smartphone, cuma note aja kalau pembuatan password mungkin agak sedikit ribet. Perlu tambahan kata sandi yang lebih rumit, termasuk simbol. Alasannya sederhana, biar router enggak mudah di hack dengan sumber password yang kuat.

Bagian interface software konsol untuk mengatur router ini sangat lengkap dengan banyak pengaturan, entah buat WiFi, networking lewat kabel, fitur istimewa dan sebagainya. Mungkin enggak semua pengaturan bakal dipakai pengguna, namun detail yang ditawarkan router ini nyatanya enggak berlaku buat kasual user, namun kalangan profesional juga berlaku.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Contoh, dibagian general network map kalian bisa melihat poin utama dari Router, seperti jumlah klien yang terhubung atau status system dengan beberapa shortcut seperti mengatur smart connect dan password WiFi, status hardware router atau ngatur langsung fitur RGB.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Di Advanced Setting kalian bisa ngatur lebih detail, misal pengaturan networking secara nirkabel, LAN atau WAN.  Btw, private VPN bawaan router juga tersedia, jadi jika ingin browsing lebih private, kalian bisa aktifin fitur ini.

Pengen lebih mudah ngatur router? Dukungan Amazon Alexa juga berlaku. Meskipun pilihan bahasa terbatas dan tampaknya mungkin penggunaan fitur ini cukup jarang di negara kita.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Teknologi Unggulan

Hal terbaik dari TUF Gaming AX5400 juga adalah dukungan teknologi OFDMA dan MU-MIMO yang bisa memberikan efisiensi dan kapasitas terbaik.

Hadirnya OFDMA (orthogonal frequency division multiple access) memungkinkan komunikasi AP bersamaan (uplink & downlink) dengan banyak klien. Artinya teknologi ini memungkinkan satu saluran dapat mengirim data ke beberapa pengguna secara bersamaan, sehingga bakal ningkatin efisiensi dan tentu aja bisa mengurangi latensi.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Dukungan MU-MIMO juga bakal lebih berasa saat router dipakai banyak perangkat secara bersamaan. Misal nih saat ada momen tertentu dimana banyak pengguna memakai sumber WiFi barengan. Ketika MU-MIMO aktif, router  bisa memberikan speed maksimum buat semua perangkat yang terhubung tanpa harus menunggu sinyal secara bergiliran.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

AiMesh juga bisa jadi salah satu fitur unggulan perangkat ini yang menghubungkan beberapa router ASUS untuk membuat jaringan WiFi seluruh rumah atau kantor. Itu tentu bisa memberikan cakupan area yang jauh lebih luas.

Dan terakhir itu ada di dukungan keamanan yang lebih baik lewat AiProtection. Ketika router standar memiliki keamanan yang mungkin masih rentan, TUF Gaming AX5400 bisa memberikan fitur yang lebih baik buat urusan ini.

Router ASUS TUF Gaming AX5400

Malah enggak ribet juga, karena default bawaan setidaknya udah ada jaminan keamanan, seperti Router Security Assessment, Two-Way IPS, Malicious site blocking atau bahkan fitur untuk mencegah dan memblokir perangkat yang terinfeksi.

Jadi, Ideal Buat Siapa Sih Router ini?

Pengguna yang memiliki internet terbatas maupun jumlah pengguna yang sedikit mungkin enggak bakal berasa manfaatnya. Selain itu, harga 3 jutaan juga bakal memberikan pasar yang enggak terlalu luas. Karena enggak semua orang juga bisa memilikinya.

Tapi buat mereka yang butuh router handal dan cakupan area yang lebih luas, maka ASUS TUF Gaming AX5400 tentu bisa cocok buat dipertimbangkan. Kualitas juga menawan, dan sertifikat TUF juga punya alasan tersendiri buat pemakaian jangka panjang.

Simpulan

ASUS TUF Gaming AX5400 mungkin punya harga yang cukup mahal, meskipun lini ini sih belum terhitung mahal di jajaran router ASUS. Tapi kayaknya enggak semua konsumen di negara kita bersedia untuk membayar sebuah router senilai 3 jutaan lebih. Cuma, esensi router ini bakal lebih berasa manfaatnya buat mereka yang ingin memaksimalkan internet jauh lebih efektif.

Contoh, router ini bakal memberikan dampak besar bagi banyak pengguna saat memakai internet secara bersamaan, malah bisa nampung hingga 70 perangkat bersamaan. Enggak ada lagi istilah lag saat menonton video, main game atau mengunduh file saat banyak perangkat tersambung. Hadirnya teknologi OFDMA dan MU-MIMO tentu jadi alasannya. Kedua fitur ini tentu bisa memberikan efisiensi dan kapasitas terbaik di TUF Gaming AX5400. Kandidat “best wifi 6 router” tampaknya bisa cocok di TUF Gaming AX5400.

Banyak fitur canggih juga, entah fitur keamanan yang lebih baik lewat AiProtection, WiFi6 dengan speed yang lebih kenceng, AiMesh atau bahkan kemudahan buat ngatur lewat interface yang lengkap dan nyaman. Ada juga fitur istimewa, seperti port gaming khusus, fitur Open NAT yang bakal lebih berasa buat gamer dan VPN.

Dari semua hal seru tersebut, wajar juga jika ASUS TUF Gaming AX5400 dapat award istimewa editor’s choice dari kami sebagai salah satu router gaming handal dengan banyak fitur hebat.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang ASUS TUF Gaming AX5400. Meskipun enggak semua diungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Artikel Terkait