Cloud Hosting

NVIDIA Dikabarkan Akan Produksi GPU Terbaru RTX 4000 Series Di TSMC 5nm

Wacana GPU terbaru Nvidia GeForce RTX 4000 series sudah beredar, dan kabarnya produsen bakal mengandalkan proses node 5nm TSMC dibanding Samsung 8nm yang dipakai untuk GPU Turing. Namun, ini masih dalam bentuk rumor, jadi masih jauh dari kemungkinan pasti.

Tapi jika benar adanya, diharapkan GPU terbaru tim hijau akan membawa performa jauh lebih baik, bahkan perbedaan bisa hingga 50%.

Baca juga : Update Harga SSD Terbaru Tahun 2021 (Desember 2021)

Nah, kabarnya RTX 4000 series akan menanti di awal musim panas mendatang. Disisi lain, NVIDIA masih memiliki banyak PR, diantaranya menghadirkan seri refresh RTX 3000. Beberapa diantara yang bakal muncul kemungkinan seri entry level RTX 3050 atau versi high-end RTX 3090 Ti.

Menurut Techspot, generasi berikutnya yang bakal dibawa NVIDIA memiliki codename Ada Lovelace, tetapi tidak banyak yang diketahui tentang arsitektur baru dan apa yang akan dibawa tim hijau. Satu-satunya konsensus di antara orang dalam industri tampaknya adalah bahwa kinerja mentah akan berlipat ganda dibandingkan generasi saat ini, sementara konsumsi daya bakal lebih besar di kisaran 400W.

Ada desas-desus bahwa Nvidia akan menggunakan node proses 5 nm TSMC, diyakini jauh lebih mahal daripada node proses 7 nm yang digunakan AMD untuk GPU seri RX 6000-nya. Sebuah laporan terbaru dari Digitimes juga bisa memperkuat harapan ini, mengutip sumber industri dari rantai pasokan.

Publikasi ini juga mencatat NVIDIA akan memanfaatkan teknologi pengemasan chip-on-wafer-on-substrate (CoWoS) TSMC untuk GPU H100 mendatang. Model ini akan didasarkan pada arsitektur Hopper berorientasi komputasi Nvidia dan diharapkan menjadi modul GPU multi-chip pertama perusahaan. Disisi lain, GPU Ada Lovelace kemungkinan besar akan menggunakan kemasan FC-BGA milik Teknologi ASE, serta memori GDDR6X tradisional.

GPU seri RTX 3000 diproduksi menggunakan node proses 8 nm Samsung yang relatif matang, jadi perpindahan ke node 5 nm TSMC dikatakan cukup berisiko karena juga akan digunakan oleh perusahaan lain.

Contoh, Apple saat ini membuat chipset A14, M1 Pro, dan M1 Max pada node yang sama, sementara AMD berencana menggunakannya untuk CPU Zen 4 terbaru. Pada saat yang sama, Bitmain juga telah mengamankan sebagian dari kapasitas produksi 5 nm TSMC untuk perangkat keras mining yang akan diluncurkan pada Q1 2022.

Comments

Artikel Terkait