Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Far Cry 6 udah resmi dirilis. Apa yang menarik, selain nilai visual yang jauh lebih menawan, dukungan teknologi terbaru juga berlaku, seperti DirectX Raytracing, FidelityFX Super Resolution (FSR), AMD FreeSync Premium Pro maupun Bleeding Edge Performance. Itu tentu bakal memberikan benefit tersendiri buat gamer yang memiliki perangkat gaming dari AMD, entah seri lama maupun terbaru. Meskipun, gamer yang punya VGA tim hijau pun masih bisa berlaku.

Nah, kali ini kami bakal ungkap performa Radeon RX 6700 XT di game ini, khususnya di resolusi 1440p dan 4K. Masih powerful enggak sih? Trus, fitur extra yang ditawarin seperti DirectX Raytracing dan FidelityFX Super Resolution di Far Cry beneran dapet benefitnya enggak?

Baca juga : Konversi Video Pake HandBrake, Gampang Kok – Begini Caranya

Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Jawaban simpelnya, iya. Bahkan, hadirnya FSR bakal jadi solusi pasti buat boosting performa makin nendang, terutama di resolusi tinggi maupun saat Ray tracing aktif.

Ok, sebelum pergi langsung ke performa, mari kita bicara sedikit tentang Far Cry 6 itu sendiri. Game ini dirilis untuk beberapa platform, antara Windows, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, Stadia, dan Amazon.

Dirilis kemarin, atau tepatnya tanggal 7 Oktober 2021, ini merupakan lanjutan dari seri Far Cry dimana gamer akan menjadi Dani Rojas untuk bergabung bersama para revolusioner Yara agar bisa mengalahkan sang diktator Anton Castillo.

Game itu sendiri ditandai sebagai salah satu game eksklusif hasil Kerjasama AMD dan Ubisoft sebagai pengembang utama. Untuk itulah, beberapa fitur extra yang hadir dalam game ini diantaranya :

  • FidelityFX Super Resolution (FSR): Solusi peningkatan spasial open-source, menawarkan gamer di lebih dari 100 prosesor dan GPU AMD, serta berbagai GPU kompetitor, peningkatan performa yang ditandai sambil memberikan kualitas visual yang hampir menyerupai asli – memastikan gamer menikmati setiap detail dan setiap frame di lush world Far Cry 6.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

  • AMD FreeSync Premium Pro: Menawarkan visual yang menakjubkan dengan teknologi sinkronisasi adaptif terdepan, menghadirkan game tanpa gangguan dan dengan rendering HDR yang memukau dan Kompensasi untuk tampilan Yara yang tajam, halus, dan bersemangat.
  • Bleeding Edge Performance: Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series menawarkan framerate ultra-tinggi dan ketajaman visual tinggi pada 1080p dan 1440p, dan performa luar biasa pada 4K dengan Radeon RX 6900 XT.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Ray tracing juga berlaku, dimana dalam game ini tersedia pengaturan DXR (DirectX Raytracing) Reflections dan Shadows. Jika aktif, kalian akan melihat perbedaan refleksi image maupun bayangan yang jauh lebih realistis.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

AMD mengklaim kalau gamer yang memiliki seri VGA dari tim merah bakal memiliki kinerja jauh lebih tinggi. Dan itu tidak hanya seri terbaru saja, namun seri lama juga berlaku. Untuk itulah, mari kita lihat bagaimana kinerja nyata game ini pake Radeon RX 6700 XT edisi reference.

