Prosesor Terbaru Loongson 3A5000 Asal Tiongkok Dikabarkan Setara Dengan Ryzen Generasi Awal

Negeri Tiongkok dikenal memiliki banyak inovasi mengesankan, bahkan buat urusan prosesor sekalipun. Buktinya, kehadiran prosesor terbaru Loongson 3A5000 menjadi langkah berikutnya bagi perusahaan untuk menjadi harapan bisa bersanding dengan Intel atau AMD.

Baca juga : GIGABYTE X570S AORUS MASTER : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Meskipun belum sepenuhnya bisa bersaing dengan Ryzen generasi terbaru, namun Loongson 3A5000 masih ideal untuk menantang banyak pekerjaan besar pengguna modern. Bahkan CPU ini dikabarkan memiliki perbandingan setara dengan barisan prosesor CPU Ryzen generasi awal dan CPU Intel Core generasi ke-6.

Ini merupakan prosesor quad-core dengan clock sekitar 2,3 – 2,5 GHz, menggunakan mikroarsitektur GS464V 64-bit Loongson, dengan menampilkan empat ALU (unit logika aritmatika) dan dua unit vektor 256-bit per core. Loongson memasarkannya untuk laptop, lingkungan industri, dan bahkan beberapa aplikasi server.

Loongson 3A5000 juga dilengkapi dengan dua pengontrol memori DDR4-3200 dan modul enkripsi khusus. Ia juga memiliki empat pengontrol HyperTransport 3.0 SMP yang memungkinkan beberapa 3A5000 bisa beroperasi secara bersamaan di dalam satu sistem, seperti Intel Xeons dan AMD Epycs.

Nah, hal yang lebih membuat spesial 3A5000 adalah kehadiran ISA (instruction set architecture) yang digunakannya, yaitu LoongArch. Mirip dengan x86 dan Arm, LoongArch memiliki hampir 2.000 instruksi dan ekstensi eksklusif untuk konversi biner, pemrosesan vektor dan vektor lanjutan, dan virtualisasi.

Dan tidak hanya berhenti disini aja, perusahaan juga tengah mengembangkan 3C5000, versi 16-core dari 3A5000 yang akan dirilis akhir tahun ini. Industri semikonduktor Tiongkok tampaknya bisa mandiri, setidaknya langkah nyata sudah benar-benar dilakukan.

Comments

Related Posts