Mobo B450 atau B550? Dua opsi ini suka jadi dilema saat akan memilih motherboard yang pas saat akan membangun PC yang solid. Untuk itulah, kali ini kami akan ungkap benefit dan minus dari kedua chipset tersebut.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Laptop Murah Di Bawah Budget 6 Jutaan, Apa Sih Yang Bisa Diharapkan?

Mobo B450 atau B550, Mana Sih Yang Pas?

Kedua seri chipset AMD untuk motherboard soket AM4 ini pada dasarnya masih memberikan banyak benefit buat user. Seri B550 merupakan pilihan terbaru, sedangkan B450 masih jadi opsi menarik ketika berkaitan dengan harga.

Namun untuk lebih lengkapnya, kami akan memberikan detail lebih lanjut dibawah ini.

  1. Motherboard AMD B450 Series

Ok, pertama dari motherboard B450. Chipset mid-range ini dirilis pada Maret 2018. Pada dasarnya, mobo ini masih mendukung prosesor terbaru AMD Ryzen 5000 series lewat update bios terbaru. Disisi lain, fitur extra yang dibawa juga masih enggak kalah serunya.

Contoh, Pengguna masih bisa mengharapkan port USB yang hampir sama dengan B550 dengan total USB yang bisa dipasang hingga 14 port, termasuk tambahan USB 3.2 Gen 2 hingga 2 opsi. Meskipun bisa berbeda dengan produsen mobo maupun tipe merek yang dibawa, namun opsi minimal tersebut setidaknya sudah berlaku.

Mobo B450 atau B550

Dukungan storage juga banyak, seperti opsi slot M.2 NVMe, total port SATA hingga 6 pilihan, slot PCIe 3.0 dan jumlah total lane hingga 36 (usable biasanya sekitar 28). Dukungan overclocking juga masih bisa berlaku.

Jadi, sebenernya mobo B450 masih bisa diandalkan untuk kinerja penuh dari jajaran AMD Ryzen yang powerful.

Mobo B450 atau B550

Hal terbaiknya, harga dirasa jauh lebih masuk akal. Bahkan beberapa opsi premium atau mobo dengan kualitas solid masih bisa didapatkan dengan nilai dibawah 2 jutaan. Jadi, selain masih ok dalam hal performa, benefit terbesarnya tentu saja harga yang lebih terjangkau.

Hanya saja, minus untuk mobo ini adalah kompabilitas yang terbatas. Prosesor AMD Ryzen 5000 series mungkin masih mendukung, namun untuk seri selanjutnya tampaknya itu tidak berlaku. Jadi, ruang upgrade untuk CPU hanya sampai Ryzen 5000 seri aja.

Dukungan storage yang lebih kenceng seperti Gen4 SSD juga enggak berlaku. Jadi, jika kalian pengen performa jauh lebih powerful, maka B550 tentu jadi opsi terbaiknya.

  1. Motherboard AMD B550 Series

Sedangkan untuk seri Mobo B550, chipset ini bisa jadi opsi paling ideal buat mereka yang menginginkan kinerja jauh lebih powerful. Biasanya, dukungan memori speed jauh lebih besar, termasuk kualitas VRM yang lebih ideal. Meskipun itu bergantung dari setiap merk maupun kelasnya.

Mobo B450 atau B550

Disisi lain, dukungan penuh untuk prosesor AMD terbaru dan seri selanjutnya juga berlaku. Selain itu, kalian bisa mendapatkan benefit extra lewat PCIe 4.0 maupun Gen4 SSD yang lebih kenceng. Meskipun dari sisi Konektivitas mungkin masih sama dengan B450. Hanya saja, pilihan USB 3.2 Gen 2 jauh lebih banyak, termasuk port SATA.

Nah, dari semua sisi positif yang bisa didapatkan mobo B550, minus terbesar yang bisa jadi kendala biasanya datang dari harga. Pada dasarnya, pilihan mobo ini berada di kisaran 2 sd 3 jutaan. Bahkan opsi premium bisa mencapai diatas 4 jutaan. Jadi, harga bisa jadi pengorbanan terbesar user.

Disisi lain, sebenernya untuk performa bisa relatif. Antara Mobo B450 maupun B550 masih bisa dibilang hampir sama. Meskipun bisa berbeda ketika fitur khusus AMD seperti Smart Access Memory berlaku.

Nah, fitur ini hanya bisa didapatkan untuk seri mobo terbaru. Yang tentunya bisa jadi benefit lainnya saat memiliki mobo ini.

Simpulan Awal

Udah bisa memutuskan mana yang pas? Kita harap sih begitu. Mobo B450 bisa jadi pilihan ideal ketika budget masih jadi kendala. Disisi lain, mobo ini masih bisa dukung prosesor terbaru AMD Ryzen 5000 series.

Namun ketika ingin mendapatkan kinerja terbaik, fitur yang jauh lebih hebat, maka B550 tentu jadi pilihan idealnya. Disisi lain, mobo ini bisa jadi aset berharga ketika kalian berencana ingin mendapatkan prosesor yang lebih seru di masa depan.

Hanya saja, harga tentu enggak datang dengan murah. Dan kalian perlu mengeluarkan budget extra, apalagi pilihan premium.

Comments

Related Posts