Spesifikasi Internal AMD Radeon RX 6700 XT Reference

  • Compute Units : 40
  • Max Memory Size : 12 GB GDDR6
  • Memory Interface : 192-bit
  • Base Frequency : 2321 MHz
  • Boost Frequency : Up to 2581 MHz
  • Game Frequency : Up to 2424 MHz
  • Ray Accelerators : 40
  • Peak Pixel Fill-Rate : Up to 165.2 GP/s
  • Peak Texture Fill-Rate : Up to 413 GT/s
  • Peak Half Precision Compute Performance : 26.43 TFLOPs
  • Peak Single Precision Compute Performance : 13.21 TFLOPs
  • ROPs : 64
  • Stream Processors : 2560
  • Typical Board Power (Desktop) : 230 W
  • Minimum PSU Recommendation : 650 W
  • Infinity Cache : 96 MB
  • Memory Bandwidth : Up to 384 GB/s
  • Port I/O : DisplayPort 1.4 with DSC, HDMI 2.1

Ok, RX 6700 XT pada dasarnya sangat ideal untuk gaming dengan resolusi 1440p (2560×1440), disisi lain kinerja 4K juga masih memungkinkan. Untuk itulah, kami coba pada resolusi tersebut dan menunjukan bagaimana framerate saat Ray tracing maupun FSR aktif.

Kinerja

Ok, pertama di resolusi 1440p. Radeon RX 6700 XT pada dasarnya dapet fps rata-rata hingga 83 saat DXR dan FSR enggak aktif.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Fps tersebut tentu masih terhitung tinggi dan nyaman banget buat gameplay terbaik. Nah, ketika Ray tracing aktif, baik reflections maupun Shadows, fps drop hingga 67 dengan selisih performa sekitar 19%. Kami rasa itu enggak terlalu signifikan dan masih nyaman buat dimainkan.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Nah, kehadiran FidelityFX Super Resolution (FSR) nyatanya ngeboosting performa entah saat ray tracing aktif atau enggak sama sekali. Fps rata-rata jauh lebih tinggi hingga 74 saat DXR aktif, dan hingga 87 saat DXR enggak aktif. Itu tentu bakal sangat ngebantu gamer yang ingin kinerja maupun visual jauh lebih smooth saat dimainkan.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Catetan, fitur FSR di Far Cry itu sendiri ada beberapa pilihan mode, antara Ultra Quality, Quality, Balanced dan performance. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan nilai visual dan kinerja yang dirasa kalian nyaman, dimana kami lebih ideal di opsi Balanced. Jadi, hasil test yang kami ungkap mode FSR-nya di opsi Balanced. Jika opsi performance tentu framerate jauh lebih tinggi, tapi kualitas visual in-game berkurang agak drastis.

Gimana dengan kinerja 4K? fps rata-rata 50 tanpa DXR maupun XFR aktif. Nah, ketika DXR aktif namun FSP enggak aktif, fps drop hingga 41. Masih nyaman dan aman dengan framerate enggak turun secara signifikan.

Tes Performa AMD Radeon RX 6700 XT Di Far Cry 6

Ketika FSR aktif, entah saat ray tracing ON atau OFF, framerate naik jauh lebih signifikan dengan fps rata-rata hingga 70 (DXR ON) dan hingga 90 (DXR OFF).

Kita rasa fitur FidelityFX Super Resolution jauh lebih baik di resolusi tinggi, dimana game Far Cry 6 bisa jadi bukti nyatanya. Sesuatu yang sangat signifikan buat dicapai, dan ada indikasi kalau VGA lama juga bakal punya benefit yang sama.

Kesimpulan Awal

Hingga pada akhirnya, game terbaru Far Cry 6 kita rasa bisa jadi pembuktian lain bagaimana perangkat gaming AMD bisa terasa jauh lebih istimewa, khususnya ketika kinerja jauh baik tanpa harus mengurangi kualitas visual. Dan itu enggak cuma berlaku buat VGA terbaru saja, namun seri lama pun berlaku banget.

Nah, fitur FSR bakal jadi penyempurna keterbatasan VGA dalam menangani Ray tracing. Ibarat DLSS-nya NVIDIA,

Catetan aja, kalian pasti butuh driver terbaru atau kompatible dengan game ini. Disisi lain, AMD kayaknya masih perlu berbaikan dengan kualitas screen recording atau game recording di Radeon Software. Karena dirasa masih kurang.

Jadi, itu dia sekilas ulasan tentang Far Cry 6 dari sisi performa, khususnya untuk seri Radeon RX 6700 XT tentang ray tracing maupun FidelityFX Super Resolution. Enggak semua sih kita ungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts