Begini Cara Memilih SSD Yang Ideal Sebelum Membelinya

Begini Cara Memilih SSD Yang Ideal Sebelum Membelinya

Gimana sih cara memilih SSD yang baik itu? Suka atau enggak, membeli perangkat yang satu ini enggak melulu didasarkan pada performa tertinggi, merk tertentu atau harga yang lebih menggoda. Ada cara tersendiri, yang setidaknya bakal memberikan hal lebih positif saat sudah membelinya.

Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Batasan Aman Suhu Prosesor Itu Berapa Sih?

Begini Cara Memilih SSD Ideal Sebelum Membelinya

1. Cek Detail Spesifikasi Produk

Ok, hal pertama yang perlu kalian ketahui itu kepastian detail spesifikasi produk resmi dari produk yang akan dibeli. Biasanya ini terkait dengan kejelasan informasi yang bisa memberikan keyakinan konsumen pada SSD yang akan dibeli. Jika enggak, suka ada keraguan nantinya, entah dari garansi yang ditawarkan, kualitas atau bahkan potensi performanya.

2. Kepastian Garansi

Kemudian garansi, entah garansi dari pembuat SSD itu sendiri atau distributor resmi. Ini jadi hal penting lain yang perlu kalian perhatikan. Karena, produk hebat pun sewaktu-waktu bisa bermasalah.

3. Cek Patokan Harga Resmi

Lalu hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli SSD itu patokan harga resmi. Harga resmi yang diumumkan produsen bisa berbeda dengan penjual di pasaran. Beda selisih pasti ada, namun jika bedanya terlalu jauh, itu tentu enggak banget buat dipertimbangkan. Disisi lain, tau tentang harga MSRP (manufacturer’s suggested retail price) bisa jadi patokan sebelum membeli.

4. Cek Kompabilitas

Cara Memilih SSD Yang Ideal

Hal lainnya adalah masalah kompabilitas. Entah bentuk faktor dari SSD yang akan kalian beli seperti M.2 atau SATA, interface misal SSD gen4 masih mungkin dipasang di slot M.2 PCIe 3×4, tapi kinerja pastinya terbatas. Terkadang, enggak semua tipe storage ini bisa dipasang di perangkat lama juga.

5. Pahami Nilai TBW-nya

TBW atau Terabytes Written biasanya jadi standar ukuran masa tulis SSD dimana ini berlaku sebagai jumlah total data terabytes yang dapat ditulis.  Intinya, itu bisa jadi patokan yang bakal mempengaruhi masa pakai storage. Jika sudah melebihi nilai TBW, maka SSD setidaknya enggak akan efektif lagi untuk dipakai.

Baca juga : Apa Sih TBW di SSD itu? Begini Penjelasan Singkatnya

6. Pahami Jenis NAND Flash SSD yang Dibawa (Opsional)

Cara Memilih SSD Yang Ideal

NAND Flash atau bisa dibilang Flash memori merupakan media penyimpanan yang dibawa storage dalam bentuk Solid State Drive, dimana ini dapat dihapus secara elektrik atau diprogram ulang. Nah, NAND Flash itu punya beberapa kategori dan punya sisi keunggulan tersendiri maupun minusnya, yaitu  SLC (Single-Level Cell), MLC  (Multi-level Cell) dan TLC Triple Layer Cell.

Baca juga : Ketahui Lebih Pasti Sebelum Beli SSD : Jenis NAND Flash Antara SLC, MLC & TLC

7. Cache Bawan SSD Jauh Lebih baik

Meskipun enggak semua SSD bawa DRAM bawaan untuk menyimpan data sementara, namun jika kalian menemukannya, maka itu pasti bawa benefit lain. Kinerja SSD bakal lebih stabil dan pastinya lebih kenceng dibanding standar SSD yang enggak bawa fitur ini.

8. Sesuaikan Dengan Budget & Kebutuhan

Terakhir yang pasti sesuaikan budget yang kalian miliki saat akan membeli storage kenceng yang satu ini. Jangan perlu dipaksakan ketika nilainya melebihi anggaran. Disisi lain, menyesuaikan kebutuhan juga bisa ideal, khususnya dari sisi kapasitas. Enggak semua orang butuh storage besar ketika kebutuhan yang dimiliki sangat kecil. Harga juga pasti lebih mahal.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com