Rayakan Hari Jadi Arsitektur Zen ke-5, AMD Ungkap Teknologi Chiplet 3D Di Generasi Terbaru

AMD baru saja merayakan hari jadi Arsitektur Zen yang ke-5. Apa yang menarik, produsen mengungkap kalau prosesor Zen 3 terbaru nanti di tahun 2022 akan membawa banyak perubahan besar dengan potensi kinerja yang jauh lebih baik.

Perubahan tersebut mencakup penggunaan teknologi chiplet 3D AMD terbaru yang akan meningkatkan jumlah V-Cache pada chip, memberikan peningkatan kinerja 15 persen dari generasi saat ini.

Baca juga : Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Teknologi chiplet 3D pernah diungkap pada bulan Juni tahun ini, dimana dijelaskan kalau produsen akan menambahkan lapisan cache (3D V-Cache) di atas chiplet komputasi, janjinya siap menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan.

Untuk membuktikan klaimnya, AMD membandingkan kinerja standar Ryzen 9 5900X dengan prototipe Ryzen 9 5900X dengan 3D V-Cache 192MB, keduanya clock pada 4.0GHz. Di sini, Anda dapat melihat peningkatan kinerja game sebanyak 25 persen, tergantung pada judulnya.

John Taylor, CMO AMD, dan Robert Hallock, direktur pemasaran teknis, mengkonfirmasi pembaruan seri Ryzen 5000, yang masih tetap akan kompatibel dengan motherboard AM4. Selain itu, mereka juga menyebutkan CPU untuk seri laptop terbaru juga akan membawa perubahan lain, menampilkan kerangka “Manajemen Daya” yang mampu menyeimbangkan beban CPU dan konsumsi daya untuk memaksimalkan efisiensi daya.

Penamaan seri CPU baru belum dikonfirmasi. Namun, mengingat “lompatan generasi” yang mereka bawa dan perbedaan antara seri Ryzen 1000 dan 2000 (Zen hingga Zen+), kemungkinan besar adalah Ryzen 6000 series.

Selama percakapan, Robert Hallock juga mengkonfirmasi kalau dukungan untuk PCIe 5.0 dan DDR5 akan hadir pada akhir tahun 2022. Robert menambahkan platform baru juga akan menambahkan kompatibilitas dengan CPU Cooler AM4 yang sudah ada.

Comments

Related Posts