Apple Umumkan Seri iPhone Pro-tier Terbaru, iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max

Apple resmi umumkan seri iPhone Pro-tier terbaru dengan dua pilihan sudah disediakan, antara iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Nah, model premium ini mewakili seri terbaik dari apa yang pernah ditawarkan Apple untuk jajaran smartphone mereka. Terlebih lagi, opsi prosesor hadir dengan Bionic A15 yang powerful.

Baca juga : Logitech Luncurkan Wireless Gaming Headset Terbaru, G435 LIGHTSPEED

Silikon kustom terbaru Apple ini menampilkan dua core berkinerja tinggi dan empat core berefisiensi superior. Ada juga Neural Engine 16-core yang mampu menjalankan 15,8 triliun operasi per detik dan GPU lima-core dimana diklaim 50 persen lebih cepat daripada pesaing terkemuka. Bahkan, diklaim juga sebagai subsistem grafis tercepat di smartphone mana pun.

iPhone 13 Pro

Kedua model terbaru antara iPhone 13 Pro dan Pro Max masing-masing memiliki layar OLED 6,1 inci dan 6,7 inci. Apa yang menarik, Apple juga menyertakan layar Super Retina XDR yang semuanya hadir dengan ProMotion. Teknologi ini memungkinkan layar bisa secara otomatis merasakan apa yang terjadi di layar dan menyesuaikan kecepatan refresh yang sesuai, dari 10Hz hingga 120Hz.

iPhone 13 Pro

Layar yang hadir juga memiliki pilihan premium, seperti Ceramic Shield coating  dan penutup kaca matte bertekstur di bagian belakang. Tali baja tahan karat mencakup model Pro baru, yang ditawarkan dalam empat warna termasuk gold, silver dan sierra blue. Facing notch yang menghadap ke depan bisa menampung sistem kamera TrueDepth berukuran 20 persen lebih kecil, tidak diragukan lagi merupakan bonus bagi mereka yang tidak menyukai takik. Model iPhone Pro baru juga mempertahankan ketahanan air IP68 yang sama seperti penawaran tahun lalu. 

iPhone 13 Pro

Untuk bagian belakang, ada tiga kamera yang hadir. Telefoto 77mm hadir melalui lensa apertur f/2.8 enam elemen dengan zoom optik 3x. Disisi lain, wide-angle menggunakan lensa tujuh elemen dengan apertur f/1.5. Kamera ultra wide menggunakan lensa enam elemen dengan aperture f/1.8, dan semuanya memiliki penutup lensa kristal safir yang bisa meningkatkan ketahanan gores. Secara total, pengguna bisa mendapatkan rentang zoom optik 6x di seluruh sistem, dan semua kamera memiliki night mode.

Apple mengatakan kamera wide-angle memiliki sensor yang lebih besar dengan piksel 1,9 m untuk mengurangi kebisingan. Dikombinasikan dengan aperture f/1.5, iPhone 13 Pro dan Pro Max memberikan “upgrade masif” dalam situasi cahaya rendah: hingga 2,2x jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro dan hampir 1,5x jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max.

Kamera ultra-wide terbaru  juga memungkinkan fotografi makro untuk pertama kalinya di iPhone. Mode ini memiliki jarak fokus minimum hanya dua sentimeter, memungkinkan pengguna bisa lebih dekat dengan subjek daripada sebelumnya. Fungsi makro juga meluas ke video untuk menyertakan Slo-mo dan Time-lapse.

Opsi video juga diperbaharui. Apple kini memperkenalkan mode Sinematik baru yang bisa merekam Dolby Vision HDR dan disorot melalui rack focus. Itu memungkinkan transisi fokus antar subjek. Penguna bisa memilih fitur yang bisa menyesuaikan fokus secara otomatis, atau mengontrol transisi secara manual. Kalian juga bahkan bisa menyesuaikan fokus setelah video diambil. IPhone Pro baru juga mendukung ProRes, codec video yang diperkenalkan Apple pada tahun 2007 untuk pekerjaan pascaproduksi.

Untuk mode Cinematic, ini dibatasi hingga 1080p pada 30 frame per detik saat merekam video dengan depth of field yang dangkal. Video 4K dapat direkam hingga 60 frame per detik, dan video ProRes mencapai 4K 30fps (atau 1080p pada 30fps untuk model 128GB).

Sedangkan untuk masa pakai baterai, model Pro standar memiliki rating hingga 22 jam pemutaran video sementara Pro Max dapat bertahan hingga 28 jam. Menurut Apple, masing-masing memiliki rentang 1,5 jam dan 2,5 jam lebih lama dari model tahun lalu, dan iPhone 13 Pro Max sekarang menawarkan masa pakai baterai terpanjang dari semua iPhone.

Bagaimana dengan harga? IPhone 13 Pro dan Pro Max Apple siap untuk pre-order pada 17 September mulai pukul 5 pagi waktu Pasifik. Harga mulai dari $999 atau kisaran 14.2 juta (konversi kurs rupiah hari ini) untuk iPhone 13 Pro 128GB, dan $1.099 (15.8 juta) untuk iPhone 13 Pro Max. Keduanya akan tersedia dalam kapasitas 128GB, 256GB, 512GB dan 1TB (yang terakhir, untuk pertama kalinya). Nantikan peluncurannya lebih detail pada 24 September mendatang.

Comments

Related Posts