AMD Radeon RX 6600 XT Resmi Diumumkan : Harga, Spesifikasi & Ketersediaannya

AMD resmi umumkan kartu grafis terbaru Radeon RX 6600 XT hari ini. Dirancang untuk menghadirkan pengalaman gaming 1080p dengan framerate tinggi, banyak fitur seru dan harga bisa lebih masuk akal.

Baca juga : Intel NUC 11 Extreme Kini Resmi Tersedia Dengan Harga Mulai Dari 20 Jutaan

GPU terbaru ini dibangun di atas terobosan arsitektur AMD RDNA™ 2, satu-satunya arsitektur gaming yang diklaim paling luas, terbentang dari PC desktop, laptop, dan konsol terbaru hingga perangkat seluler maupun sistem infotainment otomotif.

Spesifikasi AMD Radeon RX 6600 XT

Spesifikasi AMD Radeon RX 6600 XT
Compute Units 32
Base Frequency 1968 MHz
Boost Frequency Up to 2589 MHz
Game Frequency 2359 MHz
Ray Accelerators 32
Peak Pixel Fill-Rate Up to 165.7 GP/s
Peak Texture Fill-Rate Up to 331.4 GT/s
Peak Half Precision Compute Performance 21.21 TFLOPs
Peak Single Precision Compute Performance 10.6 TFLOPs
ROPs 64
Stream Processors 2048
Texture Units 128
Typical Board Power (Desktop) 160 W
Minimum PSU Recommendation 500 W
GPU Memory  
Infinity Cache 32 MB
Memory Speed 16 Gbps
Max Memory Size 8 GB
Memory Type GDDR6
Memory Interface 128-bit
Memory Bandwidth Up to 256 GB/s
Connectivity DisplayPort
  1.4 with DSC
  HDMI™
Additional power connector 1×8 pin
Harga ($) $379

Spesifikasi inti yang ditawarkan juga punya banyak potensi kinerja yang lebih positif. Seperti AMD Infinity Cache32 MB, 8 GB memori GDDR6, dukungan AMD Smart Access Memory dan fitur-fitur canggih lainnya.

Radeon RX 6600 XT juga mendukung AMD FidelityFX Super Resolution, yang dirancang untuk meningkatkan framerate dan menghadirkan pengalaman gaming beresolusi tinggi dan berkualitas jauh lebih baik.

Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT

AMD mengklaim kalau Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT ini menawarkan kinerja rata-rata hingga 15 persen lebih tinggi dengan pengaturan maksimal di seluruh judul AAA tertentu dibandingkan dalam kompetisi.

Beberapa game dengan judul AAA modern bahkan bisa memberikan nilai FPS rata-rata hingga 125 FPS, mendorong batas-batas permainan mainstream dengan memungkinkan kinerja 1080p tingkat refresh tinggi yang luar biasa dan kesetiaan visual yang menakjubkan.

Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT

“1080p telah lama menjadi resolusi paling populer untuk game PC, dan pada tahun 2020 lebih dari dua pertiga monitor gaming yang dikirimkan menggunakan resolusi ini3,” kata Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit di AMD.

“Namun, kartu grafis 1080p generasi lama yang paling populer dapat berjuang untuk mencapai 60 FPS di game modern. Radeon RX 6600 XT meningkatkan standar untuk gaming 1080p. Ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman gaming 1080p terbaik untuk semua gamer, menawarkan kinerja pembangkit tenaga listrik dan fitur-fitur canggih untuk menghidupkan dunia yang indah, kompleks, dan hiper-realistis.”

Fitur dan kemampuan utama Radeon RX 6600 XT meliputi:

AMD FidelityFX – Sekarang didukung oleh 50 judul dan mesin game, AMD FidelityFX adalah toolkit sumber terbuka untuk efek peningkatan visual untuk pengembang game yang tersedia di AMD GPUOpen. Menawarkan dukungan luas pada lebih dari 100 prosesor dan GPU AMD, serta pada GPU pesaing, teknologi peningkatan AMD FidelityFX Super Resolution memberikan kinerja rata-rata 2,4X lebih tinggi dalam mode “Kinerja” pada 4K di seluruh judul tertentu dibandingkan dengan resolusi asli5.

AMD Smart Access Memory – Membuka kinerja yang lebih tinggi saat dipasangkan dengan AMD Ryzen™ 5000 atau Prosesor Desktop Ryzen 3000 Series maupun motherboard AMD 500-series. Menyediakan prosesor AMD Ryzen dengan akses ke seluruh memori grafis AMD Radeon RX 6600 XT 8 GB GDDR6 berkecepatan tinggi dapat memberikan peningkatan kinerja rata-rata hingga 11 persen pada judul tertentu.

AMD Infinity Cache – 32 MB cache data tingkat terakhir yang terintegrasi pada GPU die mengurangi latensi dan konsumsi daya untuk memungkinkan kinerja game lebih tinggi daripada desain arsitektur tradisional.

DirectX® 12 Ultimate Support – Memungkinkan game untuk menghadirkan visual yang menakjubkan dengan DirectX Raytracing (DXR), Variable Rate Shading, dan fitur canggih lainnya, meningkatkan game ke tingkat realisme baru.

AMD Radeon Anti-Lag – Membantu mengurangi waktu respons input-to-display, membuat game lebih responsif dan menawarkan keunggulan kompetitif dalam gameplay.

AMD Radeon Boost – Dukungan untuk Variable Rate Shading yang dapat memberikan peningkatan kinerja hingga 48 persen di Warframe selama skenario permainan gerak cepat dengan mengurangi resolusi gambar secara dinamis atau dengan memvariasikan tingkat bayangan untuk berbagai wilayah bingkai, meningkatkan kecepatan bingkai dan fluiditas, dan memperkuat daya tanggap dengan hampir tidak ada dampak persepsi pada kualitas gambar.

Harga dan Ketersediaan

Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT diharapkan akan tersedia dari mitra AMD termasuk ASRock, ASUS, BIOSTAR, Gigabyte, MSI, PowerColor, SAPPHIRE, XFX dan Yeston di etailers/retailers global mulai 11 Agustus 2021. Harga MSRP sebesar $379 USD atau sekitar 5.4 Jutaan. Bisa lebih mahal saat tiba di negara kita, namun semoga tidak melebihi MSRP.

Comments

Related Posts